Mata Rantai Pemikiran Tajdid Pasca Abad XIII Masehi

Links of Post XIII Century Tajdid Thought

  • Finsa Adhi Pratama Institut Agama Islam Negeri Kendari
  • Mohammad Annur Tri Putra Universitas Muhammadiyah Palu
  • Aris Try Andreas Putra Institut Agama Islam Negeri Kendari
Keywords: Tajdid, Pemikiran, Tauhid

Abstract

Keruntuhan Daulah Abbasiyah pada abad XIII Masehi berdampak besar pada kondisi kaum muslimin di berabagai wilayah, kaum mulimin mengalami kemunduran di berbagai aspek kehidupan. Khazanah keilmuan menjadi sempit dan terbatas, kejumudan merajalela dimana-mana serta kekuatan ekonomi dan politik merosot drastis. Kondisi yang sedemikian rumit memaksa para tokoh dan kelompok muslim melakukan gerakan tajdid (pembaharuan) guna menjaga agama dan merangsang pola berfikir kaum muslimin untuk beranjak dari keterpurukan dan kejumudan. Peneliti menggunakan metode kualitatif kepustakaan dengan menggunakan analisis interpretative, Penelitian ini menggunakan triangulasi metode, waktu dan teori untuk keabsahan datanya. Penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa kemunduran kaum muslimin dipengaruhi oleh tauhi yang bercampur dengan macam khurafat, syirik, bid’ah serta pemahaman yang salah tentang tashawuf dan jauhnya jauhnya kaum muslimin dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemunduran kaum muslimin juga dipengaruhi oleh datanganya bangsa penjajah di negeri-negeri muslim. Semua gerakan tajdid (pembaharuan) yang terjadi pasca abad XIII Masehi memiliki ciri khas dan metodenya masing-masing namun semuanya nasab ilmu dan semangat yang saling terhubung.

References

Hitti PK. History of The Arabs. translate. R Cecep Lukman Yasin Jakarta Serambi. 2002;

Pasha MK, Darban A. Muhammadiyah sebagai gerakan Islam: dalam perspektif historis dan ideologis. LPPI, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta; 2000.

Munawir AW. Al-Munawwir: Kamus Arab-Indonesia Terlengkap (Surabaya: Pustaka Progressif, 1997). Kamus Al-Munawir Arab.

Nashir H. Muhammadiyah gerakan pembaruan. Suara Muhammadiyah; 2010.

Pasha MK, Darban AA. Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam dalam Perspektif Historis dan Ideologi. Cet I. 2003;

Kamal Pasha M, Darban AA. Muhammadiyah Sebagai Gerakan Islam. Diedit oleh Imron Nasari Pertama Yogyakarta Citra Karsa Mandiri. 2005;

Nasution H. Pembaharuan dalam Islam: sejarah pemikiran dan gerakan. 1982;

Putro EK, Mahmudi Z, Hamdan A. Teachings, Epistemology, and Thoughts of Muhammad Bin Abdul Wahhab at-Tamimi in Islamic Law. Istawa J Pendidik Islam. 2021;6(2):143–57.

Mufarrikh F, Muthoifin MA, Rosyadi I. Pemikiran Muhammad Bin Shalih Al-Utsaimin Tentang Pendidikan Islam. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2018.

Pajarianto H. Muhammadiyah Pluralis. Muhammadiyah University Press; 2018.

Pratama FA, Trisnawati I. PEMIKIRAN TAJDID SYAIKH MUHAMMAD BIN ABDUL WAHHAB DALAM KITAB AL-USHUL ATS-TSALATSAH. Zawiyah J Pemikir Islam. 2021;7(2):94–110.

Jainuri A. Muhammadiyah Dan Wahhabisme Mengurai Titik Temu Dan Titik Seteru. Surabaya LPAM (Lembaga Pengkaj Agama dan Masyarakat). 2002;

Published
2023-01-14
How to Cite
Finsa Adhi Pratama, Mohammad Annur Tri Putra, & Aris Try Andreas Putra. (2023). Mata Rantai Pemikiran Tajdid Pasca Abad XIII Masehi: Links of Post XIII Century Tajdid Thought. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 18(1), 23-32. https://doi.org/10.56338/iqra.v18i1.3207
Section
Articles