Efektivas Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Sikap Kedisiplinan Melalui Apel Pagi di SMP Muhammadiyah 4 Kebomas
The Effectiveness of PAI Learning in Improving Disciplinary Attitudes Through Morning Assembly at SMP Muhammadiyah 4 Kebomas
Abstract
Artikel ini menyelidiki efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan sikap kedisiplinan siswa di SMP Muhammadiyah 4 Kebomas melalui kegiatan apel pagi. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan apel pagi, yang dipadukan dengan penyampaian nilai-nilai PAI, berperan penting dalam membangun kesadaran dan sikap disiplin siswa. Para guru dan siswa mengungkapkan bahwa apel pagi tidak hanya meningkatkan keteraturan, tetapi juga memperkuat nilai-nilai moral dan spiritual. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi pembelajaran PAI dalam kegiatan sehari-hari efektif dalam membentuk karakter disiplin siswa. Artikel ini merekomendasikan agar sekolah terus mengembangkan program serupa untuk mendukung pembentukan kedisiplinan dan karakter yang lebih baik di kalangan siswa.
References
Wirantasa, U. (2017). Pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1).
Hikmawati, H., Yahya, M., Elpisah, E., & Fahreza, M. (2022). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 4117-4124.
Salam, M., & Anggraini, I. (2018). Kedisiplinan belajar siswa kelas V di SDN 55/I Sridadi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 127-144.
Kusuma, Z. L., & Subkhan, S. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA N 3 Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 4(1).
Masruroh, A., Medika, N., & Kristiawati, H. (2019). Membentuk Karakter dan Disiplin Siswa melalui Pembinaan Apel Pagi. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 1(1), 14-24.
Syarifah, N. A., Nur, T., & Herdiyana, Y. (2022). Implementasi Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan pada Siswa di MTs Al-Imaroh Cikarang Barat. FONDATIA, 6(3), 691-701.
Sriyono, S., Andhim, M., & Ridwan, M. (2024). Paradigma Ilmu Integratif Perspektif Kuntowijoyo. Kreatif: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 22(1), 39-49.
Ridwan, M., & Sukamto, S. (2023). Pendampingan Manajemen Penghimpunan Dana ZISKA pada LAZ dan UPZ di Kabupaten Semarang. Jurnal Abdimas PHB Vol, 6(2).
Rois, C., Dewi, M. S., & Robaniyah, N. (2023). The History of Pesantren: An Overview of Civilizational Discourse and the Religious Moderation Among Santri. Progresiva: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 12(01), 147-160.
Wani, A. S., Yasmin, F. A., Rizky, S., Syafira, S., & Siregar, D. Y. (2024). Penggunaan Teknik Observasi Fisik dan Observasi Intelektual Untuk Memahami Karakteristik Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3737-3743.
Suherman, E., & Ridwan, M. (2024). Strategi Menghafal Al Qur’an pada Mahasiswa Pendekatan Metode Talqin. TARLIM: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 7(1), 95-105.
Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas pembelajaran berbasis daring: sebuah bukti pada pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19-33.
Setiawan, A. R. (2019). Efektivitas pembelajaran biologi berorientasi literasi saintifik. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 83-94.
Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas pembelajaran daring terintegrasi di era pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129-135.
Nurjaman, A. R. (2020). Pendidikan Agama Islam. Bumi Aksara.
Budianti, Y., Dahlan, Z., & Sipahutar, M. I. (2022). Kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam. Jurnal Basicedu, 6(2), 2565-2571.
Sulianti, A. (2018). Penanaman Nilai Moral Kedisiplinan Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Implemetasi Budaya Sekolah Pada Siswa SMA. Untirta Civic Education Journal, 3(2).
Darman, A. (2018). Manajemen Pengelolaan Kelas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. IQRO: Journal of Islamic Education, 1(2), 163-176.
Nisa, C., Sundava, S., & Azizah, I. (2023). Peningkatan Karakter Disiplin melalui Apel Pagi Bagi Siswa SD Muhammadiyah 22 Surakarta. Journal on Education, 6(1).
Wiyono, G. (2017). Strategi penerapan organizational learning untuk membentuk guru pembelajar di sekolah. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1).
Copyright (c) 2024 Muhammad Afifur Rahman, Hasan Basri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â