Perkembangan Gerak Manipulatif Anak Melalui Permainan Bola TK

Children's Manipulative Movement Development Through Kindergarten Ball Games

  • Abdul Salam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Perkembangan, Gerak Manipulatif Usia dini, Permainan Bola

Abstract

Jurnal pengabdian ini berjudul “Perkembangan Gerak Manipulatif Anak melalui permainan bola di TK Mutiara Hati”. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui teknik studi literatur sebagai suatu teknik yang digunakan untuk mempelajari pengabdian yang sudah dilakukan, terdahulu yang dianggap sudah relevan dan sesuai dengan masalah yang akan dikaji. Tujuan dalam pengabdian ini adalah untuk melihat pengaruh permainan menggunakan bola untuk kemampuan keterampilan gerak dasar manipulatif anak usia dini. Temuan dalam pengabdian ini mengenai terdahulu yang mengkaji permainan bola dalam berbagai bentuk aturan permainan dan fokus pengabdian yang berbeda-beda. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa permainan bola sangat berpengaruh terhadap perkembangan gerak dasar manipulatif anak usia dini, dalam melakukan permainan menggunakan bola akan tetapi masuk dalam kategori aspek manipulatif anak usia dini. Hasil dari pengabdian menunjukan hasil yang signifikan bahwa permainan-permainan untuk anak dengan menggunakan media bola dapat mengembangkan keterampilan gerak dasar manipulatif anak usia dini.  

References

Agustin, Mubiar. (2008). Mengenali dan Mengem-bangkan Potensi Kecerdasan Jamak Anak Usia Taman Kanakkanak/ Raudhatul Athfal. Bandung: Rizqipress
Dasariah., & Sodik, M., A. (2018). Perilaku yang Mempengaruhi Obesitas pada Anak. STIKES Surya Mitra Suhada
Farisi, M.I. (2010). Pengembangan Assesmen Diri Siswa (Student SelfAssesment) sebagai Model Penilaian dan Pengembangan Karakter. HEPI UNESA.
Ginting, H., E., & Ray, D. (2018). Pengaruh Kegiatan Bermain Melempar Bola Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun di Tk Assisi Medan.
Ardini, P., P., & Sutisna, I. (2019). Pengaruh Bermain Bola Plastik Kecil terhadap Kemampuan Gerak Manipulatif Anak. Vol.1 No.1. Universitas Negeri Gorontalo.
Hadi, H., Royana, I.F., & Setyawan, D.A. (2017). Ket-erampilan Gerak Dasar Anak Usia Dini pada Ta-man KanakKanak. Unversitas PGRI Semarang.
Moleong, L., J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja
Rosdakarya. Nawang. (2011). Meningkatkan Kemampu-an Gerak Dasar dan Kognitif Anak Usia Dini Me-lalui Senam Irama. Bandung: UPI.
Nikmawati. E.E. (2012). The Growth and Development Stimulation on Early Childhood. Bandung: UPI. Pratiwi, W. (2017). Konsep Bermain pada Anak Usia Dini.
Rohita & Fitria, N. (2019). Pemetaan Pengetahuan Guru TK tentang Keterampilan Gerak Dasar Anak TK. Jurnal Al-Azhar Indonesia seri Humaniora. Vol. 5 No. 2.
Samsudin. (2018). Pembelajaran Motorik di Taman Ka-nak-Kanak. Jakarta : Prenada Media Grup.
Santrock, J.W. (2007). Perkembangan anak. Jakarta: Er-langga
Published
2020-01-15