Analisis Sistem Akuntansi Penggajian pada Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah

Payroll Accounting System Analysis at the Regional Revenue Service of Central Sulawesi Province

  • Muhammad. Fadli Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Rajindra Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Guasmin Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Analisis, Sistem Akuntansi, Penggajian

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem akutansi penggajian di Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah dan menganalisis apakah sistem akutansi penggajian di Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah sudah ideal dan dapat mendukung efektivitas dan efisiensi kinerja. Penelitian yang digunakan oleh penulis adalah Jenis Penelitian adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan pada Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. Dalam penggunaan teknik analisis data, penulis  mengacu  pada  teknik  yang  sudah  umum  digunakan  oleh  para peneliti, yakni teknik analisis data model interaktif yang sebagaimana dibuat oleh  Miles  dan  Huberman. Dalam penelitian kualitatif, temuan atau data dapat dinyatakan valid apabila tidak ada perbedaan antara yang dilaporkan peneliti dengan apa yang sesungguhnya terjadi pada obyek yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian diketahui Fungsi yang terkait sistem penggajian pada Dinas Pendapatan Provinsi Sulawesi Tengah belum seluruhnya menjalankan tugas dengan baik karena terjadi perangkapan tugas yang dilakukan bagian keuangan/bendahara yakni sebagai pembuat daftar gaji dan upah juga pembayaran gaji, dokumen yang digunakan pada sistem penggajian pada Dinas Pendapatan Provinsi Sulawesi Tengah sudah cukup baik, tetapi masih belum sempurna karena tidak ada dokumen amplop gaji. Sistem otorisasi belum seluruhnya mendukung unsur efektifitas dan efisiensi yang terkait penggajian dan pengupahan karena belum menunjukkan bukti pertanggung jawaban pihak-pihak yang berwenang didalamnya serta pelaksanaan sistem penggajian pada Dinas Pendapatan Provinsi Sulawesi Tengah belum seluruhnya melaksanakan praktek yang sehat karena absensi Xpegawai  kurang diawasi oleh bagian penggajian.

References

1. Rajindra R, Mattulada A, Guasmin G, Anggraeni RN, Haryani S. Kinerja Keuangan (UMKM) Melalui Kebijakan Pendanaan dan Modal Kerja di Kabupaten Donggala. J Sinar Manaj. 2018;5(2):126–34.
2. Ernawati NW, Rajindra R, Yusuf D. ANALISIS PENGELOLAAN PEMBAYARAN TUNJANGAN KINERJA PADA BALAI PENGELOLAAN DAERAH ALIRAN SUNGAI HUTAN LINDUNG PALU POSO. J Sinar Manaj. 2020;7(1):42–9.
3. Rukajat A. Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish; 2018.
4. Persada G. hal. 288 Sugiyono. 2009. Metod Penelit Kuantitatif Kualitatif dan.
5. Mulyadi R. Pengaruh Corporate Governance terhadap kinerja keuangan. JAK (Jurnal Akuntansi) Kaji Ilm Akunt. 2016;3(1).
6. Romney Marshal S. Accounting Information System (Buku Dua). Jakarta: Salemba Empat. 2005;
Published
2022-01-08
Section
Research Articles