Hubungan Pengetahuan dan Dukungan Keluarga dengan Kejadian Drop Out Imunisasi Difteri, Pertusis dan Tetanus (DPT) pada Bayi di Wilayah Kerja Puskesmas Lampisang Aceh Besar

The Relationship of Knowledge and Family Support with the Event of Diphtheria, Pertusis and Tetanus Immunization Drop Out in Infants in the Lampisang of Public Health Center Aceh Besar

  • T.M. Rafsanjani Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Serambi Mekkah
  • Ummayal Amni Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Serambi Mekkah
  • Diza Fathamira Hamzah Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Serambi Mekkah
  • Riski Muhammad Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Serambi Mekkah
  • Hairil Akbar Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika
Keywords: DPT, Drop Out, Imunisasi, Keluarga, Pengetahuan

Abstract

Upaya imunisasi DPT dianggap merupakan cara yang paling tepat untuk meningkatkan status kekebalan seseorang terhadap penyakit difteri, pertusis dan tetanus. Angka drop out imunisasi DPT pada bayi relatif tinggi yaitu mencapai 9,5% melebihi ambang batas Drop Out Rate yaitu ≤ 5% yang terdapat di Wilayah Puskesmas Lampisang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan drop out imunisasi DPT pada bayi di wilayah kerja Puskesmas Lampisang Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki anak usia 12-18 bulan sebanyak 147 orang dan sampel sebanyak 108 responden dengan teknik proportional sampling. Uji statistik yang digunakan yaitu uji Chi-Square. Hasil Penelitian memperlihatkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan dengan drop out imunisasi DPT (p value 0,024) dan terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan drop out imunisasi DPT (p value 0,040) di Wilayah Kerja Puskesmas Lampisang Aceh Besar. Perlu adanya peran aktif dari petugas kesehatan untuk dapat meningkatkan pengetahuan ibu tentang Imunisasi DPT, melakukan pendekatan kepada keluarga, serta memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang efek samping dari imunisasi DPT.

References

Windi, S, M. Kajian Manajemen Penyelenggaraan Program Imunisasi Difteri di Puskesmas Suboh Kabupaten Situbondo (Management of Diphtheria Immunization Program Implementation at Suboh Public Health Center). Situbondo : s.n., 2015.

Kemenkes, RI. Data dan Informasi Tahun 2014 (Profil Kesehatan Indonesia). Jakarta : Kemenkes RI , 2015.

Kadir, L.H. Pengetahuan dan Kepatuhan Ibu pada Pemberian Imunisasi Dasar pada Bayi. s.l. : Journal of Pediatric Nursing, 2017.

Kemenkes, RI. Imunisasi Efektif Cegah Difteri. Jakarta : Kemenkes RI, 2016.

Dinas Kesehatan Provinsi Aceh. Data Laporan Kasus Difteri di Provinsi Aceh. Banda Aceh : Dinkes Provinsi Aceh, 2019.

Arifianto. Yakin dengan Vaksin dan Imunisasi. Depok : Huta Media, 2019.

Ardinasari. Mencegah dan Mengobati Penyakit Bayi dan Anak. Jakarta : Bestari, 2016.

Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Besar. Data Laporan Kasus Difteri di Kabupaten Aceh Besar. Jantho : Dinkes Aceh Besar, 2019.

Creswell, J, W. Resesarch Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2013.

Mulyani, S, dkk. Pengetahuan ibu tentang kelengkapan Imunisasi dasar pada bayi. Jambi : Jambi Medical Journal, 2018.

Arumsari, R. Faktor-faktor yang berhubungan dengan status imunisasi dasar pada bayi di Kota Malang tahun 2015. Malang : Jurnal Kesehatan, 2015.

Triana. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kelengkapan imunisasi dasar lengkap pada bayi tahun 2015. s.l. : Jurnal Kesehatan, 2015.

Izza N, Lestari D, Tumaji T. Faktor orang tua dan status Imunisasi DPT anak 12-36 bulan di kecamatan Ketapang dan kecamatan Sokobanah Kabupaten Sampang. Sampang : Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 2017.

Prayogo, et al. Kelengkapan Imunisasi dasar pada anak usia 1-5 tahun. s.l. : Sari Pediatri, 2016.

Published
2022-06-08
Section
Original Articles