MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS TUJUH DI MTS AL-ISTIQOMAH LASOANI MELALUI STRATEGI COLLOCATION

  • Irmawati Palapat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Nadrun Nadrun Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Andi Naniwarsih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Peneliti menggunakan penelitian eksperimen semu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi efektivitas penggunaan strategi kolokasi untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa kelas tujuh Mts. Al-Istiqomah Lasoani. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes (Pra-tes dan pasca-tes). Pra-tes dilakukan untuk mengetahui pengetahuan siswa sebelumnya sebelum perawatan, sementara post-test dilakukan untuk mengukur pemahaman mereka setelah perawatan. Data-data ini dianalisis secara statistik. Sampel diambil dari siswa kelas tujuh MTs. Al-Istiqomah Lasoani. Mereka dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Temuan penelitian menunjukkan bahwa t-hitung adalah 2,520 lebih tinggi dari nilai t-tabel 2,021. Tingkat signifikansi adalah 0,05 dan tingkat kebebasan adalah 40. Ini berarti hipotesis penelitian diterima. Dengan kata lain, menggunakan strategi Kolokasi dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Skor post-test lebih besar daripada pre-test. Hasil dari kelompok eksperimen menunjukkan bahwa skor pre-test adalah 44,57 dan skor post-test adalah 75,43. Sementara itu, hasil dari kelompok kontrol menunjukkan bahwa skor pre-test adalah 57,52 dan skor post-test adalah 69,52. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test. Ini menunjukkan bahwa strategi kolokasi efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa kelas tujuh MTs. Al-Istiqomah Lasoani.

 

Kata kunci: Peningkatan, Penguasaan Kosakata, Strategi Kolokasi.

 

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan