Hubungan Antara Pengetahuan Gizi Dan Pola Asuh Ibu Dengan Kejadian Stunting Di Wilayah Kerja Puskesmas Bijaepasu Kabupaten Timor Tengah Utara

The Relationship Between Nutrition Knowledge And Mother Parenting Incidence And Stunting In The Working Area Of Bijaepasu Puskesmas, North Timor Central District

  • Maria Virgina Fallo Universitas Nusa Cendana
  • Marselinus Laga Nur Universitas Nusa Cendana
  • Enjelita Ndoen Universitas Nusa Cendana
Keywords: Stunting, Pengetahuan Gizi, Pola Asuh

Abstract

Latar belakang: Permasalahan stunting pada balita juga dapat mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan fisik, perkembangan mental, dan status kesehatan pada balita. Balita yang mengalami stunting, akan berdampak pada prestasi disekolah yang buruk, tingkat pendidikan yang rendah, dan pendapatan yang rendah saat dewasa. Kejadian stunting pada balita disebabkan karena pengetahuan dan pola asuh terhadap kejadian stunting di wilayah kerja puskesmas Bijaepasu Kabupaten Timor Tengah Utara.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan gizi dan pola asuh ibu dengan kejadian stunting pada balita di wilayah kerja Puskesmas Bijaepasu Kabupaten Timor Tengah Utara.

Metode: Jenis penelitian yang dugunakan adalah observasi analitik dengan rancangan case control. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 72 ibu yang memiliki balita yang dibagi menjadi 36 balita stunting dan 36 balita normal di wilayah kerja Puskesmas Bijaepasu.

Hasil: Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat, dengan uji statistic chi-square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh terhadap kejadian stunting adalah pengetahuan gizi p= 0,002, OR= 2,326, pola asuh dalam pemberian makan p= 0,000, OR= 3,132, pola asuh dalam perawatan kesehatan p= 0,001, OR= 2,403, pola asuh dalam kebersihan diri dan lingkungan p= 0,018, OR= 1,923.

Kesimpulan: Pengetahuan gizi ibu memiliki hubungan dengan kejadian stunting di wilayah kerja Puskesmas Bijaepasu Kabupaten Timor Tengah Utara, pola asuh dalam pemberian makan memiliki hubungan dengan kejadian stunting di wilayah kerja Puskesmas Bijaepasu Kabupaten Timor Tengah Utara, pola asuh dalam perawatan kesehatan memiliki hubungan dengan kejadian stunting di wilayah kerja puskesmas bijaepasu Kabupaten Timor Tengan Utara, dan pola asuh dalam kebersihan diri dan lingkungan memiliki hubungan dengan kejadian stunting di wilayah kerja Puskesmas Bijaepasu Kabupaten Timor Tengah Utara.

Author Biography

Enjelita Ndoen, Universitas Nusa Cendana
  •  

References

World Health Organization. (2013). CHILDHOOD STUNTING?: Challenges and opportunities. Department of Nutrition for Health and Development, hal 1–34

Kemenkes RI (2018) “Cegah Stunting, itu Penting,” in Pusat Data dan Informasi, Kementerian Kesehatan RI. Jakarta.

Ni’mah, C., dan Muniroh, L. (2015). Hubungan tingkat pendidikan, tingkat pengetahuan dan pola asuh ibu dengan wasting dan stunting pada balita keluarga miskin. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia, hal 84–90.

Dinkes Kabupataen TTU (2022) Laporan Bulan Timbang Bulan Februari. Dinas Kesehatan Tahun 2022.

Published
2023-12-19
Section
Original Articles