MENGGUNAKAN PETUNJUK KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS TUJUH MTS NEGERI 1 PALU

  • Dwijayani Dwijayani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Nadrun Nadrun Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Budi Budi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Para siswa MTs. negeri 1 palu memiliki masalah dalam kosakata penguasaan yaitu; mereka mengalami kesulitan dalam memperkaya kosa kata dan juga menghafalkan perkataan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah menggunakan teknik petunjuk kontekstual efektif untuk meningkatkan penguasaan Kosakata siswa kelas tujuh dari MTs. negeri 1 palu. Ini adalah desain penelitian kuasi eksperimental. Sampel adalah 28 untuk Grade VII B dan 26 untuk Grade VII C dipilih secara sengaja. Datanya dikumpulkan melalui tes (pre-Test dan post-test). Pra-tes dilakukan untuk mengetahui pengetahuan siswa sebelumnya sebelum pengobatan, sementara pasca-tes dilakukan untuk mengukur pemahaman mereka setelah pengobatan. Data ini dianalisis secara statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan t-dihitung adalah 3,171 dan t-meja adalah 2,013 dengan menerapkan 0,05 tingkat signifikansi dan 52 derajat kebebasan. Nilai t-dihitung lebih tinggi dari nilai t-Table. Ini berarti hipotesis penelitian diterima. Dengan kata lain, menggunakan petunjuk kontekstual secara efektif dapat meningkatkan siswa dari Kosakata penguasaan.

 

Kata kunci: menggunakan. Teknik petunjuk kontekstual. Kosakata penguasaan.

 

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan