Hubungan Status Gizi dan Paparan Asap Rokok dengan Kejadian Pneumonia pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Tinanggea

  • Arny Arny Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karya Kesehatan
  • Linda Ayu Rizka Putri Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karya Kesehatan
  • Ellyani Abadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karya Kesehatan
Keywords: Balita, Faktor Risiko, Pneumonia

Abstract

Pneumonia adalah merupakan penyakit menular terbesar sekaligus penyebab utama kematian pada Balita di seluruh dunia. Penelitian ini bertujuan untuk memahami hubungan pneumonia dengan status gizi dan paparan asap rokok di wilayah kerja Puskesmas Tinanggea. Penelitian dilakukan dengan desain case control dengan pendekatan kuantitatif, terdapat 80 sampel, 40 balita untuk pneumonia dan 40 balita yang bukan pneumonia. Teknik pengambilan sampel  menggunakan uji statistik purposive sampling  uji statistik yang digunakan adalah uji regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan status gizi yang baik merupakan faktor protektif terhadap kejadian pneumonia (OR=0,286,CI=0,064-1,274), dan paparan asap rokok merupakan faktor risiko kejadian pneumonia (OR=1,408,CI=0,555-3,573) Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang tidak signifikan antara status gizi dan paparan asap rokok dengan kejadian pneumonia.

References

WHO. Pneumonia Fact Sheet. World Health Organization (WHO). 2016.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Penyakit Tidak Menular. In: Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013.

Dinkes Sultra. Profil Kesehatan Sulawesi Tenggara tahun 2017.

Hadisuwarno. 2013 Hubungan status gizi dengan kejadian pneumonia di Kecematan lampung . Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta

Notoatmojo S. Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta; 2011

Maryunani, A. 2010. Ilmu Kesehatan Anak Dalam Kebidanan. Jakarta: CV. Trans Info

Rusepno, 2008. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Dengan Perilaku Pencegahan ISPA Pada Bayi Puskesmas Kecematan Segedong. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta

Susi Hartati. Analisis Faktor Risiko Yang Berhubungan Dengan Kejadian Pneumonia Pada Anak Balita Di RSUD Pasar Rebo . Jakarta : FK UI ; 2011

Kartasasmita C.B. 2011, Morbiditas Dan Faktor Resiko Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) pada Balita di Cikutra Suatu Daerah Urban di Kotamadya Bandung, Majalah Kesehatan Bandung.

Nurjazuli, Widyaningtyas, Retno 2008. Faktor Risiko Dominan Kejadian Pnumonia Pada Balita di Puskesmas Kebumin (Dominant risk factors on the occurrence of pneumonia on children under five years).

Sulaiman, M 2014 , Faktor Risiko Asap Rokok dengan Kejadian Pneumonia pada Balita di Kelurahan Nan Tigo Kota Padang. Jurnal Kesehatan Avvicenna. Vol XIV no.7

Nining, Dkk. (2014). Http://www Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional Vol.8. No.8.

Victoria CG, Fuchs SC, Flores JA, Fonseca W. Risk factors for pneumonia among children in a Brazilian metropolitan area. AAP. 1994;93:1–10.

Kartasasmita C.B. 2011, Morbiditas Dan Faktor Resiko Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) pada Balita di Cikutra Suatu Daerah Urban di Kotamadya Bandung, Majalah Kesehatan Bandung.

Published
2020-06-15
Section
Original Articles