Pengaruh Kualitas Produk dan Getok Tular Terhadap Minat Beli Ulang Lipstik Merek Purbasari pada Masyarakat Kota Palu

The Influence of Product Quality and Getok Tular on the Interest in Repurchasing Purbasari Brand Lipstick Among the People of Palu City

  • Marwana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Kualitas Produk, Getok Tular dan Minat Beli Ulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan getok tular terhadap minat beli ulang lipstik merek Purbasari pada masyarakat Kota Palu. Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh secara simultan dan parsial yang signifikan variabel kualitas produk dan getok tular terhadap minat beli ulang. Teknik penarikan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan bentuk purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 66 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk dan getok tular secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang lipstik merek Purbasari, dilihat dari nilai sig.F lebih kecil dari ? (0.000 < 0.05). Kemudian kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang lipstik merek Purbasari, dilihat dari nilai sig.t lebih kecil dari ? (0.013 < 0.05). Getok tular secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang lipstik merek Purbasari, dilihat dari nilai sig.t lebih kecil dari ? (0.000 < 0.05).

References

Anjani, P. M., & Hidayat, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Lipstik Sari Ayu Di Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.
Erdalina, W., & Evanita, S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Merek Citra Hand And Body Lotion Di Pariaman. Jurnal Riset Manajemen Bisnis Dan Publik, 3(1).
Fradyla, N. R. (2016). Dampak Gaya Hidup Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Lipstick Revlon Di Lingkungan Fakultas Bisnis Manajemen Universitas Widyatama Bandung [Thesis]. Universitas Widyatama.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12 ed, jilid 1). Jakarta, Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15 ed). New Jersey, Pearson education.
Mulyani. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Lipstik Merek Wardah Pada Mahasiswi Universitas Tadulako. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, 1 No 3.
Nurfitriana, S., & Iriani, F. (2018). Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Dan Pengaruhnya Pada Minat Beli Ulang Produk Kecantikan Wardah. Sebatik, 22(2), 56–63.
Pamenang, W., & Soesanto, H. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan Dan Words Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Kasus Pada Produk Kerupuk Ikan Lele UKM Minasari Cikaria Pati, Jawa Tengah). 10.
Soelarno, D. (2015, Juni). PEMASARAN “ GETOK TULAR “ Word of mouth (WOM).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Alfabeta,CV.
Sulistyo, A. (2018, Desember 10). Industri Kosmetik Diproyeksi Naik 7%-9% pada 2019. Bisnis.Com.
Suryani, & Hendryadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif, Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam.
Susanti, A., Warso, M. M., & Haryono, A. T. (2016). Pengaruh Layanan, Reputation, Preference Dan Word Of Mouth Terhadap Repuchase Intention (Studi Kasus Pada PT. Ntronik Lintas Nusantara, Semarang). Journal of Management, 2(2).
Tjiptono, F. (2004). Manajemen Jasa. Yogyakarta, Andi.
Walker, H. (2001). The Measurement of Word of Mouth Communication and an Investigation of Service Quality and Customer Commitment as Potential Antecedents. Journal of Service Research.
Published
2024-08-19
Section
Artikel Penelitian