Dimensi Kualitas Pelayanan Kesehatan Berbasis Manajemen Mutu di Puskesmas Kota Medan

Dimensions of Quality Health Services Based on Quality Management at the Medan City Health Center

  • Kholilul Kholik Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Mila Trisna Sari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Siti Hajar Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Agung Saputra Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Iin Juliani Saragih Bappeda Kota Medan
Keywords: Pelayanan Kesehatan, Tata Kelola Puskesmas, Manajemen Mutu

Abstract

Kesehatan sebagai kebutuhan dasar manusia dalam menjalankan aktivitasnya, maka sangat penting dapat didukung sarana dan prasana yang berkualitas. Hal ini terkait dengan fungsi Puskesmas sebagai salah satu sarana yang memberikan pelayanan secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan serta bertanggung jawab untuk menyelenggarakan upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat. Puskesmas sebagai pelayanan kesehatan tingkat pertama, maka dituntut untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas sehingga dapat memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat. Dengan demikian, Puskesmas harus didukung oleh tenaga kesehatan sebagai sumber daya manusia (SDM) yang andal dan diharapkan dapat menyelenggarakan pelayanan kesehatan berdasarkan prinsip-prinsip manajemen yaitu perencanaan, penggerakan, pelaksanaan, pengendalian, pengawasan dan penilaian untuk menghasilkan output yang efektif dan efisien pada semua kegiatan di Puskesmas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan yang mengarah pada manajemen mutu Puskesmas di Kota Medan, dan dalam penelitian ini menggunakan metode survey. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pelayanan kesehatan di Puskesmas Kota Medan sudah cukup bagus dan memadai, namun masih perlu adanya peningkatan kompetensi dan kemampuan pada SDM Puskesmas terkait tata kelola Puskesmas.

References

Azwar, A. (1996) Menuju Pelayanan Kesehatan Yang Lebih Bermutu. Jakarta: Yayasan Penerbitan Ikatan Dokter Indonesia.
Cahyono, J. B. S. B. (2008) Membangun Budaya Keselamatan Pasien dalam Praktik Kedokteran. Yogyakarta: Kanisius.
Ertanto. (2012). Hubungan antara Kualitas Pelayanan Tenaga Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Badan Rumah Sakit Umum DR. H Soewondo Kendal.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas DIponegoro
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas DIponegoro
Institute of Medicine (US) Committee on Quality of Health Care in America. (2001) Crossing the Quality Chasm: A New Health System for the 21st Century. Washington (DC): National Academies Press (US). Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK222274/.
Istianto, Bambang. (2012). Manajemen Pemerintahan Dalam Perspektif Pelayanan Publik, Mitra Wacana Media: Jakarta
Jati, Wasisto Rahardjo. (2011). Inovasi pelayanan Publik Setengah Hati: Studi Pelayanan Publik Samsat Kota Yogyakarta, Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JSP) Volume 15, Nomor 1, Juli 2011 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gajah Mada: Yogyakarta.
Kotler, Philip. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta. PT. Indeks kelompok Gramedia
Mahsun, Mohamad. (2006). Pengukuran Kinerja Sektor Publik: Cetakan Pertama. Yogyakarta: Penerbit BPFE
Muninjaya (2010) Manajemen Mutu pelayanan kesehatan Ed.2. Jakarta: EGC
Munhurran, Pratha Ramseook, et.al. (2010) Service Quality In the Public Service: International Journal of Management and Marketing Research (IJMMR) Volume 3 Number 1 2010 http://ssrn.com/abstract=1668833
Naima, et.al (2019) Comparison of the impact of different extraction methods on polyphenols yields and tannins extracted from Moroccan Acacia mollissima barks, Ind. Crops Prod., 70 (2015), pp. 245-252
Parasuraman, A., V. A. Zeithaml, dan L.L. Berry. 1988. SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Customer Perceptions of Service Quality, Journal of Retailing
Priyatno, Duwi. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset
Sinambela, Lijan Poltak, (2010), Reformasi Pelayanan Publik, Bumi Aksara, Jakarta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Supriyanto, Didik dan Lia Wulandari. (2013). Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Kampanye, Jurnal 5 Pemilu dan Demokrasi, Jakarta: Yayasan Perludem.
Tjiptono, Fandy. Service Management Mewujudkan Layanan Prima, Yogyakarta: C.V Andi Offset
Published
2022-11-25
How to Cite
Kholilul Kholik, Mila Trisna Sari, Siti Hajar, Agung Saputra, & Iin Juliani Saragih. (2022). Dimensi Kualitas Pelayanan Kesehatan Berbasis Manajemen Mutu di Puskesmas Kota Medan: Dimensions of Quality Health Services Based on Quality Management at the Medan City Health Center. Jurnal Sinar Manajemen, 9(3), 496-506. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i3.3017
Section
Articles