Pengenalan Aspek Pasar pada SMA Brigjend Katamso Medan

Introduction to Market Aspects at Brigjend Katamso High School Medan

  • Sri Aprianti Tarigan Institut Bisnis Informasi Teknologi dan Bisnis, Universitas Pelita Harapan
  • Elyzabeth Wijaya Institut Bisnis Informasi Teknologi dan Bisnis, Universitas Pelita Harapan
  • Susanto Institut Bisnis Informasi Teknologi dan Bisnis, Universitas Pelita Harapan
  • Agus Susanto Institut Bisnis Informasi Teknologi dan Bisnis, Universitas Pelita Harapan
  • Eddy Institut Bisnis Informasi Teknologi dan Bisnis, Universitas Pelita Harapan
Keywords: Kewirausahaan, Pasar, Siswa

Abstract

Saat ini di dunia yang terus berubah, ada banyak opsi yang dapat dilakukan oleh siswa Sekolah Menengah Atas untuk mengisi waktu luang mereka di luar proses pendidikan. Salah satu hal positif adalah menjadi anggota OSIS. Selama menjadi anggota OSIS, maka siswa mempunyai beberapa program kerja yang harus dijalankan sesuai dengan yang program yang telah disusun. Salah satu program yang mempunyai daya Tarik besar dari internal maupun eksternal adalah program pentas seni. Walaupun demikian, untuk menjalankan kegiatan tersebut banyak pihak yang tidak menyadari pentingnya aspek pasar untuk membuat kegiatan tersebut dapat menarik perhatian bagi peserta maupun pihak sponsor yang dapat mendukung kegiatan tersebut. Pengetahuan dasar mengenai aspek pasar dapat membantu untuk menentukan sasaran pasar yang tepat sehingga dapat memberikan kesuksesan pada sakegiatan tersebut. Selain itu tingkat kewirausahaan, performa dan motivasi dari siswa tersebut dapat lebih baik dalam membuat proposal bisnis sehingga merasakan seperti dunia usaha. Untuk itulah tim Pengabdian kepada Masyarakat yang berasal dari Institut Bisnis Informasi Teknologi dan Bisnis terinspirasi untuk mengadakan pengenalan aspek pasar bagi siswa SMA Brigjend Katamso Medan dalam menjalankan kegiatan program OSIS. Adapun sasaran dari program ini adalah siswa SMA Brigjend Katamso Medan khususnya anggota OSIS . Dengan pelaksanaan program ini diharapkan sebagian dari peserta termotivasi untuk lebih berprestasi dan berkarya secara maksimal kepada pihak internal maupun eksternal sekolah dengan sentuhan

References

Ayuni, A. N. (2015). Kematangan Karir Siswa Kelas XI Ditinjau dari Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Keadaan Ekonomi Keluarga di SMA Negeri 1 Pakem Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling.
Cannon, J. P., Jr., W. D. P., & McCarthy, E. J. (2008). Pemasaran Dasar. Pendekatan Manajerial Global. Buku 1. Edisi 16. Jakarta : Salemba Empat.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga
Published
2024-12-28
Section
Artikel Pengabdian