Peran Usaha Kesehatan Sekolah terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja dalam Upaya Mencegah Kehamilan Remaja

The Role of School Health Enterprises on the Knowledge and Attitudes of Teenagers in Effort to Prevent Teenage Pregnancy

  • Rosa Susanti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Pertiwi Indonesia
  • Inggit Meliana Anggarini Universitas Mohammad Husni Thamrin
  • Desi Rusmiati Universitas Mohammad Husni Thamrin
Keywords: UKS, Sikap, Pengetahuan

Abstract

Latar belakang: Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dijalankan di sekolah dengan siswa dan lingkungan hidupnya dengan sasaran utama TK/RA sampai dengan tingkat SMA/SMK/MA/MAK yang bertujuan untuk membina serta mengembangkan kebiasaan hidup sehat yang terpadu melalui program pendidikan dan pelayanan kesehatan. Adapun tujuan umum dari Program Usaha kesehatan sekolah adalah meningkatkan kehidupan yang sehat dan meningkatkan drajat kesehatan peserta didik dan menciptakan lingkungan yang sehat sehingga perkembangan dan pertumbuhan anak didik menjadi harmonis dan optimal

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran usaha kesehatan sekolah terhadap pengetahuan dan sikap remaja dalam mencegah kehamilan remaja

Metode: Tahap penelitian terdiri dari tahap (1) Persiapan pada tahap ini peneliti menyiapkan kuesioner (2) Pelaksanaan pada tahap ini peneliti menyebarkan kuesioner, melakukan analisis, tahap (3) Evaluasi pada tahap ini peneliti menyampaikan hasil dan saran. Pada pelaksanaan penelitian peneliti dibantu oleh 2 orang mahasiswi dari prodi S1 Kesehaanmasyarakat. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 (bulan) bulan efektif yaitu bulan April 2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan crosecsional. Responden pada penelitian ini adalah siswa dan siswa MA Al-ihsan. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer, teknik analisis yang digunakan adalah analisis Chi Square

Hasil: tidak ada hubungan peran UKS dengan pengetahuan  responden dalam upaya mencegah kehamilan remaja melalui informasi kesehatan reproduksi. Terdapat hubungan yang signifikan antara sikap responden dalam upaya mencegah kehamilan remaja melalui informasi kesehatan reproduksi dengan peran UKS. Dari analisis diperoleh nilai OR=4.240, artinya peran UKS memberikan peluang 4.240 memiliki sikap positif  dalam upaya mencegah kehamilan remaja melalui informasi kesehatan reproduksi.

Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara sikap responden dalam upaya mencegah kehamilan remaja melalui informasi kesehatan reproduksi dengan peran UKS

References

Aminatussyadiah, Ayu, Suci Fitriana Pramudya Wardani, and Amrina Nur Rohmah. 2020. “Media Informasi Dan Tingkat Pendidikan Berhubungan Dengan Kehamilan Remaja Indonesia.” Jurnal Kebidanan 9(2): 173.

Ariana, Riska. 2016. “??No Title No Title No Title.” 2(1): 1–23.

Army, Adjiie Pratomo. 2013. “Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas.” : 3.

Budiono, A., and M. Sulistyowati. 2013. “Peran UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) Dalam Penyampaian Informasi Kesehatan Reproduksi Terhadap Siswa SMP Negeri X Di Surabaya.” Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga 1: 58–65.

Chotimah, Kusnul et al. 2020. “Determinan Persalinan Pertama Pada Ibu Berusia Remaja Di Indonesia.” UNAIR News.

Entjaurau, Reviyanti, Febi. K Kolibu, and Grace E.C Korompis. 2020. “Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Tentang Kesehatan Reproduksi Dengan Perilaku Seksual Pranikah Remaja Di Smk Kristen Getsemani Manado.” Kesmas 9(4): 131–38.

Humas, Biro Umum Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). 2021. No Title.

Husna, Faqihati, Muhammad Ilham Aldika Akbar, and Rize Budi Amalia. 2021. “Komplikasi Kehamilan Dan Persalinan Pada Kehamilan Remaja.” Indonesian Midwifery and Health Sciences Journal 3(2): 138–47.

Indah, Indah Dwi Ayuni et al. 2022. “Hubungan Pengetahuan Remaja Putri Terhadap Bahaya Kehamilan Pada Usia Remaja.” Indonesia Journal of Midwifery Sciences 1(2): 47–52.

Kemenkes RI. 2020. “Usaha Kesehatan Sekolah - Direktorat Sekolah Dasar.”

MA. 2017. “Definisi, Tujuan, Dan Sasaran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).” Dinas Kesehatan Lumajang

Mona, Silvia. 2019. “Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi Dengan Perilaku Seksual Pranikah Siswa.” Jurnal Penelitian Kesmasy 1(2): 58–65.

Nasruloh, Mahfud Amin, and Endro Puji Purwono. 2016. “Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Alian.” Journal of Physical Education, Sport, Health, and Recreations 5(2): 53–59.

Nurochim, Nurochim. 2020. “Optimalisasi Program Usaha Kesehatan Sekolah Untuk Kesehatan Mental Siswa.” Jurnal Konseling dan Pendidikan 8(3): 184.

Pusdatin. 2017. “Infodatin Reproduksi Remaja-Ed.Pdf.” Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja:

Wahyunngsih, Sri et al. 2021. “Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Pada Kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).” : 1–36.

Published
2023-12-22
Section
Original Articles