ANALISIS KANDUNGAN BAKTERI PADA DAGING SAPI DAN AYAM YANG DIJUAL DI PASAR SENTRAL DAYA KOTA MAKASSAR

  • Adelin Paerunan Bagian KL-KK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Jamaluddin Sakung Bagian Kimia, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Tadulako Palu
  • Hamidah Hamidah Bagian Biostat, Fakultas Kesehatan Masyarakat , Universitas Muhammadiyah

Abstract

Daging ayam dan daging sapi merupakan bahan pangan yang mudah tercemar oleh berbagai mikroorganisme dari lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan bakteri pada daging sapi dan daging ayam yang dijual di Pasar Sentral Daya Makassar. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian survei yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode perhitungan lempeng total untuk mengetahui jumlah bakteri/kuman dan metode perhitungan Most Probable Number (MPN) untuk mengetahui jumlah bakteri Coliform E.coli pada sampel daging ayam dan daging sapi yang dijual di Pasar Sentral Daya Makassar.Hasil penelitian ini menunjukkan jumlah bakteri/kuman pada daging ayam dan daging sapi yang dijual di Pasar Sentral Daya Makassar tidak memenuhi syarat (1 x 105/gr) yaitu jumlah bakteri daging ayam sebelum dibekukan 35,5 x 105/gr dan setelah dibekukan 9,5 x 105/gr serta jumlah bakteri pada daging sapi sebelum dibekukan 74,8 x 105/gr dan setelah dibekukan 10,25 x 105/gr. Jumlah bakteri Coliform E.coli pada daging ayam dan daging sapi juga tidak memenuhi syarat (10/kg) yaitu jumlah bakteri Coliform E.coli daging ayam sebelum dan sesudah dibekukan > 240 serta jumlah bakteri Coliform E.coli pada daging sapi sebelum dan sesudah dibekukan > 240. Dengan adanya penelitian ini diharapkan kepada pihak Dinas Kesehatan Kota Makassar agar meningkatkan sosialisasi melalui penyuluhan mengenai hygiene dan sanitasi tempat pengolahan serta tempat penjualan makanan khususnya daging sapi dan daging ayam.

Author Biographies

Adelin Paerunan, Bagian KL-KK, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Mahasiswa
Jamaluddin Sakung, Bagian Kimia, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Tadulako Palu
Dosen
Hamidah Hamidah, Bagian Biostat, Fakultas Kesehatan Masyarakat , Universitas Muhammadiyah
Dosen

References

Antara, S., I.B.W. Gunam. 2002. Dunia Mikroba (Bahaya Mikrobiologis pada Makanan). Pusat Kajian Keamanan Pangan Universitas Udayana, Denpasar.

[BPOM RI] Badan Pengawas Obat Dan Makanan Republik Indonesia. 2008. Pengujian Mikrobiologi Pangan. 9(2): 1-11.

Departemen Kesehatan RI. 1991. Petunjuk Pemeriksaan Mikrobiologi Makanan dan Minuman. Jakarta.

Jasmadi, Haryani Y., Jose C. 2014. Prevalensi Bakteri Coliform dan Escherechia coli Pada Daging Sapi yang Dijual Di Pasar Tradisional dan Pasar Modern Di Kota Pekanbaru.JOM FMIPA Volume 1 No. 2 Universitas Riau

Jay J.M, Loessner M.J, Golden D.A. 2005. Modern Food Microbiology Ed 9th. Springer Science and Business Media, LLC. USA

Kurniadi, 2012. Faktor kontaminasi bakteri Escherichia coli pada makanan jajanan dilingkungan kantin Sekolah Dasar wilayah kecamatan Bangkinang. Jurnal Lingkungan Vol. 7(1).

Lia Marliena, 2013. Tingkat prevalensi Escherichia coli dalam daging ayam beku yang dilalulintaskan melalui pelabuhan penyeberangan merak. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia. 14(3):211- 216.

Oyofo, B.A., D. S. Subekti, A. Svennerholm, N. N. Machpud, P. Tjaniadi, S. Komalarini, B. Setiawan, J. R. Campbell, A.L. Corwin, M. Lesmana. 2001.

Rahayu, 2014. Pengendalian Cemaran Mikroba pada Bahan Pangan Asal Ternak (Daging dan Susu) Mulai dari Peternakan Sampai Dihidangkan. Jurnal Litbang Pertanian. 28(3):96-100.

Sangadji Insun. 2013. Lama Penyimpanan Daging Sapi Terhadap ALT Bakteri. Jurnal Biology Science & Education

Setiowati, 2011. Tinjauan Bahan Pangan Asal Hewan yang ASUH berdasarkan Aspek Mikrobiologi di DKI Jakarta. Prosiding PPI Standardisasi 2009. Badan Standardisasi Nasional Indonesia. hlm 1-11. Jakarta.

Suardana, I.W dan I.B, Swacita . 2009. Higiene Makanan. Udayana University Press, Bali.

Suryanika, 2013. Status Mikrobiologis Daging Sapi di Pasar – Pasar Tradisional Kota Bandar Lampung dan Metro. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Lampung. Lampung.

Soeparno. 2011. Identifikasi Kontaminasi Bakteri Coliform pada Daging Sapi Segar yang Dijual di Pasar Sekitar Kota Bandar Lampung. Medical Journal of Lampung University. 43-50.

Syahruddin, 2014. Angka bakteriologi pada ayam asal swalayan di Kelurahan Ciami, Kabupaten Bogor. Jurnal Kesehatan 14(3):107-111.

Syukur 2013. Perkembangan Konsumsi Protein Hewani Di Indonesia: Analisis Hasil Survey Sosial Ekonomi Nasional 2011-2012. Jurnal Ilmu Ternak Juni 2013, Vol.6 No. I: 68-74.

Takasari Cicilia. 2013. Kualitas Mikrobiologi Daging sapi segar dengan penambahan bakteriosin dari lactobacillus sp. Galur scg 1223 yang di isolasi dari daging sapi. (PDF jurnal) hlm 1-9, diakses tgl 22 Maret 2012.

Taylor, H., K. Brown, J. Toivenne, J. Holah, 2002. A Microbiological Evaluation of Warm Air Hand Driers with Respect to Hand Hygiene and The Washroom Environment. J. Appl. Microbiol. 89: 910-919

Zulaekah, 2012. Gambaran Pengetahuan Penyaji Makanan (Food Handler) Pada Rumah-Rumah Makan di Jalan Dr. Mansur tentang Amebiasis. Skripsi. Fakultas kedokteran. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Published
2018-11-14
Section
Fakultas Kesehatan Masyarakat