MANAJEMEN PENGELOLAAN OBAT DI PUSKESMAS SNGURARA KELURAHAN DUYU KOTA PALU

  • Asi Asi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Jamaluddin Sakung Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Abdul Kadri Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

 Masalah yang  di puskesmas, manajemen pengelolaan obat belum berjalan dengan baik, ini dikarenakan pengelolaan obat dilihat dari pengadaan obat dari dinas kesehatan tidak sesuai dengan permintaan obat yang diminta dari puskesmas dan harus membeli obat menggunakan dana jkn untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan manajemen pengelolaan obat di puskesmas sangurara kelurahan duyu kota palu.  Jenis penelitian ini adalah penelitian ini deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 3 orang yang terdiri dari kepala puskesmas, penenggung jawab apotik dan staf apotik. Hasil penelitian program pengelolaan obat puskesmas sangurara kelurahan duyu kota palu yang di dapat dari input yaitu ditinjau  perencanaan pengelolaan obat sudah paik, permintaan penelolalaan belum baik, distribusi pengelolaan sudah baik, penyimpanan pengelolaan sudah baik,pencatatan/pelaporan pengelolaan sudah baik di puskesmas sangurara kelurahan duyu kota palu. Kesimpulan penelitian ini adalah pelaksanaan program pengelolaan obat di puskesmas sangurara kelurahan duyu kota palu sudah berjalan dengan baik tetapi ditinjau bagi pihak instansi puskesmas sangurara kelurahan duyu kota palu diharapkan perlu adanya kordinasi mengenai ketersediaan obat, pendistribusian obat dari dinas kesehatan ke puskesmas sangurara kelurahan duyu kota palu.

Kata Kunci: Manajemen Pengelolaan Obat, Perencanaan, Permintaan, Distribusi, Penyimpanan, Pencatatan/pelaporan.

References

Siregar, J.E., Kurisu, G., Kobayashi, T., Matsuzaki, M., Sakamoto, K., Mi-ichi, F., Watanabe, Y.-i., Hirai, M., Matsuoka, H., Syafruddin, D., 2015. Direct evidence for the atovaquone action on the Plasmodium cytochrome bc1 complex. Parasitology international 64, 295-300.(1)

Pulungan, L.S., 2018. Profil Peresepan Obat Racikan Dan Ketersediaan Formula Obat Untuk Pasien Pediatri Di Puskesmas Banguntapan Ii Dan Puskesmas Imogiri I Kabupaten Bantul Yogyakarta Tahun 2016. Universitas Sumatra Utara, Medan.(2)

Rosdiana, R., Widyastuti, Y., Listyaningsih, L., 2017. Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kota Serang. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang.(3)

Nasir, J.A., Satoto, K.I., Kridalukmana, R., 2014. Sistem informasi pengelolaan obat di instalasi farmasi dinas kesehatan Kabupaten Pekalongan. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer 2, 71-78.(4)

Depkes RI. 2014. Peraturan menteri kesehatan No.30 tahun 2014tentang standar pelayanan kefarmasian di puskesmas. Jakarta : Departemen Kesehatan Republik Indonesia.(5)

Hunawati,dkk. 2016. Sistem pengelolaan obat di puskesmas di kecamatan rambah samo kabupaten rokan hulu-riau.Skripsi(6)

Balqis, 2012. Analisis pengelolaan obat di puskesmas kampala kecamatan sinjai timur kabupaten sinjai tahun 2011. jurnal AKK,1(1):1-55(7)

Nurmiati, dkk. 2016. Studi tentang manajemen obat di puskesmas buranga kabupaten wakatobi Thahun 2016. Skripsi.(8)

Kemenkes RI. 2008. Pedoman teknis pengadaan obat publik dan perbekalan kesehatan untuk pelayanan kesehatan dasar. Jakarta(9)

Permenkes RI. 2016. peraturan pemerintah tahun 2016 tentang pelaporan kefarmasian.(10)

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Kesehatan Masyarakat