Application Of Tapai Mol Usage Of Composting In Moya Urban Village Of Ternate City

Dwi Wahyu Purwiningsih(1*), Sakriani Sakriani(2), Nuke Dianita(3)


(1) Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Ternate
(2) Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Ternate
(3) Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Ternate
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/promotif.v7i2.544

Abstract


     Sampah adalah limbah yang bersifat padat terdiri dari zat organik dan anorganik. Sampah organik mengandung zat seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin. Berdasarkan penelitian Purwiningsih, dkk (2017) MOL yang mempercepat pengomposan adalah MOL Tapai Ubi. Tujuan Kegiatan : mengolah sampah organik yang bersumber dari rumah tangga bersama masyarakat dalam memanfatkannya sebagai bahan kompos. rencana kegiatan pengabdian masyarakat adalah: Melakukan identifikasi masalah yang berhubungan dengan pengelolaan sampah di rumah tangga. Melakukan pendampingan masyarakat dalam pembuatan kompos dengan menggunakan MOL Tapai Ubi. Pemanatauan dan diskusi dilaksanakan pada  saat pelaksanaan pendampingan dilaksanakan. Diskusi ini ditujukan untuk memberi pendampingan  saat pembuatan kompos berlangsung. Sedangkan pemantauan dimaksudkan untuk mengetahui tingkat kemampuan masyarakat dalam pembuatan kompos. Kegiatan ini berjalan dengan baik dan mendapat tanggapan yang positif dari seluruh masyarakat. Diskusi yang sangat antusias dari masyarakat sangat membantu pengayaan dan pendalaman wawasan masyarakat, ini menunjukan betapa besar antusias masyarakat akan pentingnya sanitasi pengolahan sampah rumah tangga menjadi kompos. Secara keseluruhan kegiatan Pengmas dalam pembuatan kompos dengan menggunakan MOL Tapai Ubi sebagai ativator untuk berbagai komponen masyarakat dinilai berhasil. Keberhasilan ini selain diukur dari ketiga komponen di atas, juga dapat dilihat dari kepuasan masyarakat setelah mengikuti kegiatan.


Full Text:

PDF

References


Amin, dkk. 2013. Optimalisasi Pengangkutan sampah di Pusat Kota Ternate. Jurusan Sipil, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Makassar

Badan Litbang Pertanian, 2011. Pupuk Organik dari Limbah Organik Sampah Rumah Tangga, Jurnal Sinartani Edisi 3-9 Agustus 2011 No. 3417 Tahun XLI

Damayanti, S., 2010. Pembuatan Pupuk Cair Dari Sampah Organik Dengan Menggunakan Boisca Sebagai Starter, Skripsi. Medan : Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara.

Kota Ternate Dalam Angka. 2015

Purwiningsih, Dwi Wahyu, 2014. Manajemen Pengolahan Sampah di Kota Ternate, Tesis Universitas Gadjah Mada : Yogyakarta

Purwiningsih, Dwi Wahyu., 2017. Kemampuan Mikroorganisme Lokal Pada Proses Pengomposan di Dalam Lubang Resapan Biopori, Jurnal Kesehatan, Vol 10 No 1 Januari 2017.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 81 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

Romadhoni dan Wesen, 2014. Pembuatan Biogas Dari Sampah Pasar. Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan Vol. 6 No. 1. Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Pembangunan Nasional “veteran” Jawa Timur.

Sulistyorini,Lilis, 2005. Pengelolaan Sampah Dengan Cara Menjadikannya Kompos. Jurnal Kesehatan Lingkungan FKM Universitas Airlangga, Vol. 2, No. 1, Juli 2005

Undang - Undang RI No.18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah

Wahyono, Sri,. 2001. Pengolahan Sampah Organik dan Aspek Sanitasi. Jurnal Teknologi Lingkungan, Vol. 2, No. 2, Mei 2001


Article Statistic

Abstract view : 53 times
PDF views : 20 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Copyright ©2019 Universitas Muhammadiyah Palu. Powered by Public Knowledge Project OJS

 

View My Stats PROMOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat