Peran Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Religious Siswa Sekolah Menengah Pertama Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023
The Role of Islamic Religious Education Teacher Professionalism in Building Religious Character of Students at Al Islam 1 Junior High School Surakarta Academic Year 2022/2023
Abstract
Profesionalitas guru merupakan orang yang mempunyai keahlian dan kemampuan khusus dalam bidang pendidikan. Sehingga guru mampu melakukan kewajiban dan tanggungjawab sebagai guru dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peran profesionalitas guru PAI dalam membangun karakter religious siswa SMP Al Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2022/2023. (2) mendeskripsikan alasan mengapa peran guru PAI sangat dibutuhkan dalam membangun karakter religious siswa SMP Al Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Pendekatan yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, transferbilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Sedangkan dalam analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran profesionalitas guru PAI dalam membangun karakter religious siswa di SMP Al Islam 1 Surakarta yaitu dengan menerapkan karakter-karakter Islami disekolah maupun dirumah sebagaimana yang telah diprogramkan sekolah serta memasukkan nilai-nilai karakter religious dalam penerapannya. (2) Sementara untuk alasan mengapa peran guru sangat dibutuhkan dalam membangun karakter religious siswa yaitu karena guru merupakan tokoh penting dalam pembentukan karakter seseoarang, guru juga menjadi tolak ukur dalam kemajuan peserta didiknya. Guru juga merupakan orang tua kedua bagi para siswa setelah kedua orangtuanya dirumah, sehingga peran guru menjadi sosok yang sangat penting dalam pendidikan karakter.
References
Elfindri. (2012). Pendidikan Karakter, Kerangka, Metode Dan Aplikasi Untuk Pendidik dan Profesional, Baduose. Jakarta: Media Jakarta, Cet. 1.
Gunawan, Heri. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implikasi. Bandung: Alfabeta.
Hadi, S,.(1993). Metodologi Research. Jilid II. Yogyakarta. Andi Offset
Hamid, H., Ahmad, B., & Saebani, (2013) Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: Pustaka Setia Bandung. Cet. 2.
Moleong, L. J. (2018). Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung : PT Remaja Rosdakarya Cet. 38.
Naim, Ngainun. (2012). Character Buliding Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter bangsa. Jogjakarta : ArRuzz Media.
Stewart, C. J., & Cash, William B.. (2012). Interviu: prinsip dan praktik . Jakarta: Penerbit Salemba Humanika. Ed. 13.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian Pendidikan kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Suryosubroto. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. (Jakarta : Rineka Cipta.
Tambak, S., Ahmad. M.Y. (2017). Hubungan Metode Tanya Jawab Dengan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah Vol. 2 No. 1.
Undang-Undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional) UU RI No.20 Th. 2003, Jakarta: Sinar Grafika. Cet. 2.
Copyright (c) 2023 Marfiatus Sholikah, Suhadi, Yetty Faridatul Ulfah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Â