Implementasi Komunikasi Interpersonal Pendidik Dalam Meningkatkan Kepribadian dan Etika Peserta Didik di SMK Negeri 2 Palu

Implementation of Interpersonal Communication Educators in Improving the Personality and Ethics of Learners in SMK Negeri 2 Palu

  • Nurlaila Al Aydrus Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Zakaria Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Ifkan Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia

Abstract

Operasional dari penelitian ini adalah pendidik dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabanya dalam upaya membentuk peserta didik yang berkepribadian dan beretika pendidik menerapkan komunikasi interpersonal sebagai bentuk dari upaya membentuk peserta didik yang memiliki kepribadian baik dan memiliki etika. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai kepribadian, etika, serta moral peserta didik. Peningkatan pengetahuan disini tidak lepas dariprestasi belajar, dalam hal ini adalah peserta didik yang berprestasi yang disertai dengan kepribadian, etika serta moral yang baik yang akhirnya dapat menumbuhkan sikap kepribadian serta beretika.  Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian kualitatif yang ditunjukkan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran yang secara individual maupun kelompok. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu melalui pendekatan dan desain penelitian yang menitik-beratkan kepada kegiatan penelitian di lokasi objek dalam melakukan penelitian yang ada, dengan tujuan untuk memperoleh data ilmiah yang bersifat alamiah dan tidak menimbulkan hipotesis yang sifatnya menduga-duga berbagai hal yang menyangkut implementasi komunikasi interpersonal pendidik dalam meningkatkan kepribadian dan etika peserta didik di SMK Negeri 2 Palu. Hasil penelitian ini, merujuk bahwa dalam upaya menciptakan peserta didik yang berprestasi pendidik menggunakan komunikasi interpersonal (komunikasi tatap muka) terhadap peserta didik, sehingga dengan mudah pendidik mengetahui langsung keadaan peserta didiknya baik kepribadian, etika, perilaku sosial, maupun aktivitasnya dalam berinteraksi dilingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Saran dari hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi lembaga pendidikan khususnya kepala sekolah, pendidik dan peserta didik dalam proses implementasi komunikasi interpersonal pendidik dalam meningkatkan kepribadian dan etika peserta didik di SMK Negeri 2 Palu, dengan komunikasi interpersonal pendidik akan lebih mudah mengetahui  keadaan peserta didiknya dalam berkomunikasi, serta mudah menilai sifat, menilai pendapat, sikap, dan perilaku yang khas yang berbeda-beda dari masing-masing peserta didik.

References

Listia WN. Anak sebagai makhluk sosial. J Bunga Rampai Usia Emas. 2015;1(1):14–23.

Lestari P. Gambaran pengetahuan mahasiswa klinik terhadap perawatan sesuai etika dan komunikasi efektif (Laporan penelitian). SKRIPSI-2016. 2017;

Ngafifi M. Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. J Pembang Pendidik Fondasi dan Apl. 2014;2(1).

Sari AA. Komunikasi antarpribadi. Deepublish; 2017.

Wijaya IS. Komunikasi interpersonal dan iklim komunikasi dalam organisasi. J Dakwah Tabligh. 2013;14(1):115–26.

Finali Z, Fitriyah CZ. Representasi Teknologi Komunikasi Dalam Interaksi Sosial. Widyagogik J Pendidik dan Pembelajaran Sekol Dasar. 2017;4(2):119–26.

Sahabuddin C. Hubungan Komunikasi Belajar Mengajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Kabupaten Majene. Pepatudzu Media Pendidik dan Sos Kemasyarakatan. 2016;10(1):17–30.

Inah EN. Peranan komunikasi dalam pendidikan. Al-TA’DIB J Kaji Ilmu Kependidikan. 2013;6(1):176–88.

Syafe’i I. Pondok pesantren: Lembaga pendidikan pembentukan karakter. Al-Tadzkiyyah J Pendidik Islam. 2017;8(1):61–82.

Sarjana S, Khayati N. Pengaruh etika, perilaku, dan kepribadian terhadap integritas guru. J Pendidik dan Kebud. 2016;1(3):379–93.

Albanjari ES. Mengatasi Kenakalan Remaja Pada Masa Transisi. Tadrib. 2018;4(2):246–59.

Masdul MR (2018) Komunikasi pembelajaran. IQRA Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman 13(2): 1–9.

Normawatia Muhammad Rizal Masdul, Ahmad Yani AH (2020) Implementation of the Curriculum of 2013 in Madrasah Aliyah, Indonesia : Problems and Solutions. International Journal of Innovation, Creativity and Change. www.ijicc.net 13(International Journal of Innovation). IJICC: 1034-to.

Published
2022-01-03
How to Cite
Nurlaila Al Aydrus, Zakaria, & Ifkan. (2022). Implementasi Komunikasi Interpersonal Pendidik Dalam Meningkatkan Kepribadian dan Etika Peserta Didik di SMK Negeri 2 Palu: Implementation of Interpersonal Communication Educators in Improving the Personality and Ethics of Learners in SMK Negeri 2 Palu . Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 17(1), 13-16. https://doi.org/10.56338/iqra.v17i1.2173
Section
Articles