Pendidikan Islam Multikultural Perguruan Muhammadiyah : Studi Tinjauan Literatur
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pendekatan Multikultural yang diimplementasikan di Perguruan Muhammadiyah. Masalah yang harus dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi Pendekatan Multikultural di Perguruan Muhammadiyah. Metode yang digunakan dalam penulisan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan studi tinjauan literatur. Data diperoleh melalui pencarian di Google Scholar dan sumber data berasal dari beberapa artikel dari jurnal-jurnal nasional dan internasional. Berdasarkan artikel-artikel di Google Scholar yang terkait dengan pendidikan Islam multikultural dari perspektif Muhammadiyah, penulis meninjau 5 artikel dengan menggunakan teknik pemilihan acak. Kemudian penulis melakukan analisis konten untuk mendapatkan isi artikel-artikel yang terkait dengan pendidikan Islam multikultural dari perspektif Muhammadiyah. Hasil penelitian ini adalah secara keseluruhan, perguruan Muhammadiyah terlihat berusaha keras untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif, menghormati perbedaan, dan mencegah radikalisme dengan pendekatan multikultural. Namun, tantangan terus ada dalam bentuk pemahaman yang berbeda-beda dan ketidaksetujuan terhadap konsep multikulturalisme.
References
Abdullah, Amin, Seminar Nasional, Majelis Tarjih dan Tajdid, Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 5 Desember 2020.
Achmad Anwar Abidin, dan Muhammad Ali Murtadlo. Curriculum Development of Multicultural-Based Islamic Education as An Effort to Weaver Religious Moderation Values in Indonesia, Jurnal IJIERM, Vol. 2 No. 1 Januari - April 2020.
Albert, Yansen dan Sirjon, Filsafat Pendidikan, Eureka Media Aksara, 2022.
Amirah, Waston, Furqon,.dkk, Multicultural Education Values At Hajjah Nuriyah Shabran Muhammadiyah Islamic Boarding House, Journal of Critical Review, Vol 7, issue 08, 2020.
Asep Kusnadi, Ibrohim Saefudin, Nilai-Nilai Keragaman Pada Pancasila Perspektif Al Quran Surah Al Hujurat Ayat 13, Al Qolam Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah, Vo. 7 No, 2 2019.
Budi Ariyanto, dan Mochammad Irfan Achfandhy, Dakwah dan Perubahan Sosial pada Masyarakat Multikultur, Tamaddun Journal of Islamic Studies, Vol. 1(2), 2022.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1995.
Farida Jaya, Konsep Dasar dan Tujuan Pendidikan dalam Islam : Ta’lim, Tarbiyah dan Ta’dib, Jurnal Tazkiya, Vol. IXNo.1, Januari-Juni 2020, hal. 69
Imam Taofik, dan Abdul Basit, Konsep Pendidikan Multikultural di Lembaga Pendidikan Muhammadiyah Studi Pemikiran Prof, Dr. Abdul Mu’ti,M.Ed, Misykat Al-Anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat, Volume 4, nomor 1, 2022.
Hakim, Dhikrul, Inclusivism and Exclusivism as Well as Their Effect on Islamic Education on Based Multicultural, Jurnal IJIERM, Vol.1 No. 1 September - Desember 2019.
Hasanah, Mila, Filsafat Pendidikan, CV. Kanhaya Raya, 2022.
Isnaeni, Yuliana, Sejarah Muhammadiyah sebagai Inspirasi Pemuda untuk Memajukan Indonesia, dalam Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Sebagai Inspirasi Generasi Milenial dalam Memajukan Indonesia : Kumpulan Esai, Perpus UMS 2023.
Kamus Inggris - Indonesia, UNITY - Terjemahan bahasa Indonesia - kamus bab.la (babla.co.id), diakses pada tanggal 9 Oktober 2023.
Karta Jayadi, Amirullah Abduh, dan Muhammad Basri, A Meta Analysis of Multicultural Education Paradigm In Indonesia, Jurnal Helyon, Vol. 8, 2022. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e08828
Khairiah, Ahmad Walid, Pengeloaan Keberagaman Budaya Melalui Multiligualisme di Indonesia, Fikri: Jurnal Kajian Agama,Sosial dan Budaya, Volume 5, Nomor 1, Juni2020, DOI: https://doi.org/10.25217/jf.v5i1.789.
Kurniawan, Agus, Multicultural Inclusive Islamic Education Ideal Format, Jurnal Ri’ayah, Vol. 7,No. 02, Juli - Desember 2022.
Madakir, Slamet Firdaus, Hajam,. dkk, Multicultural Islamic Education Of Nurcholish Madjid Perspective : A Literature Review, International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, Vol. 9, No. 5, Mei 2022. http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v9i5.3731.
Made Saihu, Suparto, Lilis Fauziah Balgis, Nalar Tasawuf dalam Pendidikan Islam:Kajian Atas Makna Ihsan dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter, Edukasi Islami, Jurnal Pendidikan Islam (Special Issue). DOI: 10.30868/ei.v10i001.1844.
Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Tokoh dan Pimpinan Tarjih. Riwayat dan Pemikiran, Yogyakarta: MTTPPM, Cetakan 1, 1447/2017.
Maghfiroh, L. , Hakekat Pendidik dan Peserta Didik dalam Pendidikan Islam, MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2019.
Muryadi, Astutik, Andi Warisno,.dkk, Perspective of Muhammadiyah Education Institutions on the Dynamics of Multicultural Islamic Education, Jurnal Menejemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Volume 8 (1).
Muqofi, Asep, Tauhid dalm Pendidikan Islam Menurut Muhammad Abduh dan Rasyid Ridho, Jurnal Qathratuna Vol. 6 No. 2 –Desember 2019.
Nurhakim, Muh, Islamic Education Based on Multiculturalisme Though Experiential Learning Approach at University of Muhammadiyah Malang, Journal Advance Social ScienceEducation and Humanities Research, Volume 231 5th International conference on Community Development (AMCA 2018).
Sri Roviana, Yusron Masduki, Yusutria,.dkk, Addressing Multicultural Misconception : A Study at Muhammadiyah High Education Institutions, Jurnal Pendidikan Islam, Vol 12 No 1, 2023. https://doi.org/10.14421/jpi.2023
Syahrul dan Hajenang, Reflection of Multicultural Education for Non-Muslim Students at Muhammadiyah University, Kupang, Jurnal Tarbiyatuna, Vol. 12 No. 1, 2021. DOI: https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v12i1.3593
Syahrul, Integrating Pluralism and Multicultural to Prevent Radicalism at Universitas Muhammadiyah Kupang, Edukasia Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 16 No. 1 Tahun 2021
Taofik I, dan Basit A. Konsep Pendidikan Multikultural di Lembaga Pendidikan Muhammadiyah : Studi Pemikiran Prof.Dr. Abdul Mu’ti,M.Ed, Misykat Al Anwar: Jurnal Kajian Islam dan Kemasyarakatan, volume 5, No 1, 2022, [Online]. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/MaA16/index.
Undang-Undang RI Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Copyright (c) 2024 Suharman, Muhammad Abzar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â