Perbedaan Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas IV Tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dengan Menggunakan Metode Penyuluhan Kesehatan di SD Negeri 2 Petobo Kecamatan Palu Selatan
Differences in Knowledge Level of Class IV Students about Clean and Healthy Living Behavior Using Health Explanation Methods in SD Negeri 2 Petobo, Palu Selatan District
Abstract
Pengertian PHBS tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor : 2269/MENKES/PER/XI/2011, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, yang menjadikan seseorang keluarga, kelompok atau masyarakat mampu menolong dirinya sendiri (mandiri) di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan siswa kelas IV SD Negeri 2 Petobo Kecamatan Palu Selatan tentang perilaku hidup bersih dan sehat melalui media penyuluhan menggunakan leaflet dan menggunakan banner. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre- Experimental Design (Desain Pra- Eksperimen). Rancangan dalam desain pra-eksperimen ini adalah the one group pretest- posttest design. Uji yang digunakan untuk melihat hubungan variabel independen dan variabel dependen adalah uji t-test berpasangan atau uji paired sampel t test. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tehnik sampling jenuh, adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Petobo sebanyak 30 orang siswa. Hasil uji statistik bivariat dengan menggunakan uji paired sampel T test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata- rata pengetahuan siswa kelas 4 A tentang PHBS setelah diberikan intervensi penyuluhan dengan mengunakan media leaflet nilai p value = 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hasil uji statistik bivariat menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata- rata pengetahuan siswa kelas 4 B tentang PHBS setelah diberikan intervensi penyuluhan dengan menggunakan media banner didapatkan nilai p value = 0,029. Hasil ini menunjukkan bahwa nilai p value di bawah 0,05. Diharapkan instansi kesehatan (Puskesmas) dapat memberikan penyuluhan pada siswa SD Negeri 2 Petobo Kecamatan Palu Selatan tentang perilaku hidup bersih dan sehat secara rutin dan terjadwal.
References
Arikunto Suharsimi, 2019, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta. Arifin Johar, 2018, SPSS 24 Untuk Penelitian dan Skripsi, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Dinas Kesehatan Kota Palu, 2019, Profil Kesehatan Kota Palu 2019, Palu, Dinas Kesehatan Kota Palu.
Direktorat Sekolah Dasar, 2021, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Untuk Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19, Jakarta, Direktorat Sekolah Dasar.
Gunawan Endra, 2019, Hubungan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Terhadap Kesehatan Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Tigaraksa Kabupaten Tangerang Tahun 2019, Jurnal Sosial Sains, 1(1): 10-21.
Gejir I Nyoman dkk, 2020, Implementasi Proses Pembelajaran Dalam Penyuluhan Kesehatan Bagi Tenaga Kesehatan, Media Nusa Creative, Malang.
Kementerian Kesehatan RI, 2019, Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019. Jakarta, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Kemensos RI, 2020, Perilaku Hidup dan Sehat (Penguatan Kapabilitas Anak dan Keluarga), Jakarta, Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak – Direktorat Jendral Rehabilitasi Sosial Kementrian Sosial.
Laeli Febria, 2022, Pembiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Anak di KB Mutiara Bangsa Wanatirta Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes, Skripsi Tidak Diterbitkan, Purwokerto, Universitas Islam Negeri K.H Saifuddin Zuhri.
Listiadesti Ayi Utari, M. Noer Salman, dkk, 2020, Efektivitas Media Vidio Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Sekolah : A Literature Review, Jurnal Menara Medika, 3(1) : 54-65
Notoatmodjo, 2018, Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta.
Saleh Azizah dan Kunoli Firdaus J, 2018, Pengaruh Penyuluhan dan Pelatihan Melalui Media Leaflet Terhadap Pengetahuan Kader PHBS Di Kecamatan Ratolindo Kabupaten Tojo Una-Una, Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2503(1139) : 161-162
Sabani Fatmaridha, 2019, Perkembangan Anak-Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 - 7) Tahun, Jurnal Kependidikan, 8(2): 89-100.
Sarwono, S. W, 2019, Teori-teori psikologi sosial, CV Rajawali, Jakarta.
Sulistiyani, 2020, Pengaruh Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Terhadap Tingkat Pengetahuan Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sragen, ISSN, 2721(2882): 111-116.
Sembiring Fitri, 2021, Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan dan Praktik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Di SD Negeri 105306 Desa Sembahe Baru Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang Tahun 2021, Skripsi Tidak Diterbitkan, Medan, Politeknik Kesehatan Kemenkes.
Sugiyono, 2019, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.
Yunita Dina, dkk, 2021, Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Hand Hygiene dengan Kombinasi Roleplay, Ceramah dan Audiovisual terhadap Tingkat Pengetahuan Murid SD, Borneo Student Research eISSN 2721-5725, 2(2): 841-851.
Anzar, Muhammad, Sudirman Sudirman, and Ananda Dwi Saputra. 2022. “Hububgan Mutu Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Di Puskesmas Mabelopura Kota Palu.” Jurnal Kolaboratif Sains 5(6): 297–303.
Fazilah, Zian, Sudirman Sudirman, and Ayu Lestari. 2022. “Manajemen Penanggulangan Gizi Kurang Pasca Bencana Di Puskesmas Talise Kota Palu.” Jurnal Kolaboratif Sains 5(6): 312–19.
Pramudya, Moh Rivaldhy, Sudirman Sudirman, and Rosnawati Rosnawati. 2021. “Effect of Service Quality on Patient Satisfaction at Mabelopura Health Center.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) 3(2): 140–49.
Rajindra, Rajindra, Mohamad Andri, and Ahmad Yani. 2020. “Quality of Health Services in the Family Planning Program in Donggala Regency, Indonesia.” Systematic Reviews in Pharmacy 11(11).
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.