Implementasi Tahapan Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di PT. Puninar Anji Nyk Logistic Indonesia

  • Anandya Ayunda Gaviota Fakultas Kesehatan Masyarakat, PSDKU Universitas Airlangga, Banyuwangi
  • Ayik Mirayanti Mandagi Departemen Epidemiologi, FKM PSDKU Universitas Airlangga Banyuwangi
Keywords: Keselamatan dan kesehatan kerja, tahapan, penerapan K3

Abstract

Keselamatan dan kesehatan kerja adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Sehingga keselamatan dan kesehatan kerja wajib diterapkan oleh setiap perusahaan. Penelitian ini  adalah tentang Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada PT. Puninar ANJI NYK Logistics Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk  mengetahui tentang penerapan keselamatan dan kesehatan kerja yang telah dilaksanakan oleh PT. PUNINAR Anji NYK Logistic Indonesia dengan teori Suardi mengenai 10 tahapan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara secara langsung dengan staff HSE perusahaan dan observasi pada kegiatan yang berhubungan dengan keselamatan dan kesehatan kerja. Hasil dari penelitian ini adalah dari 10 tahapan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja menurut Suardi PT. PUNINAR Anji NYK Logistic Indonesia telah melakukan seluruh tahapan dengan lengkap dan sesuai dengan teori. Hal tersebut didukung dengan tujuan OHS di perusahaan  untuk melindungi keselamatan dan kesehatan pekerja dalam menjalankan pekerjaannya melalui upaya penerapan K3 dengan baik di tempat kerja dan juga kebijakan yang diterapkan oleh seluruh pekerja. Sehingga PT. PUNINAR Anji NYK Logistic Indonesia perlu mempertahankan dan meningkatkan penerapan OHS di perusahaan dengan terus  meningkatkan komitmen perusahaan dalam menerapkan keselamatan dan kesehatan  kerja dengan baik serta menjaga komunikasi agar terus tercapai keharmonisan dalam penerapan keselamatan dan kesehatan kerja.

References

Dewi Kania, Dinar. Eko Probo. Hanifah. Analisis Faktor Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Penanganan Kargo Di Bandara Soekarno Hatta International Airport. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik. 2016;03(01).

Endroyo, Bambang, dkk. Implementation Of Occupational Health and Safety Management in Developing Countries, Study in Contruction Field in Indonesia. International Journal of Sciences and Research. 2016;72(72).

Fridayanti, Nita & Kusumasmoro, Rono. Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Di PT. Ferron Par Pharmaceuticals Bekasi. Jurnal Administrasi Kantor. 2016;4(1):211-234.

Hadi Purnomo, Dian, dkk. Analysis of Implementation Safety and Health Occupational Management System in Kertosono General Hospital. Juornal for Quality in Public Health. 2018;1(2):78-85.

Kementerian Perdagangan. Kebijakan Pergudangan Di Indonesia Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan. 2015.

Konradus D. Keselamatan Kesehatan Kerja Membangun SDM Pekerja Sehat, Produktif dan Kompetitif. Jakarta: Litbang Danggur & Partners; 2006.

Nanang Setiawan, Muhammad, DKK. Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada CV. Cipta Mandiri Di Kabupaten Kendal. KES MAS. 2011;5(2):162-232.

OSHA Pocket Guide. Worker Safety Series Warehousing. U.S Department of Labor. 2004. 3320-10N.

Peraturan Pemerintan Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2012. Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Sainato, Michael. Accidents at Amazon: workers left to suffer after warehouse injuries. The Guardian. 2018.

Sihombing, Dameyanti, DKK. Implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Proyek Di Kota Bandung (Studi Kaus Proyek Pembangunan Pabrik Minyak PT.MNS). Jurnal Sipil Statik. 2014;2(3):124-130.

Suardi, Rudi. Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: PPM; 2007.

Tim K3 FT UNY. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). [Yogyakarta]: Universitas Negeri Yogyakarta; 2014.

Undang – Undang Nomor 13 Tahun 2003. Ketenagakerjaan.

Yuliandi, Cindy Dewi & Eeng Ahman. Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja ( K3 ) Di Lingkungan Kerja Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang. Juornal Manajerial. 2019;18(2):98.

Published
2020-12-26
Section
Original Articles