Pengaruh Metode Pembelajaran Peer Learning terhadap Peningkatan Nilai Try Out Uji Kompetensi Mahasiswa Prodi DIII Keperawatan Palu

The Influence of Peer Learning Learning Methods on Increasing the Try Out Value of Student Competency Test for Nursing DIII Nursing Study Program in Palu

  • Metrys Ndama Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Palu
  • I Wayan Supetran Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Palu
Keywords: Try Out Uji Kompetensi, Metode pembelajaran, Peer Learning

Abstract

Latar Belakang: Prodi Keperawatan Palu  prosentase kelulusan uji kompetensi masih dibawah standar nasional, dimana tahun 2016 = 27%, tahun 2017 = 77,78%, tahun 2018 = 80,82%.  Rendahnya pencapaian ini bisa karena ada masalah dalam proses pembelajaran, yaitu factor internal (keadaan fisik siswa, intelegensia, keadaan psikologi misalnya minat dan motivasi), maupun faktor eksternal (kemampuan mengajar dosen, media pembelajaran, model pembelajaran, sumber atau bahan pelajaran). Masalah ini dapat diatasi dengan mengganti model pembelajaran yaitu peer learning yang dianggap lebih efektif. Model ini menitik beratkan pada sharing knowledge, sharing ideas, sharing experience.  Model pembelajaran ini memiliki efektifitas tinggi.  

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran peer learning terhadap peningkatan kilai try out uji kompetensi mahasiswa Prodi DIII Keperawatan Palu.

Metode: Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretest dan posttest one grup. Hasil try out I sebagai data pretest, dan hasil try out II sebagai data posttest. Populasi adalah mahasiswa Prodi DIII Keperawatan Palu semester VI berjumlah 99 orang. Sampel adalah 72 orang. Penelitian dilakukan di kampus Prodi DIII Keperawatan Palu. Mahasiswa dibagi dalam 8 kelompok dan didampingi oleh 10 orang dosen sebagai fasilitator. Instrumen yang digunakan adalah 180 soal yang disusun berdasarkan blue print soal uji kompetensi. Pelaksanaan penelitian 1 bulan yaitu bulan September 2019. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis uji Paired T Test. Untuk melihat besarnya pengaruh dengan menggunakan uji pearson korelasi.

Hasil: Penelitian diperoleh skor minimal pretest adalah 34, skor maksimal 78, mean 54,51. Nilai post test terjadi peningkatan yaitu skor minimal menjadi 38, skor maksimal 101, mean 62,72. Hasil uji paired t test diperoleh nilai selisih mean adalah 8,208, nilai p = 0,000 berarti secara statistic ada pengaruh bermakna metode pembelajaran peer learning terhadap peningkatan nilai try out uji kompetensi (Ho ditolak). Nilai pearson korelasi adalah 0,723 berarti metode pembelajaran peer learning mempunyai korelasi cukup kuat dalam meningkatkan nilai try out uji kompetensi.

Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh cukup kuat metode pembelajaran peer learning dalam meningkatkan nilai try out uji kompetensi, disarankan kepada Prodi DIII Keperawatan Palu untuk meningkatkan kelulusan uji kompetensi mahasiswa harus dilaksanakan try out dan diberikan bimbingan dengan metode pembelajaran peer learning.

References

1. Tobi NRP, Selanri NGA, Bella YS. Analisis Kebijakan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Kesehatan Di Indonesia.
2. Rahadian S. Penerapan Undang-Undang Keperawatan terhadap Perlindungan Hukum Profesi Perawat. J Law Policy Transform. 2017;1(1):28–55.
3. Sepriyanda R, Sari RP, Fitrisia Y. Sistem Computer Based Test Try Out Uji Kompetensi Ners Berbasis Website Menggunakan Metode Prototyping (Studi Kasus: Fakultas Ilmu KeperawatanUniversitas Riau). J Komput Terap. 2019;5(2):13–21.
4. Indonesia PPN. Standar kompetensi perawat Indonesia. Jakarta PPNI. 2005;
5. Zaini H, Munthe B, Aryani SA. Strategi pembelajaran aktif. Yogyakarta Pustaka Insa Madani. 2008;89:2008.
6. Megawati E. Penggunaan Model Pembelajaran Peer Teaching dalam Pengajaran Tenses pada Mahasiswa EFL. Deiksis. 2019;11(01):39–50.
7. Santoso H, Riyanto P, Haris IN. Pengaruh model pembelajaran tutor sebaya (peer taeching) terhadap motivasi belajar pendidikan jasmani siswa. Biormatika J Ilm Fak Kegur dan ilmu Pendidik. 2018;4(02):68–80.
8. Aprilia I, Abidin Z, Mahmud A. Pembelajaran Active Learning Di SMK Prawira Marta Kartasura (Studi Perbandingan Penggunaan Strategi Every One Is a Teacher Here dan Strategi Talking Stick dalam Mata Pelajaran PAI). Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2013.
9. Pramika D, Putri DNAO. Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Peer Tutoring dengan Bantuan Media Pembeajaran Buku Saku Matematika Ekonomi. Econ Educ Anal J. 2019;8(2):774–81.
Published
2022-06-09
Section
Original Articles