MENGGUNAKAN TASK-BASED TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII DI MTS. AL-ISTIQOMAH LASOANI

  • Nisfa Tey Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Nadrun Nadrun Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Andi Naniwarsih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestisgasi apakah pengaplikasian dari metode Task-Based-Teaching meningkatkan keterampilan berbicara  siswa kelas VIII di MTs. Al-Istiqomah Lasoani atau tidak. Penelitian ini menggunakan eksperimental semu desain penelitian. Populasi ini adalah siswa kelas VIII MTs. Al-Istiqomah Lasoani yang terdiri dari 3 kelas. Jumlah total siswa adalah 61. Sampel ini adalah  VIII B (20) sebagai  grup kontrol dan VIII C (20) sebagai  grup experimental. Data telah dikumpulkan melalui  tes (sebelum-test dan setelah-test). Hasil dari penelitian ini mengindikasi bahwa nilai t-counted adalah 3.01. Peneliti menemukan bahwa nilai t-table adalah 0.320 melalui penerapan dari  nilai signifikan 5% dan derajat kebebasan 38 (df=40-2). Nilai t-counted adalah lebih tinggi dari nilai t-table. Ini dimaksudkan bahwa hipotesis alternatif (ha) adalah diterima. Ini dapat disimpulkan bahwa metode task-based-teaching dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Kata Kunci: Kelanncaran, ketepatan, and Dimengerti

References

Masdul MR. Komunikasi pembelajaran. IQRA J Ilmu Kependidikan Dan Keislam. 2018;13(2):1–9.

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan