Makan Olahan Ikan Sebagai Upaya Peningkatan Gizi Anak

Eating Processed Fish as an Effort to Improve Children's Nutrition

  • Eddy Universitas Pelita Harapan
  • Erina Alimin Universitas Pelita Harapan
  • Ali Syah Putra Universitas Pelita Harapan
  • Benny Lim Universitas Pelita Harapan
  • Bestadrian Prawiro Theng Institut Bisnis Informasi Teknologi dan Bisnis, Informasi Teknologi dan Bisnis
Keywords: Anak Sekolah, Gizi Kecerdasan, Konsumsi Ikan

Abstract

Upaya kesehatan pada anak dapat dilakukan melalui perbaikan gizi terutama di usia sekolah dasar. Gizi yang baik akan menghasilkan SDM yang berkualitas. Salah satu zat gizi penting bagi tumbuh kembang anak sekolah adalah protein yang berasal dari ikan. Kegiatan pengabdian ini menyampaikan pesan pentingnya konsumsi ikan, melibatkan peran guru kelas dalam mentransformasikan manfaat konsumsi ikan kepada siswa/i secara berkesinambungan, menggali faktor-faktor yang mempengaruhi anak dalam konsumsi ikan. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan  pengetahuan  sasaran  dan  diketahui  faktor  yang  mempengaruhi  sasaran  dalam mengkonsumsi  ikan. Hasil  kegiatan ini  menyimpulkan  bahwa terjadi  peningkatan  pengetahuan kelompok  sasaran tentang  pentingnya konsumsi  ikan,  tetapi  belum  dapat  dipastikan penerapan dalam  praktik  sehari-hari.  Sehingga  perlu  dilakukan  pemantauan  dalam  implementasinya. Pengetahuan dan motivasi bukanlah faktor utama anak mau konsumsi ikan, ketersediaan pangan berbahan ikan di rumah dan pengolahan yang dapat meningkatkan minat anak untuk konsumsi ikan merupakan faktor utama yang perlu diperhatikan.   

References

Depkes RI. 2005. Pedoman Perbaikan Gizi Anak Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah.Direktorat Jendral Bina Kesehatan Masyarakat, Jakarta.
Khomsan A. 2010. Pangan dan Gizi Untuk Kesehatan. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Putri AM, Jumirah, Siagian A. 2015. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pola Konsumsi Ikan Siswa Sekolah Dasar Negeri 060919 Di Kecamatan Medan Sunggal.Skripsi. Medan:Univ. Sumatera Utara.
Restuastuti T, Handayani, Ernalia Y. 2012. Penilaian Status Gizi Anak usia Sekolah Dasar dan Pelatihan Pangan Jajanan Sehat Anak Sekolah Dasar di Pekanbaru. [Laporan Pengabdian
Masyarakat]. Pekanbaru: Universitas Riau.
Riyandini MC, Sudaryati E, Siagian A. 2014. Hubungan Konsumsi Ikan Dengan Prestasi Belajar Anak Di Sekolah Dasar Swasta Brigjend Katamso II Kecamatan Medan Marelan Kota Medan. Skripsi. Medan:Univ. Sumatera Utara.
Published
2023-07-27
Section
Artikel Pengabdian