Pengetahuan dan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Pra Sekolah di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Sangurara Kota Palu

Knowledge and Parenting on the Development of Pre-School Children in Posyandu Work Area Public Healt Center Sangurara, Palu City

  • Juwita Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu
  • Faridha Nasir Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu
  • Fadly Umar Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu
Keywords: Pengetahuan, Pola Asuh, Perkembangan Anak Pra Sekolah, Orang tua

Abstract

Setiap orang tua selalu mendambakan anaknya dapat tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai tahapan usianya. Peran orang tua cukup komplek dalam pengasuhan anak termasuk dalam pola asuhnya. Disamping itu pengawasan orang tua dan pengetahuan orang tua terhadap pola asuh kepada anak juga berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Tujuan Untuk Mengetahui Hubungan Pengetahuan Dan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Pra Sekolah Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Sangurara Kota Palu. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah Cross Sectional Populasi adalah Semua Orang tua dengan anak prasekolah Besar sampel adalah 44 responden dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Variabel Independen penelitian adalah pengetahuan dan pola asuh. Variabel dependen adalah perkembangan. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, kemudian data dianalisis menggunakan uji Spearmant rho dengan tingkat signifikansi α ≤ 0,05. Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar responden memiliki pengetahuan  yang cukup sebanyak 25 responden (56,8%), pola asuh yang cukup sebanyak 23 responden (52,3%), perkembangan anak yang normal sebanyak 39 responden (88,6%). Hasil penelitian p=0,042 dimana H1 diterima dan H0 ditolak yang berarti bahwa ada Hubungan Pengetahuan Terhadap Perkembangan Anak Pra Sekolah Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Sangurara Kota Palu, didapatkan  p=0,000 dimana H1 diterima dan H0 ditolak yang berarti bahwa ada Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan  Anak Pra Sekolah Di Posyandu  Wilayah Kerja  Puskesmas  Sangurara  Kota Palu. Terdapat Hubungan Pengetahuan Dan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Pra Sekolah Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Sangurara Kota Palu.

References

Khadijah MA. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Prenada Media; 2020.

Fatimah L. Hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan anak di RA Darussalam Desa Sumber Mulyo, Jogoroto, Jombang. Pros Semin. 2012;1(2).

Widati T. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Metode Melipat Kertas pada Anak Kelompok B TK ABA Gani Socokangsi Jatinom Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2012.

Christiari AY, Syamlan R, Kusuma IF. Hubungan pengetahuan ibu tentang stimulasi dini dengan perkembangan motorik pada anak usia 6-24 bulan di Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Pustaka Kesehat. 2013;1(1):20–3.

Soetjiningsih CH. Perkembangan anak sejak pembuahan sampai dengan kanak-kanak akhir. Jakarta: Prenada. 2012;

Depkes RI. Profil kesehatan 2007. Dep Kesehtan RI. 2007;

Published
2021-12-10
Section
Original Articles