Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pencegahan Perilaku Bullying di SMPIT Al Ibrah

The Role of Islamic Religious Education Teachers in Preventing Bullying Behavior at Al Ibrah Smpit

  • Wardatul Khumairoh Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Mohammad Ahyan Yusuf Sya’bani Universitas Muhammadiyah Gresik
Keywords: Bullying, Pendidikan Agama Islam, Peran Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk perilaku bullying, faktor penyebab terjadinya bullying, dan peran Pendidikan Agama Islam dalam upaya menghentikan bullying di SMPIT Al Ibrah. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan studi lapangan untuk mendapatkan informasi tersebut. Pengumpulan informasi melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Temuan penelitian yang telah dikumpulkan menunjukkan bahwa bentuk perilaku bullying di SMPIT Al Ibrah adalah bentuk perilaku verbal. Faktor penyebab bullying di SMPIT Al Ibrah yaitu faktor keluarga, pergaulan bebas, dan ketidakpahaman siswa terkait perilaku bullying. Peran guru Pendidikan Agama IslamSMPIT Al Ibrah dalam mencegah bullying yaitu sebagai pendidik, teladan, dan penasehat. Selain itu, sekolah mengadakan project anti bullying setiap tahun, kultum, dan sholat berjamaah di sekolah.

References

Adiyono, A., Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050
Aldiansyah, R., & Wahyudi, I. (2024). Islam Moral Sebagai Solusi Mengatasi Bullying. 7(2006), 8445–8450.
Anugrah, M. I., Alizarman, A., Masriko, M., & K, M. (2021). Efforts of Islamic Education Teachers in Preventing Student Bullying Behavior in High Schools. International Journal of Multidisciplinary Research of Higher Education, 4(4), 138–145. https://doi.org/10.24036/ijmurhica.v4i4.96
Arya, L. (2018). Melawan Bullying Menggagas Kurikulum Anti Bullying di Sekolah. In CV. Sepilar Publishing House (Issue 003).
Isabela, M. (2023). GAMBARAN PERILAKU BULLYING VERBAL. 6(3), 2962–2967.
Karim, A., Aunurrahman, A., Halida, H., & Ratnawati, R. E. (2023). Implementasi Landasan Pendidikan Dalam Mengoptimalkan Peran Guru Dan Manajemen Sekolah Dalam Mencegah Perilaku Bullying. Academy of Education Journal, 14(2), 1515–1534. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.2130
Kurniawan, N., Limei, S., & Catherine, S. (2023). Improving Students Islamic Behavior through Teacher Prophetic Education Model. International Journal of Educational Narratives, 1(1), 28–32. https://doi.org/10.55849/ijen.v1i1.239
Kusmiati, M., Ramadani, F. N., Nadia, M., Nursyam, R., Kebidanan, A., Husada, P., Ibn, U., & Bogor, K. (2022). PENDIDIKAN KESEHATAN?: BAHAYA PERGAULAN BEBAS. 2(1), 1–8. https://doi.org/10.34305/jppk.v2i01.441
Muru’atul Afifah, & Riftini Yulaiyah. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Perilaku Bullying Di Sekolah. Berkala Ilmiah Pendidikan, 2(2), 105–113. https://doi.org/10.51214/bip.v2i2.465
Nisun, A. Z. (2024). Pencegahan Perilaku Bullying dengan Pendekatan Pendidikan Agama Islam di MTsN 2 Bandar Lampung. 9(1), 124–138.
Rohmah, I. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Tindakan Bullying Di SMPN 2 Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); Edisi 2). CV Alfabeta.
Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Alfabeta.
Tohirin, & Nurfuadi. (2024). The Role Of Islamic Religious Education Teachers In Moral Development In Schools. Journal on Educatio, 06(04), 20167–20180.
Wahid, F. S., Setiyoko, D. T., Riono, S. B., & Saputra, A. A. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Sekolah. Syntax Literate?: Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(8), 555–564.
Published
2024-07-30
How to Cite
Wardatul Khumairoh, & Mohammad Ahyan Yusuf Sya’bani. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pencegahan Perilaku Bullying di SMPIT Al Ibrah: The Role of Islamic Religious Education Teachers in Preventing Bullying Behavior at Al Ibrah Smpit. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 19(2), 204-210. https://doi.org/10.56338/iqra.v19i2.6179
Section
Articles