FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUNJUNGAN POSYANDU DI DESA BAMBASIANG KECAMATAN PALASA KABUPATEN PARIGI MOUTONG

  • Yelkiana Yelkiana Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah palu
  • Firdaus J. Kunoli Bagian Epidemiologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Herlina Yusuf Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah palu

Abstract

Rendahnya angka pemanfaatan posyandu oleh masyarakat dipengaruhi oleh perilaku orang tua balita dalam memanfaatkan pelayanan posyandu. Berdasarkan teori dasar dari Lawrence Green menjelaskan bahwa perilaku kesehatan seseorang dipengaruhi oleh tiga faktor yakni : faktor predisposisi (umur, pekerjaan, pendidikan, pengetahuan dan sikap), faktor pemungkin (jarak ke fasilitas kesehatan), faktor penguat (dukungan keluarga dan tokoh masyarakat). Penelitian ini bertujuan untuk diketahuinya faktor-faktor yang berhubungan dengan kunjungan posyandu di desa Bambasiang Kecamatan Palasa Kabupaten Parigi Moutong Penelitian ini merupakan Survey Analitik dengan desain Cross Sectional. Dengan jumlah 57 sampel dengan teknik Purpisve Sampling dengan menggunakan uji analisis Chisquare. Hasil penelitian of Chi-square menunjukan bahwa tidak ada hubungan pelayanan kader dengan kunjungan posyandu dengan nilaiÏ 0.662> 0.05, tidak ada hubungan sikap ibu dengan kunjungan posyandu denganÏ 0.832> 0.05 dan tidak ada hubungan jarak dengan terjadinya kunjungan posyandu dengan nilai Ï 0.081> 0.05. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tidak ada hubungan pelayanan kader dengan kunjungan posyandu, tidak ada hubungan sikap ibu dengan kunjungan posyandu dan tidak ada hubungan jarak dengan terjadinya kunjungan posyandu. Saran dalam penelitian ini adalah kerjasama lintas sektoral melibatkan masyarakat dan pemerintah perlu ditingkatkan, upaya pengembangan kemandirian masyarakat harus dilakukan secara berkelanjutan

Author Biographies

Yelkiana Yelkiana, Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah palu
Mahasiswa
Firdaus J. Kunoli, Bagian Epidemiologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen
Herlina Yusuf, Bagian AKK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah palu
Dosen

References

Kemenkes RI. 2014. Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Indonesia 2013. Badan Litbangkes Kemenkes RI, Jakarta.

Khotimah, Nyimas Nur. 2009. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kunjungan Balita ke Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Kertapati Palembang. Ilmiah Volume 1 No. 3 Politeknik Kesehatan Palembang

Indah Kusumawati, 2014, Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Minat Ibu Terhadap Kunjungan Ke Posyandu Di Kelurahan Kembangarum Kota Semarang, Program studi diploma iv kebidanan Stikes Ngudi Waluyo Ungaran. Ita, Puspitasari, 2015, Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Partisipasi Ibu Balita Ke Posyandu Kencursari I Di Dukuh Tegaltandan Desa Banguntapan Kabupaten Bantul, Naskah Publikasi Program Studi Bidan Pendidik Jenjang D IV, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyyah Jogyakarta.

Notoatmodjo, 2014, Ilmu Perilaku Kesehatan, Edisi Revisi, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

UNICEF. 2012. Early Childhood – Parenting Programs. Tersedia dalam http: //www.unicef.org/earlychildhood/index_40754.html.

Published
2015-10-15
Section
Fakultas Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>