Kesulitan Belajar Anatomi pada mahasiswa Diploma IV Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah
Abstract
Kesulitan belajar berdampak pada ketidakberhasilan proses pembelajaran yang mengakibatkan adanya kegagalan belajar pada mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesulitan belajar dan faktor-faktor yang memengaruhi kesulitan belajar anatomi dasar pada Mahasiswa Diploma IV Fisioterapi Universitas ‘Aisyiyah Surakarta meliputi hambatan belajar, kesulitan belajar dan cara mengatasi kesulitan belajar. Menggunakan metode deskriptif analitik yaitu metode yang bersifat memaparkan sejelas-jelasnya tentang objek yang diteliti, serta menggambarkan data secara keseluruhan, sistematis, dan akurat. Sampel penelitian berjumlah 63 mahasiswa angkatan 2018/2019. Hasil penelitian a) hambatan belajar meliputi 1) hambatan motivasi diri kategori tinggi 100%, 2) hambatan latar belakang pendidikan kategori relevan 98.4%, 3) hambatan sarana prasarana kategori memadai 85.7% dan 4) hambatan materi kategori paham 50.8%. b) Kesulitan belajar meliputi 1) kesulitan motivasi diri kategori tinggi 88.9%, 2) kesulitan latar belakang pendidikan kategori relevan 100%, 3) kesulitan sarana prasarana kategori memandai 96.8%, 4) kesulitan materi kategori tidak menguasai 95.2%. c) cara mengatasi kesulitan belajar meliputi 1) cara mengatasi motivasi diri kategori tinggi 77.8%, 2) cara mengatasi latar belakang pendidikan kategori relevan 98.4%, 3) cara mengatasi sarana prasarana kategori memadai 79.4%. Kesimpulan: Hambatan dan kesulitan belajar anatomi mahasiswa kategori tinggi, sehingga perlu usaha dan komitmen untuk mengatasi masalah belajar anatomi.References
Herman, Budi SS. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar dengan Metode Problem Basic Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Tune UP Motor Bensi Siswa Kelas XI di SMK Insan Cendekia Turi Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. J Taman Vokasi [Internet]. 2017;5(1):40–5.
Cahyono H. Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti. J Dimens Pendidik dan Pembelajaran. 2019;7(1):1.
Zamzami, Sakdiah, Nurbaiza. Analisis Faktor Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. J Dedik Pendidik [Internet]. 2020;4(1):123–33. Available from: http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi
Supriyanto; Elis S. Analisis kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah (Siswa Kwlas X IPS Muhammadiyah 1 Metro dalam Materi Manusia Purba di Indonesia. J Swarnadwipa [Internet]. 2018;2(1):13–27. Available from: https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/swarnadwipa/article/view/759
Munawaroh S, Sebelas U, Surakarta M. Penggunaan AC/ID dan Active Learning dalam Pembelajaran Anatomi dalam Large Group. 2015;4(1):7–14.
Berutu MHA, Tambunan MIH. Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Se-Kota Stabat. J Biolokus. 2018;1(2):109.
Yasin M, Netriwati N. Analisis Kesulitan Belajar : Dampak Latar Belakang Kejuruan ditinjau dari Proses Pembelajaran Matematika Perguruan Tinggi. Desimal J Mat. 2019;2(1):59–67.
Yugiswara A, Sukidin S, Kartini T. Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Movasi Belajar Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Kraksaan Probolinggo Tahun 2018. J Pendidik Ekon J Ilm Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekon dan Ilmu Sos. 2019;13(1):101.
Alawiyah H, Muldayanti ND, Setiadi AE. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memahami Materi Invertebrata Di Kelas X Man 2 Pontianak. J Bioeducation. 2016;3(2):9–20.
Nurbaiti S. Septia nurbaiti nim 130384205004. 2017;
Triamiyono H. Upaya Mengatasi Rasa Kantuk Di Kelas Dalam Proses Belajar Mahasiswa Taruna Akademi Maritim Djadajat. J Ilm WIDYA. 2014;64(2).
Murti RW, Prasetio AP. Pengaruh Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University. J Penelit Pendidik. 2018;18(2):94–102.
Khairunisa R. Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di SDN 001 Samarinda Utara. Pendas Mahakam J Pendidik Dasar. 2019;4(2):146–51.
Sidik Z, Sobandi A. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. J Pendidik Manaj Perkantoran. 2018;3(2):50.
Kadir A. Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Analisis Statistika Mahasiswa Ftik Iain Kendari. Al-Izzah J Hasil-Hasil Penelit. 2018;13(1):1.
Murniasih TR, Hariyani S, Ferdiani RD. Pelatihan Penggunaan Buku Saku Untuk Membangun Minat Belajar Siswa Smp. SELAPARANG J Pengabdi Masy Berkemajuan. 2019;3(1):96.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.