Potensi Dasar Manusia dan Aplikasinya terhadap Pendidikan

  • Abdul Gafur Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Israk Israk Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia

Abstract

Manusia terlahir ke dunia dengan membawa potensi (fitrah), fitrah-fitrah tersebut harus mendapat tempat dan perhatian serta pengaruh dari faktor-faktor lingkungan manusia  untuk  mengembangkan  dan  melestarikan  potensinya yang positif dan sebagai penangkal dari hal-hal yang negatif sehingga manusia dapat hidup searah dengan tujuan Allah yang menciptakannya, yaitu penghambaan dirinya kepada Allah untuk memperoleh energi, keberuntungan dan kebahagiaan.

References

Nursalam N, Efendi F. Pendidikan Dalam Keperawatan Education in Nursing. Salemba Medika; 2008.

Tabrani ZA. Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Quran dengan Pendekatan Tafsir Maudhui. Serambi Tarbawi. 2014;2(1).

Wirian O. Kewajiban Belajar dalam Hadis Rasulullah saw. SABILARRASYAD J Pendidik Dan Ilmu Kependidikan. 2017;2(2).

Anggito A, Setiawan J. Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher); 2018.

Baidhawy Z. Pendidikan agama berwawasan Multikultural. Erlangga; 2005.

PRIMADONA H. KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN SEUMUR HIDUP. 2009;

Aziz A, Ibda H. Membangun Karakter Anak dengan Alquran. CV. Pilar Nusantara; 2018.

Nurjanah L. Efektivitas Penerapan Metode Sorogan Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Kuning Di Pondok Pesantrenal-Hikmah Kedaton Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung; 2018.

Tyas AFC, Bahruddin E. Kepemimpinan Umar Bin Abdul Aziz Dalam Menghimpun Hadits Dengan Metode Rihlah. In: Annual Conference on Madrasah Studies. 2018. p. 109–18.

Published
2021-06-29
How to Cite
Gafur, A., & Israk, I. (2021). Potensi Dasar Manusia dan Aplikasinya terhadap Pendidikan. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 35-39. https://doi.org/10.56338/iqra.v13i2.298
Section
Articles