Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Penyembuhan Luka Perineum pada Ibu Nifas di Puskesmas Batua Kota Makassar

Factors Associated with Perineal Wound Healing in Postpartum Mothers at Batua Health Center Makassar City

  • Husnul Khatimah Akademi Kebidanan Tahirah Al Baeti Bulukumba
  • Sitti Nurul Hikma Saleh Program Studi DIII Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika
Keywords: Penyembuhan Luka, Personal Hygiene, Mobilisasi Dini, Umur

Abstract

Ruptur perineum (luka perineum) merupakan suatu keadaan dimana terputusnya kontuinitas jaringan perineum yang terjadi hampir pada semua persalinan pertama dan tidak jarang juga pada semua persalinan berikutnya. Keadaan ini bila tidak ditangani dengan baik bisa terjadi infeksi dan perdarahan yang dapat mengakibatkan tingginya morbiditas dan mortalitas ibu Infeksi nifas seperti sepsis, masih merupakan penyebab utama kematian ibu di negara berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan penyembuhan luka perineum pada ibu nifas. Jenis penelitian Cross-Sectional Study. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juni 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Ibu nifas yang mengalami rupture perineum yang di rawat di Puskesmas Batua Kota Makassar. Cara pengambilan sampel adalah dengan menggunakan Accidental sampling yaitu tehnik pengambilan sampel yang dilakukan yang mengambil sampel yang ada pada saat dilakukan penelitian. Tehnik pengambilan data dengan cara mengobservasi secara langsung dan melalui Kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara personal hygiene denga penyembuhan luka perineum dimana nilai p = 0,001 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara Mobilisasi Dini denga penyembuhan luka perineum dimana nilai p = 0,000 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara Umur dengan penyembuhan luka perineum dimana nilai p = 0,000 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Diharapkan kepada Bidan untuk memberikan informasi tentang pentingnya menjaga personal hygiene, melakukan mobilisasi dan memperhatikan umur selama masa nifas.

References

Akbar H. Faktor Yang Berhubungan Dengan Penggunaan Alat Kontrasepsi Pada Pasangan Usia Subur Di Desa Lohbener Kabupaten Indramayu. Gema Wiralodra. 2018;9(2):164–82.

Mardiah, Juraida Raito NN. Asuhan Kebidanan Ibu Nifas dan Deteksi Dini Komplikasi. Jakarta: EGC; 2013.

Heryani R. Buku Ajar Asuhan Kebidanan Ibu Nifas dan Menyusui. Jakarta: Trans Info Media; 2012.

Prawirohardjo S. Ilmu Kebidanan. Jakarta: PT. Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo; 2009.

Asmiati, Akbar H, Kaseger HK. Hubungan Faktor Keluarga dengan Kenyamanan Menghadapi Persalinan Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Gogagoman. J Inov Kesehat. 2021;2(April):43–6.

WHO. Angka Kematian Ibu. 2014.

Akbar, Hairil, Muhammad Qasim, Wuri Ratna Hidayani, Nyoman Sri Ariantini, Ramli, Ria Gustirini, Janner Pelanjani Simamora, Hasria Alang, Fitriah Handayani, Fitriah Handayani AYP. Teori Kesehatan Reproduksi. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini; 2021.

Trisnawati F. Asuhan Kebidanan Jilid I. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya; 2012.

Survey Demografi Kesehatan Indonesia. Angka Kematian Bayi. Jakarta: Survey Demografi Kesehatan Indonesia; 2017.

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan. Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan. Makassar: Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan; 2014.

Puskesmas Batua. Profil Kesehatan Puskesmas Batua Kota Makassar. Makassar: Puskesmas Batua; 2015.

Herlina, Virgia V, Wardani R. Hubungan Teknik Vulva Hygiene Dengan Penyembuhan Luka Perinium Pada Ibu Post Partum. J Kebidanan. 2018;4(I):5–10.

Sitti Nurul Hikma Saleh. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu dengan Pemberian ASI Eksklusif pada Bayi 0-6 Bulan di Puskesmas Motoboi Kecil. J Heal Educ Lit. 2021;4.

Hairil Akbar. Faktor Yang Berhubungan Dengan Personal Hygiene Pada Remaja Putri Di Sma Negeri 1 Kotamobagu. Bina Gener J Kesehat. 2020;11(2):23–8.

Suryadi. Cara Efektif Memahami Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta: Penerbit EDSA Mahkota; 2007.

Basit M& AS. Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Risiko Tinggi Di Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (PKIA) Belitung. Din Kesehat. 2013;12(12).

Manuntungi AE, Irmayanti I, Ratna R. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Lamanya Penyembuhan Luka Perineum pada Ibu Nifas di Ruang Perawatan Rumah Sakit Mitra Manakarra Mamuju. Nurs Insid Community. 2019;1(3):96–103.

Published
2022-06-09
Section
Original Articles