FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI DI PUSKESMAS BIROBULI KOTA PALU

  • Grevi Mila Kamelia Manopo Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Firdaus J. Kunoli Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Eka Prasetia Hati Baculu Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Hipertensi merupakan keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di dalam arteri. Penyakit ini sering disebut  dengan pembunuh diam-diam (silent killer), karena penderita hipertensi tidak mengetahui dirinya mengidap hipertensi sebelum memeriksakan tekanan darahnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian hipertensi di Puskesmas Birobuli Kota Palu.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan crosssectional study yang dalam pelaksanaannya baik variabel bebas (independent) naupun variabel terikat (dependent) dilakukan secara bersamaan dalam waktu yang sama. Sampel dalam penelitian ini dihitung berdasarkan rumus Lameshhow estimasi proporsi populasi tidak diketahui dan mendapatkan hasil 96 sampel.Berdasarkan hasil uji chi-square yang dilakukan menunjukkan bahwa pengetahuan tidak memiliki hubungan dengan kejadian hipertensi dengan nilai p value = 0,179 begitupun dengan sikap tidak memiliki hubungan dengan kejadian hipertensi dengan nilai p value = 0,645 dan untuk pola makan menunjukan bahwa ada hubungan dengan kejadian hipertensi  dengan nilai p value = 0,001.Diharapkan bagi pihak Puskesmas Birobuli agar rutin melaksanakan penyuluhan kepada masyarakat khususnya penderita hipertensi tentang pengaruh gaya hidup dalam hal ini pola makan yang tidak sehat yang berefek pada peningkatan tekanan darah.

 

Kata Kunci: Pengetahuan, Sikap, Pola Makan, Hipertensi

References

Yashinta, O. G. 2015. Hubungan Merokok dengan Kejadian Hipertensi pada Laki-Laki Usia 35-65 Tahun di Kota Padang. Jurnal Kesehatan Andalas

Kemenkes 2018. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta.3

Reny Arniwaty Lamadjido. 2017. Profil Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Tengah (tidak dipublikasikan),Dinkes Propinsi Sulawesi Tengah.

Situmorang, P. R. 2015. Faktor – Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Hipertensi pada Penderita Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Sari Mutiara Medan. Jurnal ilmiah keperawatan imelda.

Wahyuni , Tri Susilowati. 2018. Pola Makan dan Jenis Kelamin dan Hubungan Pengetahuan terhadap Kejadian Hipertensi di Kelurahan sambung macan Sragen. Gaster vol. Xvi no. 1

Agustin Teti, S. M. 2015. Pengetahuan dan Dukungan Keluarga mengenai Perawatan Hipertensi pada Lansia di wilayah kerja Puskesmas Sambongpari Kota Tasikmalaya. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada Volume 13 Nomor 1 .

Purwono, J. 2015. Hubungan Sikap Dan Persepsi Manfaat Dengan Komitmen Pencegahan Tersier Penyakit Hipertensi Pada Masyarakat Di Wilayah Kerja Puskesmas Se-Kota Metro. Jurnal Kesehatan Metro Sai Wawai Volume VIII No 2 , ISSN: 19779-469X .

Abraham Royke 2018. Profil Dinas Kesehatan Kota Palu (tidak dipublikasikan), Dinkes Kota Palu Sulawesi Tengah. Palu.

Beata Jankowska-Polańska, I. U. 2016. Relationship between patients’ knowledge and medication adherence among patients with hypertension. J Patient Prefer Adherence.

Oklivia Libri, R. A. 2015. Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Konsumsi Natrium Terhadap Tekanan Darah Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Cempaka. Jurkessia, Vol. VI, No. 1

Arsenius Agung Angkawijaya, J. M. 2016. Hubungan Tingkat Pengetahuan Masyarakat dengan Tindakan Pencegahan Hipertensi Di Desa Motoboi Kecil Kecamatan Kotamobagu Selatan. Jurnal Kedokteran Komunitas dan Tropik : Volume IV Nomor 1 .

Sayed Fazel Zinat Motlagh, R. C. 2015. Knowledge, Treatment, Control, and Risk Factors for Hypertension among Adults in Southern Iran. International Journal of Hypertension

Luckwirun Chotisiri, K. Y. 2016. Exploring knowledge, attitudes, and practices toward older adults with hypertension in primary care. J Multidiscip Healthc.13. Masyudi. 2018. Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Lansia Dalam Mengendalikan Hipertensi. Jurnal AcTion : Aceh Nutrition Journal .

Dan E.Wilson, T. V. 2014. Lifestyle Factors in Hypertension Drug Research Systematic Analysis of Articles in a Leading Cochrane Report. International Journal of Hypertension

Masi, R. W. 2016. Hubungan Pola Makan Dan Stres Dengan Kejadian Hipertensi Grade 1 Dan 2 Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Kamonji Kecamatan Palu Barat. E-Journal Keperawatan (ekp) Volume 4 Nomor 1

Manqiong Yuan, W. C. ( 2016). Occupational Disparities in the Association between Self-Reported Salt-Eating Habit and Hypertension in Older Adults in Xiamen, China. Int. J. Environ. Res. Public Health.

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Kesehatan Masyarakat