Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas AZLAM

The Influence of Marketing Mix on Students' Decisions to Choose Azlam University

  • Andriani Marshanda Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Abdul Azis Lamadjido (AZLAM)
  • Dwi Wahyono Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Abdul Azis Lamadjido (UNAZLAM)
  • Rika Suprapty Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Abdul Azis Lamadjido (UNAZLAM)
Keywords: Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan mahasiswa untuk kuliah di Universitas Azlam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif verifikatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Abdul Azis Lamadjido angkatan 2021-2023 sebanyak 595 mahasiswa dengan jumlah sampel sebanyak 86 mahasiswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert dan alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bauran pemasaran jasa secara simultan berpengaruh signifkan terhadap keputusan mahasiswa untuk kuliah di Universitas Abdul Azis Lamadjido. Produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa untuk kuliah di Universitas Abdul Azis Lamadjido. Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa untuk kuliah di Universitas Abdul Azis Lamadjido. Promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa untuk kuliah di Universitas Abdul Azis Lamadjido. Tempat secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa untuk kuliah di Universitas Abdul Azis Lamadjido. Orang secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa untuk kuliah di Universitas Abdul Azis Lamadjido. Proses secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa untuk kuliah di Universitas Abdul Azis Lamadjido. Bukti fisik secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa untuk kuliah di Universitas Abdul Azis Lamadjido

References

Asmaul Husna., Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Terhadap Harga, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Coto Kuda di Warung Nuer Kecamatan Bontosunggu, Kabupaten Jeneponto. Skripsi.Makassar : Universitas Hasanuddin, 2012.

Made Novandri., Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha di Kota Palu. Skripsi. Palu : Universitas Tadulako, 2010.

Mahyus, (2020)., Pengaruh Bauran Pemasaran, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Islam Makassar.

Dharmawan, I Putu Gede Adi dan Putu Nina Madiawati. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Program Studi yang Ada di Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom. E- Proceeding of Management, Volume 6.

Dhevi, Luthfika. 2020. Pengaruh Bauran Pemasaran dan Brand Image Terhadap Keputusan Siswa Memilih Sekolah Islam Swasta ( Studi Kasus Madrasah Aliyah 1 Annuqayah Putri-Guluk Kabupaten Umenep. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Sri Raharja (2020) Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Status Sosial Ekonomi Dan Motivasi Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Kuliah

Amir, Andi Mattulada, Rasmi Nur Anggraeni, Nasrulhak Akkas, and Ahmad Yani. 2020. “FAMILY MANAGEMENT STRATEGIES IN MANAGING FINANCES THROUGH SMALL BUSINESSES.” Academy of Strategic Management Journal 19(3): 1–11.

Cahyono, Anjung Budi, Rajindra Rajindra, and Haris Abd Kadir. 2020. “Analysis of Data Management in Sigi District Statistics Center.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) 2(4): 212–18.

Fadli, Muhammad, Rajindra Rajindra, and Guasmin Guasmin. 2022. “Analisis Sistem Akuntansi Penggajian Pada Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah.” Jurnal Kolaboratif Sains 5(1): 1–6.

Layoo, Nurhidayah, Cahyaning Raheni, Sutrisno K Djawa, Rajindra Rajindra, and Rasmi Nur Anggraeni. 2025. “Demographic Characteristics and Entrepreneurial Inclination of University Student.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) 7(1): 1–9.

Masdul, Muhammad Rizal, Hadi Pajarianto, Rajindra Rajindra, Jamaluddin Ahmad, Kuliawati Kuliawati, and Rahmawati Rahmawati. 2024. “Acculturation of Religious Values in Early Childhood: Central Sulawesi Educational Institutions.” South African Journal of Childhood Education 14(1): 1530.

Pratiwi, Nurdiana, Rajindra Rajindra, and Rasmi Nur Anggraeni. 2021. “Analysis of Regional Management Information Systems in the Financial Administration System at the Regional Financial and Asset Management Agency of Donggala Regency.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) 3(4): 287–93.

Rajindra, Rajindra. 2021. “The Effect of Price Earning Ratio on Market Performance in Banking Companies on the Indonesia Stock Exchange.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) 3(1): 1–10.

Rajindra, Rajindra. 2024. “Unleashing Synergies: Interplay between Human Resource Management, Strategic Marketing, and Corporate Financial Performance.” Atestasi: Jurnal Ilmiah Akuntansi 7(1): 210–47.

Rajindra, Rajindra, Guasmin Guasmin, and Burhanuddin Burhanuddin. 2020. “Financial Performance Analysis of Shares Returns in Cosmetics and Household Purposes Companies (Studies on Companies Listed on the Indonesian Stock Exchange).” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) 2(4): 196–204.

Rajindra, Rajindra, and Haris Abdul Kadir. 2019. “Analisis Jejaring Sosial Sebagai Media Untuk Minat Berwirausaha Bagi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palu.” Jurnal Sinar Manajemen 6(2): 135–40.

Rajindra, Rajindra, Andi Mattulada, Guasmin Guasmin, Rasmi Nur Anggraeni, and Sri Haryani. 2018. “Kinerja Keuangan (UMKM) Melalui Kebijakan Pendanaan Dan Modal Kerja Di Kabupaten Donggala.” Jurnal Sinar Manajemen 5(2): 126–34.

Sinta, Dewi, Rajindra Rajindra, and Guasmin Guasmin. 2021. “Analysis of the Operational Cost Budget as a Tool for Planning and Controlling Operational Costs at the Regional Water Company of Donggala Regency.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) 3(4): 282–86.

Published
2025-10-16
Section
Article