ANALISIS JEJARING SOSIAL SEBAGAI MEDIA UNTUK MINAT BERWIRAUSAHA BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALU

  • Laraswati Laraswati Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Haris Abd Kadir Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Guasmin Guasmin Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Penelitian ini didasari oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya jejaring sosial. Jejaring sosial saat ini banyak dimanfaatkan sebagai media promosi dan platform jual-beli.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran jejaring sosial pada minat berwirausaha bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif selanjutnya populasi diambil dari setiap fakultas di Universitas Muhammadiyah Palu, dengan menentukan jumlah proporsional pada setiap fakultas. Sumber data diperoleh dari penyebaran kuesioner sebanyak 96 eksemplar yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tabulasi frekuensi. Dari hasil perhitungan menggunakan metode tabulasi frekuensi, pada variabel jejaring sosial diperoleh nilai total skor rata-rata 4,01 dan nilai total skor rata-rata pada variabel minat berwirausaha yaitu 3,98 persetujuan ini dinilai memiliki nilai yang cukup tinggi bahwa jejaring sosial memiliki peran pada tumbuhnya minat berwirausaha bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palu. Selanjutnya juga diketahui bahwa faktor internal secara positif dapat mendorong tumbuhnya minat berwirausaha bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palu dengan nilai skor rata-rata 4,2, nilai terbesar pada faktor internal ini adalah faktor motivasi dengan nilai skor 4,5 kemudian faktor kemampuan dengan nilai skor 4,1 dan faktor perasaan senang dengan nilai skor 4,0. Sedangkan faktor ekternal diketahui memiliki nilai skor rata-rata 3,7, faktor ini terdiri dari faktor keluarga dengan nilai skor 3,6 kemudian faktor lingkungan masyarakat dengan nilai skor 4,0 dan faktor lingkungan sekolah dengan nilai skor 3,7, dengan demikian faktor ekternal dinilai bukan merupakan faktor utama pada tumbuhnya minat berwirausaha bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palu.

 

Kata Kunci : Minat Berwirausaha

References

Alma, Buchari. 2014. Kewirausahaan. CV Alfabeta. Bandung.

Brogan, Chris. 2010. Social Media 101 Tactic and Tips to Develop Your Business Online. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Christakis, Nicholas A. M.D.,Ph.D & Flower, James H. Ph.D. 2010. Connected: Dahsyatnya Kekuatan Jejaring Sosial Mengubah Hidup Kita. PT.Gramedia Pustaka Utam. Jakarta.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Enterprise, Jubilee. 2012. 30 Aplikasi Android Paling Dahsyat, Elex Media. Jakarta.

Juju, Dominikus dan Sulianta, Feri. 2010. Branding Promotion With Social Network. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Kaplan M. Andreas,, Haenlein Michael 2010. Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media. Business Horizons.

Madcoms. 2010. Facebook, Twitter, Plurk Dalam Satu Genggaman. Andi Offset. Yogyakarta.

Rajindra. (2017). KEWIRAUSAHAAN DAN PENGELOLAAN KEUANGAN UMKM.

Santoso.1993. Kompetisi dan Kepercayaan Diri Remaja. Liberty. Yogyakarta.

Sindang, Ennoch (2013) Manfaat Media Sosial dalam Ranah Pendidikan dan Pelatihan. Pusdiklat KNPK. Jakarta.

Suryana. 2013. Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba. Empat. Jakarta.

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Ekonomi

Most read articles by the same author(s)