Perkembangan Gerak Manipulatif Anak Melalui Permainan Bola di TK Mutiara Hati

Children's Manipulative Movement Development Through Ball Games at Mutiara Hati Kindergarten

  • Fitriani Ayuningtias Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Gerak Manipulatif Usia dini, Permainan Bola

Abstract

Jurnal penelitian ini berjudul “Perkembangan Gerak Manipulatif Anak melalui permainan bola di TK Mutiara Hatiâ€. Metode yang digunakan dalam pengabdian  ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui teknik studi literatur sebagai suatu teknik yang digunakan untuk mempelajari penelitian yang sudah dilakukan, terdahulu yang dianggap sudah relevan dan sesuai dengan masalah yang akan dikaji. Tujuan dalam penelitian  ini adalah untuk melihat pengaruh permainan menggunakan bola untuk kemampuan keterampilan gerak dasar manipulatif anak usia dini. Temuan dalam penelitian ini mengenai terdahulu yang mengkaji permainan bola  dalam  berbagai  bentuk aturan  permainan  dan fokus penelitian yang berbeda-beda. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa permainan bola sangat berpengaruh terhadap perkembangan gerak dasar manipulatif anak usia dini, dalam melakukan permainan menggunakan bola akan tetapi masuk dalam kategori aspek manipulatif anak usia dini. Hasil dari penelitian menunjukan hasil yang signifikan bahwa permainan-permainan untuk anak dengan menggunakan media bola dapat mengembangkan keterampilan gerak dasar manipulatif anak usia dini.   

References

Agustin, Mubiar. (2008). Mengenali dan Mengem-bangkan Potensi Kecerdasan Jamak Anak Usia Taman Kanakkanak/ Raudhatul Athfal. Bandung: Rizqipress
Dasariah., & Sodik, M., A. (2018). Perilaku yang Mempengaruhi Obesitas pada Anak. STIKES Surya Mitra Suhada
Farisi, M.I. (2010). Pengembangan Assesmen Diri Siswa (Student SelfAssesment) sebagai Model Penilaian dan Pengembangan Karakter. HEPI UNESA.
Ginting, H., E., & Ray, D. (2018). Pengaruh Kegiatan Bermain Melempar Bola Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun di Tk Assisi Medan.
Published
2022-09-15
Section
Orginal Articel