Implemnetasi Program UKS di SDN Saptorenggo 4 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang

UKS Program Implementation at SDN Saptorenggo 4 Pakis District Malang Regency

  • Silvi Nuryani Jurusan Promosi Kesehatan, Program Studi Sarjana Terapan Promosi Kesehatan, Poltekkes Kemenkes Malang
  • Wandi Jurusan Promosi Kesehatan, Program Studi Sarjana Terapan Promosi Kesehatan, Poltekkes Kemenkes Malang
  • Moh Zainol Rachman Jurusan Promosi Kesehatan, Program Studi Sarjana Terapan Promosi Kesehatan, Poltekkes Kemenkes Malang
Keywords: Implementasi, Program UKS, Trias UKS

Abstract

Latar belakang: Pendidikan merupakan proses yang dilakukan dengan sadar dan terencana. Untuk mencapai kondisi yang optimal dalam melaksanakan proses pembelajaran memerlukan lingkungan yang sehat guna meningkatkan prestasi. Oleh karena itu diperlukan upaya nyata untuk melaksanakan pembangunan pendidikan berbasis lingkungan sehat yang nantinya dapat berpengaruh pada pembangunan karakter siswa yang berkualitas. Salah satunya melalui pengembangan program UKS.

Tujuan: Tujuan dari penelitaian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi program UKS di SDN Saptorenggo 4 Kecamtan Pakis Kabupaten Malang.

Metode: Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bersifat deskriptif. Informan diambil dengan cara purposive sampling dan pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan analisis data menggunakan metode interaktif Miles dan Huberman.

Hasil: Hasil penelitian didapatkan bahwa implementasi program UKS di SDN Saptorenggo 4 masih belum optimal di sebagian aspek yang merujuk pada pedoman pelaksanaan dan pembinaan UKS yang mencakup Trias UKS yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah. Adapun hambatan yang ditemui adalah kurangnya media kesehatan sehingga berdampak pada tingkat literasi siswa, pelaksanaan CTPS belum optimal dikarenakan siswa tidak menggunakan sabun saat mencuci tangan, tidak dilaksanakannya PSN secara berkala.  

Kesimpulan: Untuk meningkatkan implementasi program UKS di SDN saptorenggo 4 maka perlu kerjasama antar warga sekolah guna menciptakan lingkungan sekolah yang sehat dan harmonis melalui pengaplikasian kegaiatan  Trias UKS.

References

Ardhiyanti, L. P. (2011). Implementasi Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Kesehatan Sekolah.

Catio, M.Ed, Dr. M., Djuharnoko, S.KM.,M.Kes., P., Jalinus, S.H., M.Si., . Liza, Drs. Susanto, & Hutapea, Drs. J. (2019). Pedoman Pembinaan dan Pengembangan UKS/M. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kompleks Kemendikbud.

Kementrian Kesehatan RI, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, & Direktorat Kesehatan Keluarga. (2021). PETUNJUK TEKNIS PEMBINAAN PENERAPAN SEKOLAH/MADRASAH SEHAT.

Notoatmojo, S., Hasan, A., & Krianto, T. (2012). Promosi Kesehatan di Sekolah. Rineka Cipta.

Nugroho, R. (2014). Kebijakan Publik Di Negara-negara Berkembang. Pustaka Pelajar.

Risetdikti. (2020). Profil statistik sekolah dasar.

Sunaengsih, C. (2016). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH DASAR TERAKREDITASI A. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i2.4259

Undang-undang No 23 Tahun 1992. (n.d.).

Published
2023-12-17
Section
Original Articles