Penggunaan Media Aplikasi Notion Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas XI Pada SMK Negeri 1 Tutar Kabupaten Polewali Mandar

The Use of Notion Application Media in Improving Learning Outcomes of Students in Islamic Education and Moral Values Subject for Grade XI in SMK Negeri 1 Tutar

  • Muhammad Syahrin Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pare-Pare
Keywords: Media, Aplikasi Notion, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan media aplikasi Notion dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI SMK Negeri 1 Tutar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media aplikasi Notion dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  kelas XI pada SMK Negeri 1 Tutar Kab. Polewali Mandar.

Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research yaitu model penelitian dari Kurt Lewin, yang berbentuk spiral dari siklus pertama dengan siklus selanjutnya. Setiap siklus meliputi planning (rencana), acting (tindakan), observing (observasi), dan reflecting (refleksi). Adapun alurnya adalah: (1) dentifikasi masalah, yaitu peneliti menetapkan permasalahan yang akan dikaji; (2) Merencanakan yaitu peneliti menyusun rencana tindakan/solusi terhadap pemecahan masalah; (3) Pelaksanaan yaitu peneliti melaksanakan tindakan yang telah dirumuskan pada RPP; (4) Observasi yaitu peneliti mengamati perilaku peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran; (5) Refleksi yaitu peneliti mencatat hasil observasi dan mengevaluasi hasil observasi.

References

Adianto, Rahmat. “Cara Mudah menggunakan Notion Untuk produktivitasâ€, diakses dari https://dwiriz.com/cara-mudah-menggunakan-Notion/, pada tanggal 18 Desember 2021.

Al-Qur’anul Karim. Al-Qur’an Hafalan Mudah. Bandung: Cordoba, 2020.

Anwar, Syaiful. Desain Pendidikan Agama Islam Konsepsi dan Aplikasinya di Sekolah. Yogyakarta: Idea Press, 2014.

Amka. Media Pembelajaran Inklusi. Sidoarjo : Nizamia Learning Centre, 2018.

Appkey. “Apa itu Notion App? Mengenal Notion Workspace All-in-One untuk kalian Para Developerâ€, diakses dari https://appkey.id/pembuatan-aplikasi/cross-platform/Notion-app/, pada tanggal 18 Desember 2021.

Arikunto, Suharsimi dkk, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2017.

Fauzi, dofir. “Tutorial Cara Menggunakan Notionâ€, diakses dari /, pada tanggal 18 Juli 2022.

Fikri, Hasnul, dan Ade Sri Madona. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta : Samudra Biru, 2018.

Hadi Sutopo, Ariesto. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta : Graha Ilmu. 2012.

Hardin. 2013. Penerapan Metode Diskusi Berkelanjutan pada Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil belajar Peserta didik Kelas XI IPA-6 SMA Negeri 11 Makassar (Studi pada Materi Pokok Sistem Koloid). Makassar : Universitas Negeri Makassar.

Hilir, Alwi. Pengembangan Teknologi Pendidikan Peranan Pendidik dalam Menggunakan Media Pembelajaran. Klaten : Lakeisha, 2021.

Lukitaningrum, Hesti. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Materi Basis Data di sekolah Menengah Kejuruan Kelas XI. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, 2016.

Marisa, dkk.. Komputer dan Media Pembelajaran. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka, 2012.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Muhardi Syaflin, Hary. “Catatan lapangan (Penelitian Kualitatif)â€, diakses dari https://pengetahuanolahraga.wordpress.com/2011/08/24/catatan-lapangan-penelitian-kualitatif/, pada tanggal 19 Desember 2021.

Mustahdi dan Mustakim. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI. Surakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Nasir “Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Web di Kelas VIII SMP Unismuh Makassarâ€, dalam jurnal Akademika, Volume 9 Nomor 1, Juli 2020.

Nurdyansyah. Media pembelajaran Inovatif. Sidoarjo : UMSIDA Press, 2019.

Purwanto, Ngalim. Prinsip-prinsip dan Tehnik Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2006.

Pusat Data dan Informasi. Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Balitbang: Depdiknas, 2004.

Ramli, M, “Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Haditsâ€, dalam Ittihad jurnal Kopertis Wilayah XI Kalimantan, Volume 13 Nomor 23, April 2015.

Rahman Getteng, Abd. Menuju Guru Profesional dan Ber-Etika Yogyakarta: Grha Guru Printika, 2014.

Ridwan, Sa’adah. Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta: Ditjen Dikdasmen, 2005.

Samad, Abdul. Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis weblog Sebagai media dan Sumber Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar peserta Didik di SMA Hidayatullah Pare-Pare. Tesis. Pare-Pare: IAIN pare-Pare, 2020.

Setiawan, Denny, dkk. Komputer dan Media Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka, 2008.

Peserta didiknto. Penilaian dan Pengukuran Sikap dan Hasil Belajar Peserta Didik. Klaten: Bossscript, 2017.

Soffan Soffa, dkk.. Perkembangan Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi. (Bojonegoro : CV. Agrapana Media, 2021.

Suhardjono. Peningkatan Karir Tenaga Kependidikan Khususnya dalam Hal Pembuatan Karya Tulis Ilmiah sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi. Malang: Depdiknas-Universitas Brawijaya, 2006

Sujana, Nana. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Rosda Karya, 2009.

Suprayekti. Interaksi Belajar Mengajar Edisi ke-2. Mataram: LPMP Nusa Tenggara Barat, 2004.

Sungkono. “Prosedur Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas†diakses dari http://staff.uny.ac.id, pada tanggal 5 Desember 2021.

Tim Pengembang Kurikulum, Panduan Teknis Pengembangan Kurikulum MI Jakarta: Australia Indonesia Partnership, 2009.

User Usman, Muhammad. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

Wardhani, IGAK dan Kuswaja Wihardit. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka. 2008.

Winataputra, Udin. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, 2007.

Yuniastuti, dkk.. Media Pembelajaran untuk Generasi Milenial Tinjauan Teoritis dan pedoman Prakti s. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2021.

Published
2024-01-15
How to Cite
Muhammad Syahrin. (2024). Penggunaan Media Aplikasi Notion Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas XI Pada SMK Negeri 1 Tutar Kabupaten Polewali Mandar: The Use of Notion Application Media in Improving Learning Outcomes of Students in Islamic Education and Moral Values Subject for Grade XI in SMK Negeri 1 Tutar. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 19(1), 49~57. https://doi.org/10.56338/iqra.v19i1.3852
Section
Articles