Peran Orang Tua dan Teman Sebaya Terkait Perilaku Merokok Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNISKA MAB Banjarmasin

  • Ahmad Zacky Anwary Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Kalimantan MAB, Indonesia
Keywords: Merokok, Peran Orang Tua, Teman

Abstract

Perilaku merokok yang saat ini sudah menjadi kebiasaan bagi banyak kalangan baik orang tua maupun remaja bahkan hingga anak-anak, merupakan suatu hal yang dapat mengancam kesehatan akibat dari pengaruh buruknya di masyarakat. Faktor terbesar dari kebiasaan merokok adalah faktor sosial atau lingkungan, terkait hal itu telah diketahui bahwa karakter seseorang banyak dibentuk oleh lingkungan sekitar, baik keluarga, tetangga, maupun teman pergaulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran orang tua dan teman sebaya dengan perilaku merokok pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari (UNISKA MAB). Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional dan teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah kuota sampling dengan jumlah sampel sebanyak 194 mahasiswa. Hasil penelitian menggunakan Pearson Chi-Square Test diperoleh nilai p = 0,001 ≤ α (0,05) pada hubungan peran orang tua dengan perilaku merokok mahasiswa, serta nilai p = 0,000 ≤ α (0,05) pada hubungan peran teman sebaya dengan perilaku merokok mahasiswa. Melalui penelitian ini diharapkan mahasiswa dapat lebih pandai dalam berteman agar tidak mudah terpengaruh dengan lingkungan sekitar yang buruk.

References

Fikriyah, S. & Yoyok. F. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prilaku Merokok Pada Mahasiswa Laki-Laki di Asrama Putra. Jurnal STIKES Vol 5. Kediri. STIKES RS. Baptis.

Aula, E. L. (2010). Stop Merokok. Cetakan I. Yogyakarta: Gara Ilmu.

Supriyadi, Agus (2014). Kawasan Tanpa Rokok Sebagai Perlindungan Masyarakat Terhadap Panpar Asap Rokok Untuk Mencegah Penyakit Terkait Rokok . Semarang. Skripsi. Universitas Dian Nuswantoro.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2011). Pedoman Pengembangan Kawasan Tanpa Rokok 2010. Jakarta.

Hasanah, A. U. & Sulastri (2011). Hubungan Antara Dukungan Orang Tua,Teman Sebaya dan Iklan Rokok dengan Perilaku Merokok Pada Siswa Laki-Laki Madrasah Aliyah Negri 2 Boyolali. Jurnal Ilmu Kesehatan. (diakses 31 April 2016).

Balitbang Kemenkes RI (2013). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013. Jakarta: Kemenkes RI.

Departemen Kesehatan RI (2005). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Departemen Kesehatan.

Durandt, Julia M, dkk. (2015). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kebiasaan Merokok Anak Usia Remaja 12-17 Tahun di Desa Kilometer Tiga Kecamatan Amurung. e-Journal Keperawatan Volume 3. Kecamatan Amurung: Universitas Sam Ratulangi Manado. Angkatan 2009. Depok: Skripsi.

Sundari, A. H. (2014). Hubungan Antara Peran Keluarga Dengan Perilaku Merokok Pada Remaja Laki-Laki Kelas XI di SMK Tunas Bangsa Sukoharjo. Sukoharjo. Naskah Publikasi: Universitas Muhammadiyah.

Wulandari, D. T., & Nurjayanti, I. (2011). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Merokok Pada Remaja di SMKK Muhammadiyah 2 Sleman Yogyakarta (STIKES Aisyiyah Yogyakarta).

Mu’tadin (2002). Remaja dan Rokok. Tersedia dalam <http://www.e-psikologi.com> (diakses 31 Mei 2019).

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta Riadi, Muchlisin. (2013).

Sanjiwani, N. L. P. Y., & Budisetyani, I. G. (2014). Pola asuh permisif ibu dan perilaku merokok pada remaja laki-laki di SMA Negeri 1 Semarapura. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), 344-352.

Hartati, S. U. S. (2013). Hubungan Bentuk Konformitas Teman Sebaya Terhadap Tipe Perilaku Merokokok Pada Remaja Laki-laki Usia pertengahan di SMAN 97 Jakarta. Skripsi. Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah.

Rasubala, l. N. (2015). Hubungan Peran Orang Tua Dengan Perilaku Merokok Pada Remaja Laki-Laki Di SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya.

Kustanti, A. A., Maliya, A., Med, S. K. M., & Hudiawati, D. (2014). Hubungan Antara Pengaruh Keluarga, Pengaruh Teman Dan Pengaruh Iklan Terhadap Perilaku Merokok Pada Remaja Di SMP N 1 Slogohimo, Wonogiri (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sulistyawan, Ade (2012). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Merokok Siswa Sekolah Menengah Pertama Negri 3 Kota Tangerang Selatan Tahun 2012. Tangeang. Skripsi.

Published
2020-06-15
Section
Original Articles