PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI DENGAN PENCEGAHAN KEPUTIHAN DI MTS NEGERI TELAGA BIRU KABUPATEN GORONTALO

  • Zuriati Muhamad Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Anto J. Hadi Insititut Kesehatan Helvetia Medan
  • Ahmad Yani Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Salah satu masalah kesehatan reproduksi remaja khususnya wanita yang sering dikeluhkan adalah keputihan. Gangguan ini merupakan masalah kedua dari gangguan haid. Keputihan adalah gejala keluarnya cairan vagina yang berlebihan sehingga sering menyebabkan celana dalam basah baik yang normal atau patologis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap remaja putri dengan pencegahan keputihan di MTS Negeri Telaga Biru. Jenis penelitian adalah survey analitik dengan pendekatan Cross sectional, Jumlah sampel 50 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan remaja putri dengan pencegahan keputihan dengan menggunakan uji Chi Square nilai Pvalue 0,003 <0,05. Tidak terdapat hubungan sikap remaja putri dengan pencegahan keputihan dengan menggunakan uji Chi Square nilai Pvalue 0,174> 0,05.

 

References

Rahmi, E.Y. et al. Faktor Perilaku Yang Mempengaruhi Terjadinya keputihan Pada Remaja Putri. Universitas Riau; 2014.

Rita Purnama Sari. Hubungan Pengetahuan Dan Prilaku Remaja Putri Dengan Kejadian Keputihan Di Kelas Xii Sma Negeri I Seunuddon Kabupaten Aceh Utara Tahun 2012. J Kesehat Masy. 2012;

Juliana, E. et al. Hubungan Pengetahuan Remaja Putri Tentang keputihan Dengan Perilaku Pencegahan keputihan di SMK BOPKRI 2 Yogyakarta. 2015.

Dagasou et. al. Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Keputihan Di Poliklinik Obstetri/Ginekologi Rsu. Pancaran Kasih Gmim Manado Tahun 2014. 2014;

Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo. No Title [Internet]. 2015. Available from: gorontalo.bps.go.id

Badan Pusat Statistik Kabupaten Gorontalo. No Title [Internet]. 2015. Available from: gorontalokab.bps.go.id

Cahyaningtyas AY. Hubungan perilaku Hygiene Organ Reproduksi Dengan Kejadian Abnormal Flour Albus Pada Remaja Putri di SMP N 17 Surakarta. Materna. 2015;12:35–42.

Notoadmodjo S. Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta; 2007.

Handayani.H. Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Remaja Putri Tentang Kebersihan Organ Genetalia Eksterna di Madrasah Tsanawiyah Pembangunan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah; 2011.

Maya Ardani. Perilaku Remaja Putri Dalam Perawatan Kebersihan Alat Kelamin Pada Saat Menstruasi Di SMP Negeri 3 Pulau Rakyat Kabupaten Asahan. 2011.

Meyni R.et al. Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap dengan Tindakan Pencegahan Keputihan Pada Pelajar Putri SMA Negeri 9 Manado. 2013;

Azwar S. Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2010.

Machfoedz dan Suryani. Pendidikan Kesehatan Bagian Dari Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Andi Offset; 2007.

Menthari. Et al. Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Tentang Keputihan Dengan Perilaku Pencegahan Keputihan Pada Remaja Putri. 2015.

Published
2019-06-27
Section
Original Articles