Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Huruf Hijaiyah Dengan Reading Aloud di PAUD TK

Efforts to Improve Reading Ability Hijaiyah Letters By Reading Aloud in TK PAUD

  • Syamsidar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Fitriani Ayuningtias Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Baca Huruf Hijaiyah, Reading Aloud

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan baca huruf hijaiyah menggunakan metode Reading Aloud di PAUD Kemampuan membaca huruf hijaiyah yang diteliti adalah membaca huruf hijaiyah secara acak dan membedakan huruf hijaiyah yang bentuknya hampir mirip. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah 16 anak kelompok A1 yang terdiri dari 11 perempuan dan 5 laki-laki. Obyek penelitian adalah kemampuan membaca huruf hijaiyah dengan Reading Aloud. Teknik Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila kemampuan membaca huruf hijaiyah anak dengan kategori BSB sudah mencapai persentase minimal sebesar 86%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca huruf hijaiyah dapat ditingkatkan melalui metode Reading Aloud. Keberhasilan tersebut dilakukan dengan langkah-langkah, mempersiapkan media Reading Aloud beserta item itemnya, memberi contoh penggunaan metode Reading Aloud untuk membaca huruf hijaiyah pada iqra’ 1, membaca bersama-sama menggunakan metode Reading Aloud, memberi anak kesempatan untuk membaca sendiri menggunakan metodeReading Aloud memberi kesempatan lebih besar pada anak yang peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah masih sulit serta guru memotivasi dan mendampingi anak. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari perubahan kategori BSB disetiap siklusnya, pada saat pra tindakan menunjukkan hasil 12,5%, kemudian mulai meningkat pada Siklus I sebesar 68,75% dan pada Siklus II sebesar 87,5%.   

References

Abdul Razaq. 2004. Formula 247 Plus: Metode Men-didik Anak Menjadi Pembaca Yang Sukses. Jakar-ta: PT. Elex Media Komputindo

Ahmad Rohani. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Asdi Mahastya Rineka.

Anas Sudijono.2010.Pengantar Statistik Pendidi-kan.Jakarta:Rajawali Press

Dewa ketut, sukarti. (2008).Pengantar pelaksanaan kon-seling di sekolah.Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas.2005. penelitian tindakan kelas, Jakar-ta:Departemen Pendidikan Nasional.

Hasan Shadily. 1992. KamusInggris-Indonesia (An Eng-lish-Indonesian Dictionary). Jakarta: Gramedia.

Hisyam Zaini, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Hernowo. 2003. Quantum Reading, Cara Cepat Ber-manfaat Untuk Merangsang Munculnya Potensi Membaca. Bandung: Mizan Learning Centre.

Ismail SM. 2008. StrategiPembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM :Semarang: Rasail Media Group
Melvin L. Silberman. 2004. Active Learning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung:: Raisul Mut-taqien.

Mulyono Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Najib Kholid al-Amir. 2002. Mendidik Cara Nabi SAW. Bandung: Pustaka Hidayah.

Soenarjo, dkk. 2004. Alqur’an dan Terjemah. Jakarta: Departemen RI.
Published
2022-09-15
Section
Orginal Articel