MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDENGAR PADA SISWA KELAS DELAPAN MTs MUHAMMADIYAH AL-HAQ PALU MELALUI STRATEGY PERCAKAPAN SINGKAT
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa penggunaan strategi percakapan singkat dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa kelas Delapan MTs Muhammadiyah Al-Haq Palu. Desain penelitian ini adalah menggunakan pra-eksperimental dan sampelnya adalah siswa kelas Delapan MTs Muhammadiyah Al-Haq Palu yang terdiri dari dua puluh lima siswa. Peneliti menggunakan teknik total samling dan mengadopsi satu kelompok pre-test dan post-test. Dia menggunakan tes sebagai instrument yaitu pre-test dan post-test. Hasil analisis data menunjukan bahwa hipotesis diterima. Terbukti bahwa analisis t_counted (4,92) lebih tinggi dari t_table (1,711). Dengan kata lain, penggunaan percakapan singkat dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas Delapan MTs Muhammadiyah Al-Haq Palu.
Kata kunci: Meningkatkan kemampuan mendengarkan dan strategi percakapan singkat. Â