FUNGSI PANITIA PEMILIHAN KECAMATAN MENURUT PASAL 42 UNDANG-UNDANG NOMOR 15 TAHUN 2011 PADA PEMILU PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TAHUN 2014

  • Hasbar Hasbar Bagian Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muh. Akbar Bagian Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Asnawi Salman Bagian Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk Untuk mengetahui peranan PPK dalam meningkatan partisipasi masyarakat memilih pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 di kecamatan Bolano dan ntuk mengetahui faktor yang menyebabkan rendahnya tingkat partisipasi masyarakat memilih pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 di kecamatan Bolano. Metode penelitia ini yaitu menggunakan metode penelitian Normatif. Adapun hasil penelitian ini adalah Dalam hal meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada tahun 2014, PPK memiliki peran penting sebagai ujung tombak untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan karena PPK bersentuhan langsung dengan masyarakat, dalam praktiknya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, PPK memiliki peran yaitu meningkatkan akurasi pemutakhiran data pemilih presiden dan wakil presiden serta melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat di kecamatan Bolano Kabupaten Parigi Moutong dan Ketika pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2014 masih banyak masyarakat yang tidak menggunakan hak suaranya hal ini dikarenakan beberapa yaitu rendahnya tingkat kesadaran masyarakat tentang pemilu, kurangnya anggaran, kurangnya edukasi politik kepada masyarakat, fanatisme terhadap vigur calon presiden serta jauhnya jarak Tempat pemungutan suara (TPS).

Author Biographies

Hasbar Hasbar, Bagian Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Palu
Mahasiswa
Muh. Akbar, Bagian Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen
Asnawi Salman, Bagian Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen

References

Djiwandono Soedjati, J dan T.A Legowa. 1986. Revitalisasi Sistem Politik Indonesia. CSIS : Jakarta. 1986.

Kusnardi, Moh., dan Ibrahim, Harmaly. 2005. Pengantar Hukum Tata Negara, Jakarta: PS HTN UI dan Sinar Bakti, cetatakan kelima.

Mariana, Dede. 2009. Dinamika Demokrasi dan Perpolitikan Lokal di Indonesia. Asosiasi Ilmu Politik Indonesia : Bandung.

Mufti, Muslim., dan Naafisah, Didah Durrotun. 2013. Teori-Teori Demokrasi. CV Pustaka Setia : Bandung.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilihan

Published
2018-10-15
Section
Fakultas Hukum