Pendidikan Menurut Filsafat Mulla Shadra (Sejarah Tokoh, Pemikiran dan Aliran)

The Education Based On Mulla Shadra's Philosophy (History of Figure, Thought and School)

  • Hasanuddin Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Indonesia
  • Khojir Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Indonesia
Keywords: Pendidikan, Filsafat, Mulla Shadra

Abstract

Pendidikan Islam saat ini berhadapan dengan berbagai macam problem di tengah masyarakat dan salah satu diantaranya yaitu bagaimana membentuk keluhuran sikap yang mewatak pada pribadi seseorang. Problem tersebut melahirkan perdebatan antara kalangan teolog muslim (fuqoha’), filosof muslim paripatetik serta kaum irfani, kaum sufi dan filosof iluminasi. Teolog muslim beranggapan bahwa teks al-Qur’an dan al-Sunnah melalui penekanan otoritas teks menjustifikasi logika kebahasaan yang digali berdasarkan inferensi, kaum filosof paripatetik menampilkan gagasan yang lebih dominan untuk memperoleh kebenaran melalui argumentasi bahwa posisi al-Qur’an dan hadits sekedar alat legitimasi, sehingga membutuhkan ta’wil (rasional), sementara kaum filosof iluminasi dari kalangan irfani dan sufiesme beranggapan bahwa kebenaran yang absolut hanya dapat diraih melalui intuisi-mistik. Ditengah perdebatan ini lahirlah aliran filsafat al-Asfar al-Muta’aliyah sebagai poros tengah yang menyatukan perbedaan tersebut sebagai jalan memperoleh kebijaksanaan melalui pencerahan spiritual dan intuisi intelektual yang disajikan dalam bentuk rasional melalui penggunaan argumen empiris. Aliran ini merupakan jawaban atas problem pendidikan saat ini untuk membentuk   kesempurnaan jiwa manusia melalui pengetahuan terhadap realitas entitas yang dibangun berdasarkan tradisi empiris kajian Islam, bukan sekedar prasangka ataupun taqlid dan sesuai kapasitas yang ada pada manusia.

References

Fathul Mufid, Subaidi. Madzhab Ketiga Filsafat Islam Transenden Teosofi: (al-Hikmah Al-Muta’aliyah) Mulla Sadra. Kuningan: Goresan Pena; 2020. 220 p.

Al-Walid K. Perjalanan Jiwa Menuju Akhirat: Filsafat Eskatologi Mulla Sadra. Jakarta: Sadra Press; 2012. 299 p.

Faradi AA. Eksistensialistik Wujudiyyah Mulla Shadra. J Econetica J Ilmu Sos Ekon Dan Bisnis. 2021 May 13;3(1):11–8.

Fajariyah L. Ontologi Eksistensialisme: Antara Religiusitas dan Non-Religiusitas : WARAQAT J Ilmu-Ilmu Keislam. 2021 Jun 30;6(1):96–103.

Resufle AH, Rofiki M. Management of Islamic Education in the Challenges of Society 5.0. EDUKATIF J ILMU Pendidik. 2022 May 23;4(3):4584–93.

Ibnumalik I, Tjahjono AB, Makhsun T. Konsep Teosofi Transendental Mulla Sadra dan Implikasinya dalam Praktik Pendidikan Tauhid. Pros Konstelasi Ilm Mhs Unissula KIMU Klaster Humanoira [Internet]. 2022 Jan 19 [cited 2022 Nov 24];(0). Available from: http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimuhum/article/view/20752

Nassaji H. Qualitative and Descriptive Research: Data Type Versus Data Analysis. Lang Teach Res. 2015 Feb 26;19:129–32.

Lune H, Berg BL. Qualitative Research Methods for the Social Sciences. Ninth edition, global edition. Harlow, England Munich: Pearson; 2017. 250 p.

Mackey A. Second Language Research: Methodology and Design. Mahwah, NJ : Lawrence Erlbaum; 2005. 444 p.

Miles MB, Huberman AM, Saldaña J. Qualitative data analysis: a methods sourcebook. Third edition. Thousand Oaks, Califorinia: SAGE Publications, Inc; 2014. 381 p.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R n D. Bandung: Alfabeta; 2012.

Samsu. METODE PENELITIAN: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA); 2017.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). 27th ed. Bandung: Alfabeta; 2018.

Ali M, Asrori M. Metodologi Dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara; 2014.

Fusch P, Fusch GE, Ness LR. Denzin’s Paradigm Shift: Revisiting Triangulation in Qualitative Research. J Soc Change [Internet]. 2018 Jan 1 [cited 2022 Apr 24];10(1). Available from: https://scholarworks.waldenu.edu/jsc/vol10/iss1/2

Hossein Nasr S. Sadr aI-Din Shirazi and his Transcendent Theosophy Background, Life and Works. Teheran, Iran: Institute for Humanities and Cultural Studies; 1997.

Leaman O, editor. The biographical encyclopedia of Islamic philosophy. 1. publ. in paperback. London: Bloomsbury Academic; 2015. 507 p.

Aziz M. Mulla Shadra [1571 M - 1636 M] (study Tentang Pemikiran Al-Hikmah Al-Muta’aliyah Dan Al-Asfar Al-Arba’ah). Al Hikmah J Studi Keislam [Internet]. 2015 Mar 18 [cited 2022 Nov 8];5(1). Available from: http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/alhikmah/article/view/525

Rizvi SH. MullÄ á¹¢adrÄ ShÄ«rÄzÄ«: his life and works and the sources for Safavid philosophy. Oxford: Oxford University Press on behalf of the University of Manchester; 2007. 191 p. (Journal of Semitic studies).

Hossein Nasr S. Al-Hikmah Al-Muta’aliyah Mulla Sadra: Sebuah Terobosan dalam Filsafat Islam. Jakarta: Sadra Press Sadra International Institute; 2017.

Gunawan A. Pemikiran Mulla Sadra tentang Al-Hikmah Al-Muta’aliyah dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam. Tsamratul Fikri J Studi Islam. 2019 Nov 3;13(2):165.

Marzuki H. Filsafat Ketuhanan Mulla Shadra. Sophist J Sos Polit Kaji Islam Dan Tafsir. 2022 Jul 14;4(1):42–68.

Nur S. Filsafat Mulla Shadra: Pendiri Mazhab al-Hikamah al-Muta’aliyah. Yogyakarta: Insight Reference; 2008.

Bawa D lama. Pemikiran Pendidikan Mulla Shadra. TARBAWI J Pendidik Agama Islam. 2016;1(2):123–8.

Muhammad Syirazi S al-Din. Al-Hikmah al-Muta’aliyah fi al-Asfar al-’Aqliyya al-Arba’ah. Vol. 1. Beirut, Libanon: Daru Ihya’ al-Turats; 1981.

Mustamin al-Mandiri. Menuju Kesempurnaan, Pengantar Pemikiran Mulla Shadra. Polman: Safinah; 2003.

Salam AMI, Usri U. Pemikiran Mulla Shadra dan Pengaruhnya terhadap Filsafat Kontemprorer. Sang Pencerah J Ilm Univ Muhammadiyah Buton. 2021 Nov 18;7(4):539–51.

Shihab MQ, editor. Ensiklopedia al-Qur’an : kajian kosakata. Cet. 1. Vol. ke-I. Jakarta: Diterbitkan atas kerja sama Lentera Hati, Pusat Studi al-Qur’an, [dan] Paguyuban Yayasan Ikhlas; 2007. 1171 p.

’Umar AM. Mu’jam Al-Lughah Al-’Arabiyah Al-Mu’ashirah. Kairo, Mesir: Alamalkotob; 2008.

Dhiauddin D. Aliran Filsafat Islam (al-Hikmah Al-Muta’aliyah) Mulla Shadra. Nizham J Islam Stud. 2017 Sep 16;1(1):45–7.

Nurkhalis N. Pemikiran Filsafat Islam Mulla Sadra. Subst J Ilmu-Ilmu Ushuluddin. 2011 Oct 11;13(2):179–96.

Muthahari M. Filsafat Hikmah : Pengantar Pemikiran Shadra. Bandung: Mizan; 2002.

Arifa LN. Al-Hikmah Al-Muta’aliyah Mulla Shadra (kajian Epistemologis). J Ilm Ar-Risal Media Ke-Islam Pendidik Dan Huk Islam. 2017 Oct 14;15(2):65–81.

Khudori Soleh A. Wacana baru filsafat Islam. Cetakan 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2012. 360 p.

Published
2023-01-14
How to Cite
Hasanuddin, & Khojir. (2023). Pendidikan Menurut Filsafat Mulla Shadra (Sejarah Tokoh, Pemikiran dan Aliran): The Education Based On Mulla Shadra’s Philosophy (History of Figure, Thought and School). Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 18(1), 14-22. https://doi.org/10.56338/iqra.v18i1.3071
Section
Articles