Hubungan Pengetahuan dengan Sikap Orang Tua dalam Memilih Jajanan Sehat pada Siswa di SDN 1 Upai Kecamatan Kotamobagu Utara

  • Hairil Akbar Program Studi Kesehatan Masyarakat Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika
  • Nelson Alexander Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata
  • Matius Paundanan Program Studi Kesehatan Masyarakat STIK Indonesia Jaya
  • Agustin Agustin Program Studi DIII Kebidanan Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika
Keywords: Pengetahuan, Sikap, Jajanan sehat, Siswa sekolah dasar

Abstract

Pengetahuan orang tua tentang pemilihan jajanan sehat akan berpengaruh terhadap kebiasaan jajan anak. Orang tua harus mengetahui mengenai jajanan apa saja yang bergizi baik untuk anak dan jajanan apa saja yang tidak baik untuk anak. Penelitian ini dilakukan menggunakan jenis deskriptif kuantitatif menggunakan metode analitik dengan pendekatan cross sectional dengan teknik observasi. dilaksanakan di SDN 1 UPAI Kotamobagu Utara pada bulan Juni sampai dengan Juli 2020. Populasi berjumlah 87 orang. Sampel sebanyak 71 orang, di tentukan berdasarkan rumus slovin, analisis data menggunakan teknik analisis data uji chi square (α=0,05). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan sikap orang tua dalam memilih jajanan sehat pada siswa di SDN 1 UPAI. Keterkaitan antara pengetahuan dan sikap orang tua dalam memilih dan menentukan jajanan yang sehat dan baik kepada anaknya memiliki hubungan yang sangat signifikan, hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis statistik yang memiliki nilai P-Value sebesar 0,017 < α 0,050. Pendampingan guru dan LSM melalui informasi kepada siswa usia sekolah dasar sangat membantu peran orang tua untuk memberi informasi kepada anaknya untuk mengkonsumsi jajanan yang sehat dan berkualitas.

References

Soetjiningsih. Tumbuh Kembang Anak Jakarta: EGC; 2015.

Notoatmodjo. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan Jakarta: Rineka Cipta; 2018.

World Health Organization (WHO). Essntial Safety Requirements For Street-Vended Foods. [Online].; 2015 [cited 2020 Februari 03. Available from: http//www.who.int.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI. Pangan Jajanan Anak Keamanan Pangan Watch Sistem Kemanan Pangan Terpadu. Jakarta:; 2018.

Nirmala D. Gizi Anak Sekolah Jakarta: Kampus Media Nusantara; 2017.

Azwar S. Teori Sikap Manusia & Pengukurannya Yogyakarta: Pustaka Belajar; 2016.

Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian kesehatan Jakarta: Rineka Cipta; 2010.

Wawan , Dewi. Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia Yogyakarta: Nuha Medika; 2010.

Ramadhani ST, Lastariwati B. Hubungan Perilaku Konsumsi Makanan Sehat Dengan Status Gizi Mahasiswi Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA. 2016; 5(4): p. 81-88.

Sanifa. Sikap dan Perilaku Manusia Bandung: Alfabeta; 2018.

Alhidayati , Efendi AS, Hakim A. The Factors Associated With The Selection Of Healthy Snacks On The Students Of 145 Elementary School Pekanbaru. Collaborative Medical Journal. 2018; 1(2): p. 45-57.

Warlenda SV, D. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Praktek Pemilihan Makanan Jajanan Di Sekolah Dasar Negeri 29 Pekanbarutangkerang Selatan Bukit Raya. Jurnal Photon. 2018; 8(2): p. 95-100.

Ambarwati R, Ratnasari NY, Purwandari KP. Gambaran Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Ibu Terhadap Kejadian Diare Pada Anak Di Puskesmas Tirtomoyo I Wonogiri. Jurnal Keperawatan GSH. 2018; 7(2): p. 1-9.

Briawan D. Changing of snack food behavior among school children participant of snacks education program. Jurnal Gizi dan Pangan. 2016; 11(3): p. 201-210.

Published
2021-06-11
Section
Original Articles