HUBUNGAN PERILAKU MEROKOK DAN POLA KONSUMSI KOPI DENGAN TERJADINYA HIPERTENSI DI PUSKESMAS MOMUNU KABUPATEN BUOL

  • Srirawinda Srirawinda Bagian Epidemiologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Firdaus J. Kunoli Bagian Epidemiologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Eka Prasetia Hati Baculu Bagian Gizi Kesmas, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Hipertensi merupakan suatu kondisi ketika tekanan darah seseorang melibihi 140 mmHg pada sistolik dan 90 mmHg pada diastolick. Hipertensi atau tekanan darah tinngi terjadi di beberapa negara maju. Ada beberapa hal yang dapat memicu penyakit hipertensi adalah ketegangan, kekhawatiran, status sosial, kebisingan, gangguan dan kegelisahan. Pengendalian pengaruh dan emosi negatif tersebut tergantung juga pada kepriadian masing-masing individu. Hipertensi dapat dipengaruhi oleh gaya hidup (merokok, minum kopi, minum alkohol, dan kebiasaan olahraga), dan kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahuibhubungan perilaku merokok dan pola konsumsi kopi dengan terjaddinya hipertensi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey analitik dengan metode Cross Sectional Study. Dengan jumlah 43 sampel dengan menggunakan tekhnik Accedintal sampling dan menggunakan uji statistik yaitu Chi-square (X²) Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan perilaku merokok dengan terjadinya hipertensi dengan nilai Ï 0.012< 0.05, dan ada hubungan pola konsusmsi kopi dengan terjadinya hipertensi dengan nilai Ï 0.000<0.05 Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan perilaku merokok dengan terjadinya hipertensi dan ada hubungan pola konsumsi kopi dengan terjadinya hipertensi dan saran dalam penelitian ini adalah bagi petugas puskesmas momunu disarankan untuk mengetahui faktor resiko terjadinya hipertensi dan pelayanan kesehatan yang lebih baik diharapkan dapat menangani pencegahan hipertensi.

Author Biographies

Srirawinda Srirawinda, Bagian Epidemiologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Mahasiswa
Firdaus J. Kunoli, Bagian Epidemiologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen
Eka Prasetia Hati Baculu, Bagian Gizi Kesmas, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen

References

Dian. 2017. Laporan Kasus Penyakit Hipertensi Puskesmas Momunu Tahun 2017. Buol.

Djoko Santoso. 2010. Membonsai Hipertensi. Jaring Pena. Surabaya.

Edi Junaedi. 2013. Hipertensi Kandas Berkat Herbal. Fmedia (Imprint Agromedia Pustaka), Jakarta.

Mannan, Hasrin., Wahidin., Rismayanti. 2012. Faktor Resiko Kejadian Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Bangkala Kabupaten Jeneponto. Jurnal MKMI Hasrin.

Rini, A. dkk. 2013. Faktor Resiko Aktivitas Fisik, Merokok, dan Komsumsi Alkohol Terhadap Kejadian Hipertensi pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Pattinggaloang Kota Makassar. Skripsi Sarjana Bagian Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanudin.

Rini Nuraisa. 2012. Hubungan Gaya Hidup dan Kepribadian dengan KejadianHipertensi di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Majalengka. Skripsi Pada Program S-1 keperawatan STIKES YPIBMajalenka.

Susilo, Yekti. 2011. Cara Jitu Mengatasi Hipertensi. C.V Andi Offset. Yogyakarta.

Syukraini I. 2009. Analisis Faktor Risiko Hipertensi pada Masyarakat Nagari Bungo Tanjung Sumatera Barat. Skripsi Sarjana Farmasi pada Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara, Jurnal Syukraini Irza.

Published
2018-10-15
Section
Fakultas Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)