Tinjauan Kritis terhadap Hakekat Teori Pengetahuan dan Kebenaran dalam Konteks Pendidikan Islam: Suatu Analisis Komprehensif

Critical Review of the Nature of the Theory of Knowledge and Truth in the Context of Islamic Education: A Comprehensive Analysis

  • Suharman Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Khojir Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Rahmat Soe’oed Universitas Mulawarman Samarinda
Keywords: Analisis Kritis, Hakekat Teori Pengetahuan dan Kebenaran, Pendidikan Islam

Abstract

Hakekat teori pengetahuan dan kebenaran dalam konteks pendidikan Islam melibatkan pemahaman mendalam terhadap sumber-sumber pengetahuan, proses memperoleh pengetahuan, dan kriteria kebenaran yang sesuai dengan ajaran Islam. Dalam pandangan Islam, pengetahuan dan kebenaran dianggap sebagai bagian integral dari pengembangan spiritual, moral, dan intelektual individu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara kritis hakekat teori pengetahuan dan kebenaran dalam konteks Pendidikan Islam.Sedangkan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus menggunakan metode studi pustaka (library research). Sumber Data diambil dari dua sumber yaitu  Literatur Akademis yang melibatkan tinjauan literatur dari jurnal-jurnal akademis, buku-buku, dan artikel-artikel ilmiah terkait hakikat pengetahuan, dan kebenaran dalam konteks pendidikan Islam. Hasil pembahasan bahwa hubungan antar hakekat teori pengetahuan dan kebenaran dengan Pendidikan Agama Islam adalah pengetahuan membantu merumuskan cara bagaimana pengetahuan agama dipahami, diterima, dan diterapkan. Sedangkan teori kebenaran membantu menentukan apakah suatu pemahaman atau keyakinan sesuai dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip Islam. Teori pengetahuan terkait dengan bagaimana pemahaman terhadap nilai-nilai dan moralitas agama dikembangkan.

References

Ata Leuehaq, T. (2021). Basic Ideas of Rationalism and Empiricism and Some Epistemological Implications. Media (Jurnal Filsafat Dan Teologi), 3(2), 145–158. https://doi.org/10.53396/media.v3i2.35

Azra, A. (2000). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru (ke 2). Logos Wacana Ilmu.

Daradjat, Z. (2000). Ilmu Pendidikan Islam (ke 4). Bumi Aksara.

Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. MITRA ASH SHIBYAN?: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Vol. 03, N, 67–78.

Dinata, S. (2021). Epistimologi Kritisisme Immanuel Kant. Kanz Philosophia A Journal for Islamic Philosophy and Mysticism, 7(2), 217–236. https://doi.org/10.20871/kpjipm.v7i2.183

Faradi, A. A. (2019). Teori-Teori Kebenaran Dalam Filsafat (Urgensi Dan Signifikasinya Dalam Upaya Pemberantasan Hoaxs). Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 7(1), 97–114. https://doi.org/10.21274/kontem.2019.7.1.97-114

Ginting, P., & Situmorang, S. H. (2008). Filsafat Ilmu dan Metode Penelitian. In Universitas Sumatera Utara Press. Medan (Issue September 2008).

Guna, D., Tugas, M., & Nuraini, S. (2022). Islamisasi Ilmu Al Faruqi. 2(5), 1–18.

Hania, I., & Suteja. (2021). Pendidikan Perspektif Al-Ghazali dan Ibn Rusyd Serta Relevansinya di Abad 21. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(2), 121–130. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.12-10

Hardani, Andriani, H., Ustiawati, J., & Utami, E. F. (2020). Penelitian Kualitatif dan kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu.

Ilham, D. (2023). At-Thullab?: Jurnal Of Islamic Studies. Https://Ejournal.Stai-Nh.Ac.Id/Atthullab/Article/View/27/12, 4(1), 57–65.

Jujun Suryasumatri. (2007). Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Pustaka Sinar Harapan.

Kemdikbudristek. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) (Versi Dari). Kemdikbudristek.

Kemenag. (2019). Al Qur’an dan Terjemahannya.

Kusuma, W. H. (2018). Epistemologi bayani, irfani dan burhani al-Jabiri dan relevansinya bagi studi Agama untuk resolusi konflik dan peacebuilding. Jurnal Ilmiah Syi’ar, 18, 1–19.

Langgulung, H. (1980). Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Ma’arif.

Lemos, N. (2007). An Introduction to the Theory of Knowledge. Cambridge University Press.

Marimba, A. D. (1989). Pengantar Filsafat Islam. Al Ma’arif.

McGuirk, J. (2021). Embedded rationality and the contextualisation of critical thinking. Journal of Philosophy of Education, 55(4–5), 606–620. https://doi.org/10.1111/1467-9752.12563

Muhaimin. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam?: Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalisasinya. Trigenda Karya.

Nunu Burhanuddin. (2015). Pemikiran Epistemologi Barat: dari Plato Sampai Gonseth. Intizar, 21(1), 133–146.

Prasetia, S. A., Asrohah, H., Najiyah, S. F., & Arif, S. (2021). EPISTEMIC RATIONALITY IN ISLAMIC EDUCATION: The Significance for Religious Moderation in Contemporary Indonesian Islam. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 22(2), 232–263. https://doi.org/10.18860/ua.v22i2.12771

Qardhawi, Y. Al. (1980). Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan Al-Banna. Bulan Bintang.

Salam, B., & Sanusi, A. (2017). Pengantar Filsafat (Rasjidi (ed.); 1st ed.). Bumi Aksara.

Saputra, H. A. (2022). Epistemology Sintesisme Empirisisme-Rasionalisme Immanuel Kant dan Implikasinya Bagi Ilmu-ilmu Sosial Keagamaan. Fikroh, 6(1), 50–57. http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/fikroh/article/view/705

Shobron, S., Jinan, M., & Subadi, T. (2018). ISLAM DAN IPTEKS (IV). LPPIK Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Shoffa, S. (2022). The Influence of the DOCAR Model on the Critical Thinking of Junior High School Students. International Journal of Social Science And Human Research, 05(06), 2465–2474. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i6-72

Soebahar, A. H. (2002). Wawasan Baru Pendidikan Islam (Cetakan ke).

Syaifudin, R. (2013). Epistemologi Pendidikan Islam Dalam Kacamata Al-Ghazali Dan Fazlur Rahman. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 8(2). https://doi.org/10.21274/epis.2013.8.2.323-346

Syarafa, I. A. (2005). Ensiklopedia Filsafat. Khalifa.

Titus, H., Smith, M., & Nolan, R. (1984). Persoalan-persoalan Filsafat. Bulan Bintang.

Woozley, A. D. (2015). Theory of Knowledge (1st ed.). HUTCHINSON & CO (Publishers) LTD.

Published
2024-01-14
How to Cite
Suharman, Khojir, & Rahmat Soe’oed. (2024). Tinjauan Kritis terhadap Hakekat Teori Pengetahuan dan Kebenaran dalam Konteks Pendidikan Islam: Suatu Analisis Komprehensif: Critical Review of the Nature of the Theory of Knowledge and Truth in the Context of Islamic Education: A Comprehensive Analysis. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 19(1), 9~18. https://doi.org/10.56338/iqra.v19i1.4772
Section
Articles