ANALISIS SISTEM PENGELOLAAN OBAT DI PUSKESMAS KAMONJI KECAMATAN PALU BARAT

  • Muthahara Muthahara Bagian AKK, Fakultas kesehatan Masyarakat,Universitas Muhammadiyah Palu
  • Jamaluddin Sakung Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat,Universitas Muhammadiyah Palu
  • Mohammad Andri Bagian AKK, Fakultas kesehatan Masyarakat,Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Pengelolaan obat merupakan suatu hal yang sangat penting dalam proses pelayanan kesehatan khususnya di puskesmas. Ketersediaan obat setiap saat sangat berpengaruh terhadap pelayanan sehingga  harus didukung dengan SDM dan sarana prasarana yang memadai, dalam proses pengelolaan obat  harus sesuai dengan Kemenkes 74 tahun 2016 tentang standar kefarmasian di puskesmas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yaitu pengamatan wawancara mendalam (indepinterview) Dan dokumentasi. Jumlah informan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah 5 orang terdiri dari 1 informan kunci 2 orang informan biasa dan 2 orang informan tambahan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi (conten analisis) dengan tehnik matriks dimana informasi diolah dalam tabel antara lain: nomor, kode informan, emik, predisposisi, etik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seringnya terjadi kekosongan obat di Puskesmas Kamonji, dan kamar penyimpanan obat belum memadai karena tempatnya semptit, juga belum terdapat labet pada obat yang ada disimpan dalam dos dan kekurangan lemari penyimpanan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah system pengelolaan obat di Puskesmas Kamonji  sudah di lakukan sesuai dengan  Kemenkes RI no 74 tahun 2016 namun masih terdapat kendala, dalam proses pengelolaantya masih seringnya terjadi kekosongan obat dan kamar penyimpanan obat yang belum memadai serta masih membutuhkan sarana penunjang pelaksanaan pengelolaan obat.

Author Biographies

Muthahara Muthahara, Bagian AKK, Fakultas kesehatan Masyarakat,Universitas Muhammadiyah Palu
Mahasiswa
Jamaluddin Sakung, Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat,Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen
Mohammad Andri, Bagian AKK, Fakultas kesehatan Masyarakat,Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen

References

Arifudin, A., Sudirman, S., & Andri, M. 2017. Evaluasi Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia pada Penempatan Kerja Petugas di UPT Puskesmas Lembasada. PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 1-14.

Dinkes Palu. 2016. Laporan Pemakaian dan Lembar Permintaan Obat (LPLPO), Kota Palu

Hamidi, Patilama. 2010. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung. Alfabeta

Khoirurrizza, M., Mandagi, C. K., & Kolibu, F. K. 2017. Analisis Proses Penyimpanan Obat Di Puskesmas Teling Atas Kecamatan Wanea Kota Manado. Kesmas, 6(4).

Muthahara. 2017. Studi Pendahuluan Kefarmasian di Puskesmas Kamonji, Puskesmas Kamonji Palu Barat. (tidak dipublikasikan).

Published
2018-10-15
Section
Fakultas Kesehatan Masyarakat