MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDENGAR PADA SISWA KELAS DELAPAN MTs MUHAMMADIYAH AL-HAQ PALU MELALUI STRATEGY PERCAKAPAN SINGKAT

  • Indra Indra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Nadrun Nadrun Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Andi Naniwarsih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa penggunaan strategi percakapan singkat dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa kelas Delapan MTs Muhammadiyah Al-Haq Palu. Desain penelitian ini adalah menggunakan pra-eksperimental dan sampelnya adalah siswa kelas Delapan MTs Muhammadiyah Al-Haq Palu yang terdiri dari dua puluh lima siswa. Peneliti menggunakan teknik total samling dan mengadopsi satu kelompok pre-test dan post-test. Dia menggunakan tes sebagai instrument yaitu pre-test dan post-test. Hasil analisis data menunjukan bahwa hipotesis diterima. Terbukti bahwa analisis t_counted (4,92) lebih tinggi dari t_table (1,711). Dengan kata lain, penggunaan percakapan singkat dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas Delapan MTs Muhammadiyah Al-Haq Palu.

Kata kunci: Meningkatkan kemampuan mendengarkan dan strategi percakapan singkat.  

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan