Evaluasi Program Kerja Bidang Promosi Kesehatan dalam Penanganan Stunting di UPTD Puskesmas II Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Timur

Evaluation of Health Promotion Work Program In Handling Stunting at UPTD Puskesmas II Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Timur

  • Kadek Lisa Prasiwi Saputri Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Bali Internasional
  • Made Karma Maha Wirajaya Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Bali Internasional
  • Putu Ayu Laksmini Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Bali Internasional
Keywords: Evaluasi, Promosi Kesehatan, Stunting, Metode 5M

Abstract

Latar belakang: Masalah utama gizi di Indonesia saat ini adalah masalah kekurangan gizi, salah satunya adalah stunting.

Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi penatalaksanaan program kerja dari promosi kesehatan untuk mencegah kasus penyakit stunting.

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode 5M (man, money, material, machine, method). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 5 orang. Pada penelitian ini variabel yang ingin di teliti adalah komponen input, proses, dan output. Instrumen yang digunakan adalah wawancara (indepth interview) dan lembar observasi. Pada penelitian ini, analisis data dilakukan dengan cara analisis tematik.

Hasil: Hasil evaluasi komponen man jumlah petugas sudah memadai, puskesmas perlu melakukan NSPK (Norma Standar Prosedur dan Kriteria) terkait peningkatan posyandu. Money pendanaan DAK (Dana Alokasi Khusus) belum maksimal karena ada kegiatan yang belum terlaksana. Material media yang digunakan sudah cukup untuk menunjang program kerja. Method program kerja sudah cukup baik diterima masyarakat dengan antusias. Machine alat pendukung dari swadaya masyarakat terkadang error, sehingga sering dilakukan pengecekan ulang. Dalam hal proses, masih ada program kerja yang belum terlaksana, serta data yang tidak sinkron antara kader posyandu dengan petugas promkes. Output, ada dua program kerja yang tidak terlaksana yaitu pemberian edukasi stunting ke sekolah dasar dan penyusunan NSPK terkait fungsi posyandu

Kesimpulan: Evaluasi program kerja promosi kesehatan terhadap stunting oleh petugas UPTD Puskesmas II Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Timur evaluasi menggunakan menggunakan input, proses, dan output dapat dikategorikan baik dari semua aspek.

References

Sulistyawati, F. and Widarini, N.P. (2022) ‘Kejadian Stunting Masa Pandemi Covid-19’, Medika Respati, 17(1), pp. 37–46.

Arumsari, W., Supriyati, D. and Sima, P. (2022) ‘Evaluasi Pelaksanaan Program Pencegahan Stunting di Era Pandemi Covid-19’, Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 10(2), pp. 82–94.

Ramiza, R.H., Amalia, R. and Maharani, R.M. (2021) ‘Analisis Program Promosi Kesehatan Dalam Pencegahan Stunting Di Puskesmas Kampar Kiri Hilir Tahun 2020’, Media Kesmas (Public Health Media), 1(3), pp. 695–703.

Nugroho, M.R., Sasongko, R.N. and Kristiawan, M. (2021) ‘Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kejadian Stunting pada Anak Usia Dini di Indonesia’, Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).

Muhdar et al. (2019) ‘Gambaran Peran Petugas Kesehatan dalam Pencegahan dan Penanganan Stunting di Kabupaten’, Fakultas Kedokteran, 1(2), pp. 1–7.

Akhmadi, M.H. and Pasaribu, I.T. (2020) ‘Peran Belanja Negara Dalam Program Penurunan Stunting, Studi Kasus?: Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (The Role of State Expenditures in Stunting Reduction Program, Case Study: North Sumatra Provincial Health Office)’, JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi), 6(2).

Tampubolon Dahlan (2020) ‘Kebijakan Intervensi Penanganan Stunting Terintegrasi’, Pusat Studi Sosial Ekonomi LPPM Universitas Riau Pekanbaru, 11(1), pp. 1–58.

Pengabdian, J. et al. (2021) ‘Pemberdayaan Kader Posyandu Dalam Program Pencegahan Stunting Pada Balita di Masa Pandemi Covid-19’, Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, pp. 7–13.

Bismiranti Haris, B. et al. (2020) ‘Pendampingan Pencegahan Stunting Melalui Sosialisasi dan Pembagian Leaflet di Desa Seriwe Kecamatan Jerowaru Lombok Timut, Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(2), pp. 1–6.

Rahmadani, S. and Lubis, S. (2023) ‘Evaluasi peran pemerintah dalam menentukan angka stunting berdasarkan perpres 72 tahun 2021’, Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), p. 188.

Afifa, I. (2019) ‘Kinerja Kader dalam Pencegahan Stunting: Peran Lama Kerja sebagai Kader, Pengetahuan dan Motivasi’, Jurnal Kedokteran Brawijaya, 30(4), pp. 336–341.

Anggraini, F.D.P. et al. (2022) ‘Pendampingan Posyandu Kenanga Melalui Literasi Kesehatan Ibu, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(4), pp. 1–11.

Published
2023-12-19
Section
Original Articles