Analisis Kinerja Keuangan CV. Cahaya Lima Abadi

An Analysis of the Financial Performance at CV. Cahaya Lima Abadi

  • Dina Dwi Rofika Sari Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
  • Guasmin Guasmin Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
  • Wahba Wahba Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Analisis, Kinerja, Keuangan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja keuangan pada CV. Cahaya Lima Abadi dengan metode analisis vertikal dan horizontal serta untuk melihat kinerja keuanganyang ada pada perusahaan tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data laporan keuanagan CV. Cahaya Lima Abadi yangberupa neraca dan laporan laba rugi periode 2016 hingga 2018, studi pustaka, informasi dariinternet, serta wawancara yang dilakukan dengan pihak-pihak yang terkait dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja keuangan CV. Cahaya Lima Abadipada tahun 2016 hingga 2018 relatif baik, dari hasil analisis vertikal menunjukkan keadaanneraca pada aktiva lancar yang setiap tahunnya selalu mengalami kenaikan ,dari total aktivaperusahaan. Analisis ini juga menunjukan keuntungan dengan penjualan yang selaludiatas 10%. Kemudian, analisis horizontal pada laporan laba rugi menunjukkan perubahanpenjualan di tiap tahunnya, ini memberikan informasi untuk dapat memprediksi kapasitasperusahaan dalam menghasilkan laba atau keuntungan. Hal ini harus sejalan dengan kemampuanpihak manajemen perusahaan dalam mengendalikan beban biaya dan berhati-hatidalam membelanjakan kekayaan perusahaan serta dalam hal memilih proyek pengerjaan yang akan dikerjakan.

References

Felia F. Analisa Strategi Bersaing PT. Surya Cipta Mandiri. Agora. 2016;4(2):250–8.

Falah BMRK. Peran Jurnalis Industri 4.0. CV Jejak (Jejak Publisher); 2019.

Setiyawati Y, Hermawan S. Persepsi pemilik dan pengetahuan akuntansi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) atas penyusunan laporan keuangan. Ris Akunt dan Keuang Indones. 2018;3(2):161–204.

Maith HA. Analisis Laporan Keuangan dalam Mengukur Kinerja Keuangan pada PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. J EMBA J Ris Ekon Manajemen, Bisnis dan Akunt. 2013;1(3).

Hidayat WW. Dasar-dasar analisa laporan keuangan. Uwais Inspirasi Indonesia; 2018.

MELINA S. ANALISIS RASIO PROFITABILITAS PADA PT BUKIT ASAM TBK DI TANJUNG ENIM. POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA; 2020.

Gumilang GS. Metode penelitian kualitatif dalam bidang bimbingan dan konseling. J Fokus Konseling. 2016;2(2).

Sanjaya S, Rizky MF. Analisis Profitabilitas Dalam Menilai Kinerja Keuangan Pada PT. Taspen (Persero) Medan. KITABAH J Akunt dan Keuang Syariah. 2018;

Prihadi T. Analisis Laporan Keuangan. Gramedia Pustaka Utama; 2019.

ELMA E. Analisis kinerja keuangan keuangan sebagai dasar pengambilan keputusan dibidang keuangan pada PT. semen tonasa di kabupaten pangkep. universitas negeri makassar; 2016.

PRAYUDAH A. Perbandingan Kinerja Keuangan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Politeknik Negeri Sriwijaya; 2015.

Wardoyo H, Maisa and Ambo I (2018) The EEffectiveness of Regulation on Macro and Micro Business in Central of Sulawesi (Case Study: PT. JasaRaharja). International Journal of Science and Research (IJSR): 2016–2019.

Published
2022-06-25
Section
Artikel Penelitian