Analisis Infrastruktur Teknologi Informasi sebagai Penunjang Layanan Keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang
Analysis of Information Technology Infrastructure as a Support for Immigration Services at the Class I TPI Palembang Immigration Office
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis infrastruktur teknologi informasi (TI) yang diterapkan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang sebagai penunjang layanan keimigrasian. Infrastruktur TI yang digunakan mencakup perangkat keras, perangkat lunak, serta sistem jaringan yang mendukung layanan administrasi keimigrasian seperti pengurusan paspor dan pengawasan terhadap orang asing. Dalam penelitian ini juga dibahas tantangan keamanan sistem informasi, seperti kebocoran data pribadi, manipulasi data, dan serangan siber yang dapat mempengaruhi kualitas layanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknologi informasi telah meningkatkan efisiensi layanan keimigrasian, namun penguatan aspek keamanan sistem sangat diperlukan untuk memastikan kelancaran operasional dan perlindungan data pribadi masyarakat.
References
admin,+JURNAL+FARISA+RAMADHANI. (n.d.).
Atteng, B. D. G., Waworundeng, W., & Kumayas, N. (2022). Efektivitas Pelayanan Sistem Informasi E-Passport Di Kantor Imigrasi Kelas I Manado. Jurnal Governance, 2(2), 1–23.
Bambang Suprianto. (2023). Literature Review: Penerapan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 8(2), 123–128. https://doi.org/10.36982/jpg.v8i2.3015
ELA RIANA FARAMITA, TRI MARDALENA, N. D. A. (2021). EFEKTIVITAS PELAYANAN PEMBUATAN PASPOR DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEIMIGRASIAN (SIMKIM) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI KANTOR IMIGRASI KELAS II TANJUNG BALAI KARIMUN. 5(1), 21–26.
Fajri, M. F. N., Widhiningsih, V., & Jannah, R. N. (2023). Implementasi aplikasi m-paspor dalam kemudahan pelayanan permohonan paspor dikantor imigrasi kelas i tpi tanjung perak. Journal of Administration and Internal Development, 3(2), 49–81.
Kantor, P. (2024). Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (Tpi) Soekarno-Hatta Dalam Rangka Pengawasan Orang Asing Di Indonesia Nurafifa. 1(4), 1579–1589. https://doi.org/10.25105/kgvc2604
Moh. Elang Virgiawan, & Yuniar Istiyani. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Pemalang, Jawa Tengah. Jembatan Hukum?: Kajian Ilmu Hukum, Sosial Dan Administrasi Negara, 1(3), 281–297. https://doi.org/10.62383/jembatan.v1i3.560
Nurwahidah H. Taher, Srilian Laxmiwaty Dai, M. M. (2024). Penggunaan M-Paspor Dalam Pelayanan Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ternate. 2(2), 175–190.
Prakoso, L. Y. (2022). Transformasi Pelayanan Publik Berbasis Digital. Seminar Nasional Universitas Negeri Gorontalo, 1(Universitas Negeri Gorontalo), DOI-10.
Rifqi Al-Halim, A., Sri Astuti, V., & Candradewi Puspitarini, R. (2025). EVALUASI KINERJA PELAYANAN PUBLIK DALAM PROSES PEMBUATAN PASPOR DI UNIT KANTOR KEIMIGRASIAN (UKK) KOTA PROBOLINGGO (Vol. 7, Issue 1).
Selvi, D. (2024). Katera?: Jurnal Sains dan Teknologi Strategi Pengembangan Infrastruktur Teknologi Informasi di PT Samudra Menyelaraskan Kapasitas Layanan dengan Kebutuhan PerencanaanDwi elvi.
Simatupang, N., & Nurbaiti. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Dalam Pembuatan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sibolga. Economics and Digital Business Review, 4(2), 326–332.
Suriata, I. N. (2020). Pengaduan Sengketa dalam Pelayanan Publik dan Penyelesaiannya di Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Bali. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, 5(1), 43–56.
Vidyawati, S., & Rochmiatun, S. (2021). PERAN KANTOR IMIGRASI PALEMBANG DALAM MENCEGAH MASUKNYA TENAGA KERJA ASING ILEGAL DITINJAU DARI HUKUM PIDANA ISLAM (Vol. 5, Issue 1).
Waruwu, H. dan B. M. (2016). Efektivitas Pelayanan Paspor Pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 1(1), 43–51.
Yuliana, R. (2021). BUKU AJAR INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI. www.penerbitwidina.com