Efektivitas Pengawasan Pengelolaan Benda Wakaf pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Belopa Utara Kabupaten Luwu

Effectiveness of Supervision of Waqf Asset Management at the Religious Affairs Office, North Belopa District, Luwu Regency

  • Ahmad Fauzan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • Muhammadiyah Amin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • Patimah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
Keywords: Wakaf, Efektivitas, Kantor Urusan Agama

Abstract

Wakaf merupakan aktivitas keislaman yang sangat erat dengan sosial ekonomi masyarakat. Wakaf ajaran nya tidak hanya  dilihat dari sudut pandang  religi saja melainkan juga dari aspek sosial, sebab wakaf bisa membantu mengatasi persoalan tentang sosial- ekonomi kemasyarakatan. Hal tersebut dapat dilihat melalui banyaknya tempat ibadah juga sarana pendidikan yang asalnya dari pengelola wakaf. Maka dari itu wakaf mempunyai bagian penting pada kemajuan peradaban islam jika dikelola dan dimanfaatkan dengan maksimal. Ada dua permasalahan yang dihadapi, yaitu peran  KUA dalam pengawasan terhadap pengelolaan benda wakaf di Kecamatan Belopa Utara Kabupaten Luwu dan Faktor apa saja yang menjadi kendala KUA dalam pengawasan terhadap pengelolaan benda wakaf di kecamatan belopa utara kabupaten luwu, Penelitian lapangan (field research) merupakan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Sedangkan data primer, yaitu informasi yang diperoleh di lapangan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, digunakan dalam pengumpulan data. Data sekunder adalah informasi yang dikumpulkan dari buku dan artikel yang relevan dengan penelitian, dan analisis deskriptif kualitatif adalah metode yang digunakan untuk analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Faktor yang menjadi kendala implementasi dalam proses pengawasan tentang penanganan benda wakaf pada Kantor Urusan Agama Kabupaten Belopa Utara secara khusus yakni kurangnya sumber daya pada KUA selaku PPAIW, kurangnya sarana dan prasarana perwakafan, kurangnya pembinaan hukum perwakafan di masyarakat, sehingga nazhir kurang memiliki kepedulian terhadap tugas dan fungsinya selaku pengelola wakaf. 2) peran KUA dalam pengawasan terhadap pengelolaan benda wakaf selaku edukator belum terlaksana dengan baik oleh KUA Kecamatan Belopa Utara sebagai PPAIW. Hal ini terlihat dari lemahnya pelaksanaan pembinaan dan pengawasan nazhir sehingga tidak memungkinkan untuk menilai kinerja nazhir dan menyisakan beberapa nazhir yang meninggal dunia tanpa ada penggantinya.

References

Abdul Halim, Hukum Perwakafan Di Indonesia (Cet. I; Jakarta: Ciputat Press, 2005)

Abdul Syatar and Chaerul Mundzir, TOKOH DAN KETOKOHAN IMAM MAZHAB (Kontribusinya Terhadap Pengembangan Fikih Di Indonesia) (Gowa: Alauddin University Press, 2021).

Abdurrahman, Kompilasi Hukum Islam di Indonesia (Cet. II; Jakarta: Akademika Presindo, 1995)

Ahmad Mujahidin, Hukum Wakaf di Indonesia Dan Proses Penanganan Sengketa (Jakarta: Kencana, 2021)

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI, Kompilasi Hukum Islam di Indonesia (Jakarta: Ditjen Bimas Islam, 2018)

Mahsun Fuad, Hukum Islam Indonesia dari nalar Partisipatoris Hingga Emansipatoris (Yogyakarta : Lkis, 2005 )

Mukhtar Lutfi, Optimalisasi Pengelolaan Wakaf, (Makassar: Alauddin Pres, 2011)

Suparman Usman, Hukum Perwakafan di Indonesia (Jakarta: Darul Ulum Press, 1999), h. 132.

Supardin, Fikih Peradilan Agama di Indonesia: Rekonstruksi Perkara Tertentu (Cet.1; Makassar: Alauddin Unversity Press, 2016).

Jurnal

Dr. Patimah Halim, M.Ag, Farahdiba Rahma Bachtiar, Ph.D, Peran Program Studi dalam Mengatasi Persoalan Pernikahan Anak di Kabupaten Pangkep, Jurnal Al-Qa??u Volume 7 Nomor 2 Desember Tahun 2020.

Fatimah Zahra, Patimah, Realisasi Isbat Pelaksanaan Sidang Terpadu di Pengadilan Agama, Jurnal Qa??uN? Volume 1 Nomor 2 April 2020.

Indah Nawir, Musyfika Ilyas, Wakaf Tunai pada Badan Wakaf Al-Qur’an di Kota Makassar, Jurnal Qa??uN? Volume 2 Nomor 2 April Tahun 2021.

Jamal Jamil, Riswa Syamwali, Muh. Rasywan Syarif, Efektivitas BP4 KUA Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng Dalam Memanimalisir Percaraian Pada Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Hukum Islam, Jurnal Qa??uN? Volume 3 Nomor 3 Agustur 2022.

Kementerian Agama RI, Kompilasi Hukum Islam Di Indonesia (Jakarta: Ditjen Bimas Islam, 2018).

Muammar Muhammad Bakry, “Laws Exegesis Versus (Comparative Studies in Understanding Religious Text and Teh Istinbath Process of Law on Mahar,” JICSA (Journal of Islamic Civilization in Southeast Asia) 9, no. 1 (2020).

Muhammad Asri, Patimah, Penyaluran Zakat Infak Sedekah di LAZNAS Yatim Mandiri Makassar Perspektif Hukum Islam , Jurnal Qa??uN? Volume 2 Nomor 2 April 2021,

Mukhtar Luthfi, Optimalisasi Pengelolaan Wakaf (Makassar: Alauddin University Press, 2011).

Munawir Nurum, Mukhtar Lutfi, Asni, Urgensi Kesadaran Hukum Masyarakat dalam Paraktek Wakaf Produktif di Kecamtan Tompobulu Kabupaten Gowa, Jurnal Al-Qa??u Volume 8 Nomor 1 Juni Tahun 2021,

Musyfikah Ilyas, “Istibdal Harta Benda Wakaf Perspektif Hukum Islam”, Jurisprudentie vol. 3, no. 2 Desember (2016).

Nur Ilma and Muammar Bakry, “Kebebasan Perempuan Dalam Memilih Calon Suami?; Studi Perbandingan Antara Mazhab Syafi ’ i Dan Hanafi,” Mazahibuna; Jurnal Perbandingan Mazhab 2, no. 2 (2020).

Nur Insyirah Hilman, Patimah, Musyfikah Ilyas, Hak Sewa Sebagai Harta Benda Wakaf Perspektif Hukum Islam, Jurnal Qa??uN? Volume 5 Nomor 1 Desember 2023.

Patimah, Aby Abdillah Ibnu Yahya dan Muhammad Fajri,” Urgensi Bimbingan Keluarga Sakinah di Kantor Urusan Agama Ditinjau Dari Hukum Islam” Qadauna 2, Vol. 4 2023

Rochmadi Usman, Hukum Perwakafan di Indonesia (Jakarta: Sinar Grafika, 2013).

Peraturan Menteri Agama Nomor 1 Tahun 1978 Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1977, Bab IV, Pasal 10

Hardianto Bahar (33 Tahun), Penghulu KUA Kecamatan Belopa Utara, wawancara, 25 maret 2024

M. Suyuti takko (47 tahun), Kepala KUA Kecamatan Belopa Utara, wawancara, belopa, 20 Maret 2024

Published
2024-07-19
How to Cite
Ahmad Fauzan, Muhammadiyah Amin, & Patimah. (2024). Efektivitas Pengawasan Pengelolaan Benda Wakaf pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Belopa Utara Kabupaten Luwu: Effectiveness of Supervision of Waqf Asset Management at the Religious Affairs Office, North Belopa District, Luwu Regency. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 19(2), 177~184. https://doi.org/10.56338/iqra.v19i2.5397
Section
Articles