Implemnetasi Program UKS di SDN Saptorenggo 4 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang
UKS Program Implementation at SDN Saptorenggo 4 Pakis District Malang Regency
Abstract
Latar belakang: Pendidikan merupakan proses yang dilakukan dengan sadar dan terencana. Untuk mencapai kondisi yang optimal dalam melaksanakan proses pembelajaran memerlukan lingkungan yang sehat guna meningkatkan prestasi. Oleh karena itu diperlukan upaya nyata untuk melaksanakan pembangunan pendidikan berbasis lingkungan sehat yang nantinya dapat berpengaruh pada pembangunan karakter siswa yang berkualitas. Salah satunya melalui pengembangan program UKS.
Tujuan: Tujuan dari penelitaian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi program UKS di SDN Saptorenggo 4 Kecamtan Pakis Kabupaten Malang.
Metode: Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bersifat deskriptif. Informan diambil dengan cara purposive sampling dan pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan analisis data menggunakan metode interaktif Miles dan Huberman.
Hasil: Hasil penelitian didapatkan bahwa implementasi program UKS di SDN Saptorenggo 4 masih belum optimal di sebagian aspek yang merujuk pada pedoman pelaksanaan dan pembinaan UKS yang mencakup Trias UKS yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah. Adapun hambatan yang ditemui adalah kurangnya media kesehatan sehingga berdampak pada tingkat literasi siswa, pelaksanaan CTPS belum optimal dikarenakan siswa tidak menggunakan sabun saat mencuci tangan, tidak dilaksanakannya PSN secara berkala.
Kesimpulan: Untuk meningkatkan implementasi program UKS di SDN saptorenggo 4 maka perlu kerjasama antar warga sekolah guna menciptakan lingkungan sekolah yang sehat dan harmonis melalui pengaplikasian kegaiatan Trias UKS.
References
Ardhiyanti, L. P. (2011). Implementasi Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Kesehatan Sekolah.
Catio, M.Ed, Dr. M., Djuharnoko, S.KM.,M.Kes., P., Jalinus, S.H., M.Si., . Liza, Drs. Susanto, & Hutapea, Drs. J. (2019). Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS/M. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kompleks Kemendikbud.
Kementrian Kesehatan RI, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, & Direktorat Kesehatan Keluarga. (2021). PETUNJUK TEKNIS PEMBINAAN PENERAPAN SEKOLAH/MADRASAH SEHAT.
Notoatmojo, S., Hasan, A., & Krianto, T. (2012). Promosi Kesehatan di Sekolah. Rineka Cipta.
Nugroho, R. (2014). Kebijakan Publik Di Negara-negara Berkembang. Pustaka Pelajar.
Risetdikti. (2020). Profil statistik sekolah dasar.
Sunaengsih, C. (2016). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH DASAR TERAKREDITASI A. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i2.4259
Undang-undang No 23 Tahun 1992. (n.d.).
Copyright (c) 2023 Silvi Nuryani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.