MENGGUNAKAN TASK-BASED TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII DI MTS. AL-ISTIQOMAH LASOANI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestisgasi apakah pengaplikasian dari metode Task-Based-Teaching meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VIII di MTs. Al-Istiqomah Lasoani atau tidak. Penelitian ini menggunakan eksperimental semu desain penelitian. Populasi ini adalah siswa kelas VIII MTs. Al-Istiqomah Lasoani yang terdiri dari 3 kelas. Jumlah total siswa adalah 61. Sampel ini adalah VIII B (20) sebagai grup kontrol dan VIII C (20) sebagai grup experimental. Data telah dikumpulkan melalui tes (sebelum-test dan setelah-test). Hasil dari penelitian ini mengindikasi bahwa nilai t-counted adalah 3.01. Peneliti menemukan bahwa nilai t-table adalah 0.320 melalui penerapan dari nilai signifikan 5% dan derajat kebebasan 38 (df=40-2). Nilai t-counted adalah lebih tinggi dari nilai t-table. Ini dimaksudkan bahwa hipotesis alternatif (ha) adalah diterima. Ini dapat disimpulkan bahwa metode task-based-teaching dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Kata Kunci: Kelanncaran, ketepatan, and Dimengerti
References
Masdul MR. Komunikasi pembelajaran. IQRA J Ilmu Kependidikan Dan Keislam. 2018;13(2):1–9.